10 Alasan Kenapa Blog Tidak Menghasilkan Uang

10 Alasan Kenapa Blog Tidak Menghasilkan Uang

7 47
Blog Tidak Menghasilkan Uang

Kenapa blog Anda tidak menghasilkan uang? Mungkin kebanyakan pemula hanya punya 1 tujuan ketika masuk ke blogosphere, yaitu menghasilkan uang. Jadi, pertanyaan yang populer di pikiran mereka adalah “mengapa blog saya tidak menghasilkan uang?”. Banyak pemula yang bertanya-tanya kenapa bisa begitu dan mungkin belum menemukan jawabannya.

1. Traffic sedikit

Bagaimana bisa menghasilkan uang lewat blog jika tidak ada pengunjung atau hanya sedikit yang berkunjung ke blog Anda? Sama seperti Anda sedang kelaparan tapi hanya punya kacang untuk dimakan. Cukup sulit untuk menghasilkan uang jika hanya punya pengunjung yang sedikit.

2. Penempatan iklan tidak benar

Akan sangat menjengkelkan jika melihat banyak iklan di sebuah blog. Taruh iklan di tempat yang banyak dilihat tapi jangan sampai mengganggu pengunjung yang sedang membaca konten Anda.

3. Kualitas konten yang rendah

Siapa yang akan mengunjungi blog Anda jika konten hasil salinan dari situs lain? Anda perlu membuat konten unik berkualitas tinggi untuk mendapatkan traffic. Anda bisa membuat postingan bergaya list, tutorial, how-to, perbandingan atau review untuk mendapatkan traffic dengan cepat yang diharapkan postingan tersebut dipromosikan secara viral marketing melalui situs Social Media.

Blog Tidak Menghasilkan Uang

4. Link referral yang tidak di-cloak

Menghasilkan uang dengan menjual produk yang berbeda melalui link affiliate bukanlah menjadi rahasia lagi. Entah mungkin kenapa orang tidak ingin mengklik link jika link itu menuju ke situs yang berbeda. Jadi, sebaiknya untuk menutupi link affiliate dengan menggunakan URL shortener atau plugin WordPress yang bisa melakukan link cloaking. Dengan ini akan membuat pengunjung tidak menyadari bahwa mereka baru saja mengklik link affiliate.

5. Tidak ada promosi halaman yang bertraffic tinggi atau yang menghasilkan uang

Kenali halaman blog yang banyak dikunjungi dan monetisasi halaman tersebut. Promosikan halaman tersebut pada situs Social Media dan gunakan teknik SEO yang berbeda untuk halaman tersebut yang membantu Anda mendapatkan traffic yang lebih banyak ke halaman tersebut. Pada gilirannya halaman tersebut akan membantu dalam menghasilkan uang.

6. Tidak ada strategi atau perencanaan dan strategi yang salah

Anda mungkin tidak akan mulai menghasilkan uang dengan hanya menulis konten. Anda perlu rencana dan taktik yang berbeda. Buat strategi yang tepat yang menurut Anda akan bekerja atau mengembangkan strategi orang lain daripada hanya menyalin mentah-mentah strategi orang lain. Taktik tersebut mungkin bergantung pada traffic blog, niche Anda dan banyak faktor lainnya.

7. Menyerah

Kebanyakan blogger kelihatannya berhenti nge-blog pada 3 bulan pertama karena kelihatannya mereka tidak menghasilkan uang. Anda mungkin belum bisa berharap untuk menghasilkan uang dengan blog yang masih baru. Setiap orang perlu berjuang keras selama lebih dari 1 tahun untuk bisa menghasilkan. Jangan berharap nge-blog bisa memberikan hasil yang instan 😉

8. Tidak konsisten

Menulis postingan sebulan sekali tidak ada gunanya. Anda perlu konsisten dalam nge-blog dan memposting secara teratur. Berhenti nge-blog sementara dalam waktu yang lama tidak dianjurkan. Jika Anda akan mulai sibuk dengan beberapa aktivitas, bisa menulis postingan yang banyak di awal  atau menyewa penulis konten lalu menjadwalkan postingan-postingan tersebut ketika Anda sibuk dengan aktivitas.

9. Perilaku “I will follow the crowd”

Setiap orang menyukai keunikan. Anda perlu memakai strategi dan menulis konten yang unik. Berani untuk berbeda 😀 Keluar dari kerumunan sehingga orang akan mengingat Anda dengan keunikan yang dimiliki.

10. Hanya ada uang di dalam pikiran

Jadikan nge-blog sebagai passion atau gairah. Lakukan nge-blog karena Anda menyukainya. Jangan merasa dibatasi oleh sesuatu dan yang paling penting “lupakan tentang uang”. Percayalah, semakin Anda mengabaikan uang, semakin uang itu akan mengikuti Anda. Cukup konsentrasi membuat konten yang baik, menjaga pembaca Anda merasa bahagia dan membuat grup untuk pembaca yang setia. Semua ini akan bekerja dengan baik dalam jangka waktu yang panjang.

Saya yakin Anda punya banyak pertanyaan atau beberapa jawaban dari pertanyaan judul postingan ini. Saya akan senang mendengarnya, bagikan melalui komentar di bawah ini 😉

7 COMMENTS

  1. Yang utama dari ngeblog adalah traffic. Traffic=uang, cari traffic yang banyak dan konsisten, yang lain bisa menyusul. salam anget anget

  2. Fokus adalah hal yang harus diterapkan dalam ngeblog for money, ada banyak sekali ilmu, kita tidak dapat mempelajari seluruhnya, fokuslah pada ilmu tertentu yang terbukti sukses.

  3. wah baca artikel di atas dapat ilmu baru perihal blog dan uang, dan menurut saya keren banget
    ““lupakan tentang uang”. Percayalah, semakin Anda mengabaikan uang, semakin uang itu akan mengikuti Anda”
    hmm perlu ubah mindset nih kayaknya…
    thanks

  4. iya, mindset itu memang perlu sebelum terjun ke dunia rimba bisnis online. makasih dah mampir + komennya 😉

Leave a Reply