12 Tips Bersemangat Dalam Bekerja

12 Tips Bersemangat Dalam Bekerja

0 281
produktif dalam bekerja

Semuanya sudah direncanakan, anda mulai bekerja sesuai dengan jadwal kerja. Tapi kondisi badan anda tidak mendukung karena lelah dan ngantuk. Waktu adalah sumber daya yang terbatas dan anda harus menyelesaikan banyak tugas dalam waktu yang sedikit. Tentunya akan menguras energi dan membuat anda lelah yang akhirnya bisa mempengaruhi pekerjaan masa depan anda.

Seperti para fisikawan katakan, energi adalah kemampuan untuk melakukan pekerjaan. Waktu adalah sumber daya terbatas dan anda tidak bisa menambah jam kerja anda tiba-tiba. Sama seperti waktu, energi terbatas tapi bisa diperbarui dan diisi ulang.

Cara Bersemangat dalam Bekerja

produktif dalam bekerja

Jadi, yang perlu dilakukan untuk punya lebih banyak energi dalam menyelesaikan pekerjaan anda adalah mengisi ulang energi anda secara berkali dalam sehari. Di sini ada beberapa tips yang bisa membantu anda memiliki lebih banyak energi untuk pekerjaan anda.

Lakukan Peregangan Tubuh Setiap 90 Menit

lama di tempat duduk

Pada tahun 1950, seorang peneliti bernama William Dement dan Nathaniel Kleitman menemukan bahwa kita tidur dalam siklus sekitar 90 menit, pindah dari tidur ringan ke tidur nyenyak dan kembali lagi. Mereka menamakan pola ini “Basic-Rest Activity Cycle” (BRAC).

Teori ini sudah dites berkali-kali dan hasilnya luar biasa. Mereka menemukan bahwa pemain, atlet, musisi, seniman terbaik, dll biasanya berlatih tidal lebih dari 90 menit.

Hati-hati dengan yang Dimakan

hati hati dengan yang dimakan

Kualitas pekerjaan bisa tergantung pada pola makan anda. Minumlah banyak air, hindari kafein atau gunakan dengan bijak, lebih banyak vitamin C, jangan lupa sarapan pagi, makan siang tidak terlalu banyak dan hindari alkohol saat makan siang. Dapatkan energi tambahan dari kacang-kacangan.

Jaga Ketegangan Mata agar Tidak Berlebih

jaga mata anda

Ada banyak akibat dari ketegangan mata. Dan ketika bekerja terus meneru di depan layar komputer, akan menguras energi anda, penglihatan jadi kabur, mata berair dan sulit fokus. Cobalah mengedipkan mata 15x dalam semenit. Lebih banyak mengedipkan mata dalam jam kerja anda akan punya hasil positif pada mata anda. Dan juga lihat pemandangan lain selain layar komputer selama semenit dengan melihat yang hijau-hijau atau liat objek yang sedikit jauh.

Coba Sedikit Tidur Siang

tidur siang

Co-founder situs Buffer “Leo Widrich” selalu menyempatkan tidur siang di jam 3 sore, setiap hari selama 2 tahun. Tidur siang adalah sumber energi terbaik agar anda lebih segar dan energik. Lakukan tidur siang maksimal 5-10 menit.

Jangan Abaikan Kesehatan

jaga kesehatan

Seperti kata pepatah, “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, jaga diri anda tetap sehat. Tubuh yang sehat tentunya punya lebih banyak energi untuk bekerja. Pantau kesehatan anda dan lakukan checkup ke dokter keluarga anda sesekali.

Bermain Game & Bersosialisasi

bermain di kantor

Mainkan game yang perlu sedikit waktu. Ini akan memberikan anda istirahat yang dibutuhkan dari stres kerja. Jika kantor anda punya kolam renang/snooker, tenis meja, dll gunakan untuk rekreasi pikiran. Dan bersosialisasilah dengan rekan kerja anda untuk melepas penat kerja.

Berhenti Merokok

tidak merokok

Anda mungkin sudah tahu akibat dari merokok dan rokok punya efek yang parah pada energi anda dalam melakukan kerja. Nikotin adalah zat yang berbahaya yang harus dihindarkan untuk menghemat energi anda dalam bekerja. Seperti yang dituliskan di situs ZenHabits.net:

Mantan perokok melaporkan mereka mendapatkan energi 2 -3x dari energi setelah berhenti merokok. Nikotin mempengaruhi tidur sehingga tidak dapat tidur malam dengan nyenyak.

Berikut video yang menunjukkan manfaat setelah anda berhenti merokok.

Terorganisir

terorganisir

Jaga meja kerja anda tetap rapi dan bersih. Meja dengan tumpukan kertas dan lainnya akan membuat anda stres. Ambil waktu 1-2 menit untuk membersihkan meja anda dan tetap terorganisir. Atur barang-barang di tempatnya yang bisa membantu anda menemukannya dengan cepat.

Lakukan Aktivitas Fisik

olahraga

Jangan diam terlalu lama di kursi kerja anda bahkan saat makan siang masih di sana. Pergilah keluar untuk makan siang. Anda juga perlu vitamin D dari sinar matahari dan mengatur metabolisme anda. Lakukan latihan fisik setiap harinya seperti lari pendek atau gym. Sebuah latihan dengan intensitas tinggi bisa meningkatkan tingkat energi sebesar 20%, menurut ahli fisiologi olahraga Michael Bracko.

Tidur Malam yang Cukup

tidur malam yang cukup

Tubuh manusia membutuhkan 7-8 jam tidur untuk memulihkan badan di aktivitas esoknya. Tubuh manusia biasanya membutuhkan waktu 30 menit untuk tidur nyenyak setelah kepala berada di bantal. Jika anda cepat tertidur setelah tubuh berada di kasur, anda mungkin menderita kurang tidur.

Ambil Liburan Mini

liburan kecil

Liburan itu menyenangkan, bukan. Cobalah ambil liburan mini ke tempat yang ingin anda kunjungi. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengisi ulang energi anda. Jika liburan tidak dimungkinkan, cobalah istirahat di hari libur. Lepas semua ketegangan anda dari tugas-tugas di kantor. Itu akan mengembalikan energi anda dan termotivasi untuk bekerja di hari berikutnya.

Apakah anda punya tips lainnya? Bagikan komentar anda di bawah ini.

 

NO COMMENTS

Leave a Reply