15 Tips Mempercepat Komputer

15 Tips Mempercepat Komputer

1 52
tips mempercepat komputer

Ingin komputer Anda bekerja lebih cepat dan lancar? Berikut ini ada beberapa tips kecil yang memberikan dampak yang besar pada kinerja komputer Anda. Semua orang pastinya ingin komputer bisa bekerja seperti yang mereka inginkan. Sebuah komputer yang baru dibeli mungkin akan mengesankan karena antarmukanya yang cepat, responnya cepat dan sebagainya.

Tetapi setelah menggunakannya sekitar beberapa bulan, biasanya akan ada masalah kecil seperti booting terasa lama, sering hang, startup terasa lama, aplikasi berjalan lebih lambat, bahkan ada yang menolak untuk dijalankan. Dan masalah lainnya yang pernah kita alami.

Apa karena komputer yang lambat itu justru membuat Anda harus membeli komputer baru lagi? Atau apa yang perlu dilakukan? Mem-format hard disk? Mungkin, tapi apa Anda rela kehilangan data yang begitu berharga? Ada hal-hal kecil yang mungkin belum diketahui oleh pengguna komputer atau meskipun menyadarinya tapi tidak memilih untuk menggunakannya karena mereka memerlukan investasi waktu. Dan siapa yang punya waktu luang? Kalau begitu, apa yang harus dilakukan?

Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk mempercepat komputer dalam mencapai level kinerja yang diinginkan. Tips ini tidak memerlukan banyak usaha untuk diikuti, juga tidak memerlukan banyak waktu, tapi tips ini akan meningkatkan kinerja komputer, komputer Anda akan berjalan lebih lancar dan lebih cepat.

tips mempercepat komputer

Mempercepat Komputer

  1. Pertama, jangan mengisi desktop dengan ikon shorcut aplikasi, folder atau file yang tidak sering dipakai. Jika bisa, usahakan tetap menjaga kebersihan desktop dari segala ikon shortcut, cukup menjalankannya lewat menu Start. Karena hal ini bisa mempercepat porses startup komputer.
  2. Selalu menjaga kebersihan dan lakukan defrag secara berkala pada drive C: atau drive tempat instalasi OS. Saya pribadi lebih suka menginstal kebanyakan program terpisah dengan drive tempat OS diinstal. Karena drive tempat OS diinstal terdapat file-file OS penting dan berapapun space kosong yang tersisa akan digunakan sebagai virtual memori oleh OS, sehingga lebih sedikit sampah di drive OS tersebut, komputer akan berjalan lebih cepat.
  3. Gunakan setingan minimum untuk visual desktop untuk mengurangi banyaknya penggunaan memori. Dan juga gunakan tema terbaik yang sederhana. Intinya, buatlah lebih sederhana untuk membuat perubahan.
  4. Jika Anda pengguna internet, gunakan fitur Clear Cache pada browser untuk menghapus data offline sementara yang disimpan oleh browser. Dan juga bersihkan history dan cookies pada browser secara teratur.
  5. Update antivirus secara teratur, sebaiknya setiap 2 atau 3 hari sekali. Worm dan malware adalah alasan yang sangat umum yang bisa membuat komputer berjalan lebih lambat dari biasanya, karena worm tersebut akan menggandakan dirinya dan memenuhi hard disk Anda, merusak data dan juga mengisi sejumlah besar memori yang tersedia.
  6. Biasakan untuk menghapus folder %temp% dan %tmp% di komputer setiap harinya. Karena folder tersebut memiliki file-file temporary dan jika Anda hapus akan menambah ruang kosong pada hard disk.
  7. Gunakan Disk Defragmenter dan Disk Cleanup secara teratur.
  8. Jangan gunakan software utilitas pembersih hard disk di internet sembarangan. Gunakan yang terpercaya seperti CCleaner, untuk menghindari virus tersembunyi yang ada pada software yang sembarangan. Disarankan pembersihan dilakukan secara manual, karena OS sudah menyediakan fasilitas tersebut dan space kosong harddisk tetap terjaga.
  9. Setelah menginstal aplikasi, mereka mengambil space kosong hard disk dan juga registry. Usahakan instal aplikasi seperlunya dan saat meng-uninstal program, gunakan aplikasi Revo Uninstaller, agar proses uninstal lebih bersih karena tidak meninggalkan file-file, folder, atau registry yang sudah tidak dipakai.
  10. Hapus semua isi yang ada di dalam folder Recent secara teratur (bisa dilakukan dengan CCleaner). Karena isi folder ini mengandung shortcut ke dokumen atau program yang baru saja dipakai. Shortcut ini hanya sampah yang tidak berguna yang perlu dibersihkan.
  11. Untuk mempercepat waktu booting, nonaktifkan beberapa startup program yang tidak terlalu berguna dengan MSConfig. Caranya klik tombol Start, pilih Run dan ketikkan msconfig. Buka tab Startup pada jendela yang terbuka, lalu hapus ceklis pada startup yang tidak terlalu berguna. Dengan menghapus ceklisnya, startup program itu tidak akan dijalankan saat komputer melakukan booting.
  12. Hapus isi yang ada di Recycle Bin untuk mengembalikan ruang kosong hard disk.
  13. Teracopy adalah salah satu program terbaik untuk mempercepat proses copy file, bahkan bisa melakukan pause dan resume. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat meng-copy file dengan jumlah yang besar terputus. Saya pribadi lebih suka menggunakan program ini.
  14. Menggunakan DNS server luar seperti OpenDNS bisa mempercepat kecepatan internet.
  15. Lakukan pengaturan kinerja terbaik sesuai dengan kondisi komputer Anda dengan memilih Adjust for best Performance. Caranya (di Windows 7), klik menu Start > klik kanan Computer > pilih Advanced system settings > pada tab advanced, klik tombol Settings… > pada tab Visual Effects, pilih Adjust for best performance > klik OK.

 Itulah 15 tips kecil yang biasa saya lakukan. Jika Anda benar-benar tidak tahan dengan kinerja komputer yang lambat, mungkin Anda bisa melakukan format hard disk. Tapi jika hanya ingin melanjutkan untuk menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama, maka dari awal, ikuti 15 tips di atas dan Anda akan merasakan efek dari tips kecil tersebut.

1 COMMENT

  1. kenapa ya laptop saya lambat start up nya dan dan bootingnya juga lama.dan bagaimana caranya menguninstall artav, sedangkan pada control panel-uninstall program tidak tersedia???? tlong dibalas ya, dikirim ke email saya aja. terima kasih……..

Leave a Reply