5 Add-ons Firefox Fantastis Bagi Blogger

5 Add-ons Firefox Fantastis Bagi Blogger

0 66
kgen

Anda punya banyak blog? Mungkin Anda seorang blogger yang tertarik pada banyak hal sehingga membuat banyak blog seperti blog gadget, blog komputer, blog download film dan lain-lain. Bagi Anda yang belum punya blog, Anda mungkin ingin membuatnya sekarang, setidaknya punya 1 blog.

Salah satu kemajuan terbaik di teknologi browser selama dekade terakhir ini adalah mereka punya banyak plugin/ekstensi/addons. Khususnya Firefox yang punya database besar dari add-ons yang dibuat oleh user yang dapat memperbagus browser dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Jika Anda sebuah blogger yang rajin (atau baru ingin jadi blogger) maka 5 addons Firefox di bawah ini akan membuat pengalaman blogging Anda jadi lebih baik dan mudah.

ScribeFire Next

scribefire next

ScribeFire Next adalah addons blogging yang paling populer di semua browser pada umumnya, seperti Firefox & Chrome. Dengan ScribeFire Next, Anda bisa menulis posting secara langsung lewat browser dan meng-upload-nya dengan 1x klik. ScribeFire Next adalah penerus dari ScribeFire Classic.

Keuntungan: Terintegrasi dengan browser, kebanyakan prosesnya otomatis. Antarmukanya bersih dan kondusif dalam menulis posting blog tanpa adanya gangguan. Tab ScribeFire kecil dan persisten tapi Anda bisa menghapusnya kapanpun. Menyimpan draft, mengatur waktu publis, membuat kategori, melabelkan tag, pokoknya Anda bisa melakukan setiap kebutuhan blogging dengan ScribeFire ini. Mendukung Blogger, WordPress, Tumblr, MoveableType dan masih banyak lagi.

Kerugian: Belum pernah di-update lagi sejak November 2011, yang akan menjadi masalah ketika antarmuka platform blogging tertentu berubah. ScribeFire bekerja dengan baik pada blog WordPress.

Zemanta

zemanta

Zemanta merupakan sebuah asisten blogging. Ketika Anda menulis posting, Zemanta akan merekomendasikan beberapa gambar, artikel, tag dan link yang mungkin Anda ingin masukkan ke dalam posting. Dengan Zemanta, Anda bisa memperkaya konten posting tanpa perlu bekerja ekstra. Zemanta melakukan semuanya untuk Anda 🙂

Keuntungan: Terintegrasi sempurna. Hanya perlu 1x klik, Zemanta akan memasukkan konten bonus ke dalam posting Anda. Gambar berasal dari Getty, Flickr dan Wikipedia. Artikel dan link diambil dari ratusan sumber yang berbeda, seperti BBC, CNN, Amazon, IMDB dan masih banyak lagi.

Kerugian: Karena Zemanta sifatnya otomatis, maka Zemanta punya format tertentu dalam memasukkan gambar, link dan teks. Jika konten bonus yang dimasukkan tidak sesuai dengan format posting yang biasa Anda pakai, Anda perlu mengubahnya. Untuk mendapatkan fitur advanced, Anda diharuskan membuat akun Zemanta.

SeoQuake

seoquake

SEO (Search Engine Optimization) sudah menjadi kebutuhan dasar sebuah blog saat ini jika Anda ingin mendapatkan pengunjung dan SeoQuake memahami bahwa sebagian besar blogger tidak punya banyak waktu sumber daya untuk mempelajari seluk beluk SEO. Addons ini dimaksudkan untuk membantu pemilik blog dalam mengidentifikasi berbagai elemen SEO dari situs mereka secara real-time untuk meningkatkan optimasi secara keseluruhan.

Keuntungan: Menambahkan toolbar di Firefox sehingga Anda dapat mengumpulkan data SEO dengan cepat dan mudah dari situs yang sedang Anda browsing. Data SEO yang diberikan seperti PageRank, Keyoword Density, informasi domain dan host, Alexa Rank dan masih banyak lagi. Dengan mengklik “Info” pada toolbar, Anda akan dibawa pada sebuah halaman yang menampilkan semua data dari situs tersebut.

Kerugian: Bagi newbie di dunia SEO, jumlah informasi yang diberikan mungkin membingungkan. Beberapa data yang ditampilkan mungkin tidak terlalu menarik bagi kebanyakan blogger dan juga tidak ditampilkan secara estetis dan menyenangkan.

KGen

kgen

Keyword Density mungkin menjadi informasi yang paling dicari ketika ingin meningkatkan SEO sebuah website. Jika add-ons SeoQuake di atas terlalu banyak memberikan data bagi Anda dan Anda hanya perlu keyword density, mungkin KGen cocok bagi Anda.

Keuntungan: Mengecek halaman web saat ini dan menampilkan keyword density dan keyword weight. Anda bisa menggunakannya untuk menganalisis performa SEO blog Anda atau untuk memonitor blog pesaing.

Kerugian: Antarmuka KGen (di sidebar Firefox) tidak terlalu bagus. Tidak berantakan dan biasa saja tetapi bisa sulit untuk menentukan tab tertentu jika Anda tidak punya sedikit pengetahuan tentang SEO.

FireFTP

fireftp

Jika Anda menjalankan blog di server Anda sendiri, Anda perlu akses langsung ke file, apakah itu untuk mengupload file ketika melakukan instalasi baru atau mengeditnya agar sesuai dengan tujuan blog Anda. Untuk melakukannya Anda perlu sebuah klien FTP. Jika Anda tidak ingin menggunakan klien FTP desktop atau web, addons FireFTP mungkin cocok bagi Anda.

Keuntungan: Kecepatan transfer FireFTP bisa dibilang cepat. Tidak hanya transfer file, FireFTP punya fitur canggih seperti perbandingan direktori, sinkronisasi direktori, cek integritas, antarmuka drag-and-drop dan edit file secara remote.

Kerugian: Jika Anda sedang menggunakan FireFTP di Firefox versi Linux, drag-and-drop mungkin tidak berfungsi. Antarmukanya standar, tetapi bisa terlihat sempit dan membingungkan bagi pemula.

Kesimpulan

Ada banyak usaha yang bisa dilakukan dalam menjalankan blog sesuai selera Anda tetapi beberapa add-ons Firefox tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Anda bisa membuat semua proses menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply