5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai iPad

5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai iPad

1 4536
notifikasi ipad

Cara Meningkatkan Baterai iPad – Teman kami punya iPad 2 dan dia menyadari selama beberapa bulan terakhir baterainya jadi cepat habis. Kami mencoba untuk meningkatkan daya tahan baterai iPad miliknya dan ternyata berhasil.

Sebelum melakukan tweak kecil ini untuk meningkatkan daya tahan baterai iPad, iPad tidak perlu di-charge sampai 3-4 hari dengan penggunaan biasa sekitar 30 menit sampai 1 jam setiap harinya. Setelah kami mencoba beberapa tweak, daya tahan baterai iPad meningkat menjadi 7-8 hari. Beberapa tweak yang dilakukan cukup mudah untuk diikuti. Artikel ini akan menyebutkan 5 tweak yang meningkatkan daya tahan baterai iPad teman kami.

Cara 1 – Isi Baterai ketika Mau Habis

Salah satu alasan utama mengapa baterai iPad kami tahan sampai 1 tahun karena iPad di-charge ketika mau habis. Ya, mungkin ada yang bilang hal itu tidak ada pengaruhnya tapi selama kami masih melakukannya dan tampaknya bekerja. Sebagai contoh, kami biasanya menunggu sampai iPad berada di bawah 5% lalu baru di-charge.

Kami juga melakukan beberapa hal lainnya. Pertama, kami memastikan bahwa baterai dibiarkan terisi penuh 100% lalu melepaskannya. Sebuah baterai akan lelah dengan siklus pengisian, jadi jika Anda berhenti di pertengahan charge lalu di-charge lagi, dicopot lagi, di-charge lagi, masa pakai baterai akan berkurang.

Terakhir, kami mencoba untuk mencabut kabel setelah charge mencapai 100%. IPad memiliki beberapa mekanisme untuk membiarkan perangkat berjalan pada baterai dan kemudian mengisi ulang sampai 100% dan iPad tetap terhubung ke sumber listrik. Ini ditujukan untuk membuat baterai bisa tahan lama, tetapi itu malah membuat pemakaian baterai menjadi menurun. Jika Anda dapat mencabutnya secepat mungkin setelah mencapai 100%, itu adalah yang terbaik.

Cara 2 – Menonaktifkan Pemberitahuan Lock Screen

Tweak selanjutnya adalah menonaktifkan notifikasi lock screen. Pada dasarnya, setiap kali Anda mendapatkan pemberitahuan dari setiap aplikasi, maka akan muncul di layar kunci dan iPad akan menyala untuk menunjukkan notifikasi itu. Notifikasi ditampilkan memang cukup singkat, tapi jika terjadi berulang-ulang saat ada notifikasi Facebook, iMessage, majalah baru atau sesuatu yang lain bisa membuat baterai cepat habis.

notifikasi ipad

Anda harus pergi ke setiap aplikasi di bawah Notifications, tapi ini akan menyita waktu. Anda tidak harus mematikan notifikasi sepenuhnya, hanya pastikan bahwa Anda mematikan View in Lock Screen untuk apapun yang Anda rasa tidak penting. Kami mematikan pemberitahuan pada layar kunci untuk hampir semua aplikasi kecuali beberapa aplikasi yang ingin notifikasinya ditampilkan.

Cara 3 – Auto-Lock

Jika Anda pergi ke Settings, General dan Auto-Lock, Anda perlu mengatur nilai tersebut serendah mungkin, yaitu 2 menit.

ipad autolock

Kecuali Anda benar-benar membutuhkan tampilan tersebut dalam waktu yang lama, 2 menit tanpa menggunakannya itu lebih dari cukup. Setelah itu, Anda ingin secara otomatis layar dimatikan. Semakin sedikit layar hidup saat Anda tidak menggunakannya, semakin lama baterai iPad Anda akan bertahan.

Cara 4 – Matikan Data Seluler

iPad kami adalah Wifi+3G dan 3G biasanya selalu hidup. Kami menyadari 3G atau Wi-Fi hanya dipakai jika keluar rumah.

Untuk iPad baru dengan 4G, mungkin akan memakan baterai lebih banyak. Kami coba mematikan data selular jika tidak diperlukan. Cukup pergi ke Settings dan tekan pada Celluler Data dan ubah ke Off.

cellular data ipad

Cara 5 – Bluetooth

Terakhir, kami juga menonaktifkan Bluetooth jika tidak diperlukan. Saat kami mentranfer file, bluetooth dihidupkan, setelah selesai langsung dimatikan.

bluetooth ipad

Bonus – Do Not Disturb

Cara ini kami dapatkan dari berbagai artikel di internet, kami belum mencobanya tapi mungkin bisa Anda coba juga jika sudah update ke iOS 6. Jika Anda baru saja meng-update iPad ke iOS 6, maka Anda mungkin pernah mendengar tentang Do Not Disturb. Ini adalah fitur baru yang akan mendiamkan semua panggilan FaceTime dan alert apapun. Fitur ini berguna jika Anda tidak suka melakukan Cara 2 di atas.

Jika Anda pergi ke Settings, pertama aktifkan Do Not Disturb. Setelah itu, tekan pada Notifications dan ubah Scheduled menjadi On. Lalu pilih waktu Anda ingin mengaktifkan Do Not Disturb. Anda juga dapat memperbolehkan panggilan FaceTime dari panggilan favorit jika Anda suka atau menonaktifkannya. Fitur ini bahkan memiliki fungsi lainnya jika Anda mendapatkan panggilan FaceTime secara terus menerus sampai 3 menit, maka iPad akan berdering.

do not disturb

Itu saja. Dengan menggunakan cara di atas, secara signifikan kami bisa meningkatkan daya tahan baterai iPad. Jika Anda punya versi tweak sendiri, bagikan ke kami melalui komentar di bawah postingan ini, untuk kami taruh di dalam postingan ini. 😉

1 COMMENT

Leave a Reply