5 Tips Aman Saat Facebook-an

5 Tips Aman Saat Facebook-an

0 47
social network

Pernahkah akun Facebook Anda di-hack? Jika belum, lebih baik mencegahnya sebelum terjadi hal tersebut. Bagaimana cara aman saat ingin Facebook-an? Facebook adalah jejaring sosial terkemuka di dunia saat ini. Aplikasi web ini dibuat dengan cara di mana semua orang tahu bagaimana menggunakan seluruh aplikasi dalam hitungan jam saja tapi bagaimana dengan keamanannya?

Tapi apakah semua pengguna peduli mempelajari keamanan Facebook untuk pengalaman internet yang lebih baik? Berikut ini ada 5 tips singkat agar akun Facebook Anda menjadi lebih aman.

social network

 

1. Buat Password Yang Tidak Mudah Ditebak Orang Lain

Password dapat diketahui dengan mudahnya menggunakan teknik brute-force, jika password Anda singkat dan sederhana. Jika Anda tidak punya password yang sulit ditebak oleh orang lain untuk melindungi akun Anda, maka apapun panduan keamanan yang Anda pakai di bawah ini akan sia-sia saja. Kuncinya di sini adalah Anda punya password yang panjang dan rumit yang terdiri dari kombinasi huruf kecil, huruf besar, angka dan simbol khusus lainnya.

 

2. Gunakan HTTPS

Koneksi HTTP sudah benar-benar ketinggalan zaman. Karena pertukaran data di dalam koneksi HTTP dapat disadap dan sangat rentan terhadap serangan yang bisa dilakukan oleh orang lain. Maka dari itu, Facebook menawarkan koneksi HTTPS sehingga semua data yang dikirim dari komputer Anda ke server Facebook sepenuhnya sudah dienkripsi. Meskipun jika ada seseorang yang sedang menyadap data Anda, orang tersebut akan mendapatkan data yang salah.

 

3. Aktifkan Notifikasi Login

Jika Anda benar-benar sial karena identitas Facebook dicuri dan sedang dipakai untuk login, maka dengan mengaktifkan notifikasi login Anda akan selalu mendapatkan notifikasi tentang peristiwa tersebut. Dengan mengetahui seseorang yang sedang menggunakan akun Facebook Anda tanpa izin, maka Anda bisa menendangnya dengan segera lalu mengganti password sehingga mereka tidak akan bisa login lagi. Fitur ini sangat bagus dimana Anda bisa mengaktifkan notifikasi baik itu melalui email maupun SMS.

 

4. Login Menggunakan One Time Password

One Time Password adalah sebuah cara autentikasi dimana Anda bisa mengaktifkan semua login dari perangkat yang tidak diketahui untuk menggunakan One Time Password untuk memastikan bahwa hanya Anda yang bisa login dari perangkat yang tidak diketahui. Dengan memanfaatkan fitur ini, hanya ada 2 cara bagi hacker untuk menggunakan identitas Facebook Anda. Cara pertama adalah mencuri perangkat Anda yang sudah dikenal yaitu komputer, smartphone atau tablet Anda. Cara keduanya, mencuri HP Anda untuk mengambil one time password.

 

5. Logout Dari Facebook

Meskipun tips ini terdengar mudah, tapi itulah yang banyak orang lupa untuk melakukannya. Kebanyakan orang setelah mengecek dan menjawab pesan Facebook, mereka hanya menutup web browser dan pergi meninggalkan komputer karena mereka berasumsi bahwa menutup browser akan logout dari Facebook atau session login akan habis dengan sendirinya. Sayangnya, tidak semua web browser bekerja dengan cara yang sama. Beberapa browser masih mempertahankan session Anda sebelumnya meskipun browser sudah ditutup. Jadi, jangan lupa untuk logout.

NO COMMENTS

Leave a Reply