5 Tips Sebelum Membeli Hard Disk Eksternal

5 Tips Sebelum Membeli Hard Disk Eksternal

0 1739
Western Digital My Passport Essential 2.5 Inch
Western Digital My Passport Essential 2.5 Inch

Apakah Anda pernah memikirkan untuk membeli hard disk eksternal tapi tidak yakin tipe hard disk apa yang akan dipilih? Jangan sampai Anda kecewa setelah membelinya. Tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini karena pada artikel ini kami akan memberikan beberapa tips membeli hard disk eksternal bagi Anda yang kami peroleh dari beberapa referensi di internet. Mau tau apa aja tipsnya, baca terus artikel ini sampai habis 😉

Pertama, tujuan Anda membeli hard disk eksternal untuk apa?. Jangan sampai kita hanya tergiur harga barang yang sedang diskon yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Kebanyakan hard disk eksternal digunakan sebagai pilihan backup untuk komputer. Jika ada sesuatu hal yang tidak beres dengan hard disk komputer Anda, Anda dapat dengan mudah beralih menggunakan hard disk tanpa kehilangan file penting Anda. Hard disk eksternal juga memberikan manfaat dalam portabilitas data Anda. Dengan hard disk eksternal, Anda dapat mengambil data Anda kapan pun dan dimana pun. Hard disk eksternal sangat mudah digunakan dan akan sangat berguna.

Berikut ini 5 tips yang dapat Anda gunakan sebelum membeli sebuah hard disk eksternal:

1. Merek

Ketika memilih hard disk eksternal, hal yang terbaik adalah membeli hard disk eksternal dengan merek yang kita atau orang lain ketahui. Mungkin harganya akan sedikit mahal, tetapi hal ini akan menyelamatkan hard disk Anda dalam jangka waktu yang lama karena kualitasnya yang sudah terbukti. Jika Anda membeli dengan merek yang jarang diketahui orang atau yang tidak dikenal, Anda akan membayar lebih nantinya setelah menggunakannya. (Ya, menurut kami ungkapan itu benar) Sebuah hard disk eksternal yang dibuat oleh sebuah perusahaan tidak begitu terkenal mungkin akan lebih cepat bermasalah daripada merek lain. Alasan lainnya kenapa memilih merek yang terkenal adalah garansi yang diberikan. Jika ada sesuatu yang salah dengan hard disk eksternal Anda, Anda dapat mengklaim garansinya. Di sisi lain, jika memilih perusahaan yang tidak terkenal, Anda mungkin akan sedikit kesulitan menghubungi mereka dan sulit untuk memperbaiki hard disk eksternal Anda. Jadi, jika Anda tidak ingin berurusan dengan semua kerumitan tersebut, pilihlah hard disk eksternal dengan merek yang terkenal.

Western Digital My Passport Essential 2.5 Inch
Western Digital My Passport Essential 2.5 Inch

2. Cari di Internet

Hal terbaik sebelum Anda membeli sebuah hard disk eksternal yang baru adalah melakukan sedikit riset di internet. Anda dapat menggunakan Google (atau mesin pencari favorit Anda yang lain) untuk melakukan hal ini. Anda dapat mencari berbagai merek dan jenis model sebelumnya. Jika Anda sudah punya beberapa jenis model hard disk tertentu yang ingin dibeli, cari review yang berkaitan dengan produk tersebut. Informasi yang didapat akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana keandalan sebenarnya dari hard disk yang ingin dibeli. Anda mungkin akan terkejut setelah mengetahui beberapa hal yang ditemukan, tapi setidaknya Anda tahu hard disk eksternal terbaik apa yang perlu dibeli untuk uang Anda 😉

3. Cek Konektivitas

Ketika Anda membeli sebuah hard disk eksternal, Anda perlu memperhatikan konektivitas yang dimilikinya. Salah satu hard disk eksternal yang akan dibeli setidaknya terhubung melalui USB atau Firewire. Sekarang ini, Firewire adalah pilihan tercepat, tetapi komputer Anda mungkin tidak punya jenis konektivitas ini. Dalam hal ini, Anda perlu memilih hard disk eksternal dengan konektivitas yang sama dengan komputer Anda atau kebanyakan komputer saat ini. Mungkin pilihan konektivitas ini akan jatuh pada pilihan USB. Lalu Anda perlu mengecek port USB komputer Anda. Apakah Anda menggunakan USB 1.0, 2.0 atau bahkan 3.0? Kebanyakan yang dipakai saat ini adalah USB 2.0 walaupun tidak menutup kemungkinan komputer-komputer terbaru saat ini sudah memiliki port USB 3.0. Tanpa koneksi yang tepat semuanya akan menjadi tidak berguna sehingga Anda benar-benar harus memperhatikan aspek ini.

4. Kecepatan

Anda tidak ingin hard disk eksternal berjalan dengan lambat, bukan. Dalam hal ini, Anda perlu mencari hard disk eksternal dengan kecepatan yang diinginkan. Semakin cepat transfer data yang dimiliki oleh sebuah hard disk eksternal maka akan semakin cepat data ditransfer ke dalam komputer. Ada 3 hal yang perlu Anda periksa. Pertama adalah “seek time“, sebaiknya 10 ms atau kurang. Kedua adalah “buffer size“. Minimal punya 4 MB buffer, lebih baik lagi jika lebih besar dari itu. Ketiga adalah RPM. Semakin tinggi RPM maka akan semakin baik. Untuk RPM setidaknya 5400rpm, namun 7200rpm lebih disukai.

5. Ukuran

Hal terakhir yang diperlukan sebelum membeli hard disk eksternal baru adalah ukurannya pastinya. Ketika berbicara tentang ukuran hard disk eksternal, belilah hard disk dengan ukuran yang besar yang mampu Anda beli. Sebaiknya sebelum memilih ukuran yang tepat, hard disk eksternal akan diisi oleh file apa. Jika sudah ditentukan, Anda dapat memperkirakan ukuran hard disk yang cocok bagi Anda.

Selain 5 tips di atas, sebenarnya hard disk eksternal saat ini sudah ada yang dilengkapi fitur seperti backup otomatis, memberikan password hard disk eksternal, software utility yang ditawarkan di dalamnya dan fitur-fitur lainnya yang dapat disesuaikan denga kebutuhan Anda. Semoga dengan 5 tips membeli hard disk eksternal di atas dapat membantu Anda memilih hard disk eksternal yang tepat dan terbaik bagi kebutuhan Anda dan khususnya bagi uang Anda. Semoga bermanfaat! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply