5 Website Terbaik Untuk Belajar Ngoding Gratis

5 Website Terbaik Untuk Belajar Ngoding Gratis

0 2631
codecademy

Sudah bukan masanya lagi dimana orang yang bisa belajar bahasa pemrograman komputer perlu sekolah di perguruan tinggi. Beberapa orang mungkin berpikir Bill Gates dan Mark Zuckerberg adalah orang yang sukses walaupun putus sekolah. Kenyataannya adalah mereka memiliki latar belakang yang sangat kuat dalam komputer dan pemrograman sejak usia yang sangat muda. Mark bahkan memiliki tutor pribadi sejak usia 7 tahun dan ia menguasai COBOL dan BASIC pada usia relatif sangat muda ketika orang lain tidak bisa merakit teka-teki jigsaw. Bill Gates membuat aplikasi game pada usia ketika orang lain sedang sulit mencari waktu bermain mereka.

Keindahan pemrograman adalah Anda dapat membangun apapun yang Anda bisa pikirkan, dengan satu set tool yang akan memandu Anda melalui proses tersebut. Komputer pada dasarnya adalah bukanlah apa-apa jika tidak ada sekumpulan instruksi atau program. Sebuah program akan memberitahu komputer apa yang harus dilakukan bila tindakan tertentu dijalankan. Jika Anda menganggap koding itu sedikit menakutkan dan terlalu sulit dipelajari, jangan khawatir, artikel ini mencoba untuk membimbing Anda. Sekarang segala sesuatu sudah online, mengapa tidak belajar secara online? Di situlah artikel ini akan menjadi panduan Anda untuk belajar koding secara online dan semua itu gratis.

Jika Anda masih tidak yakin untuk belajar koding, Anda dapat menonton pembicaraan inspirasi TED oleh Mitch Resnick pada ‘Teaching Kids to code’.

Berikut daftar dari 5 situs terbaik yang membantu Anda untuk belajar kode online secara gratis.

CATATAN : Situs yang ada di bawah ini memiliki tampilan pelajaran konseptual yang keren, tetapi mungkin saja tidak akan segera berlaku untuk masalah di dunia nyata. Anda akan membutuhkan sedikit praktek harian dan mengujinya dengan buku referensi.

Ada 2 video di dalam posting ini mungkin terlihat terlalu banyak, tapi sebagai engineer sendiri, kami memahami betapa pentingnya memiliki motivasi yang kuat sebelum Anda belajar bahasa pemrograman baru. Sebagian besar dari kita ingin belajar bahasa baru, tapi kita mungkin takut untuk memulainya. Fakta menariknya adalah hanya dibutuhkan waktu 20 jam untuk memperoleh keterampilan baru. Lihat video Ted ini yang akan memotivasi Anda untuk memperoleh keterampilan baru.

1. Codecademy

codecademy

Codeacademy adalah situs favorit kami. Codeacademy adalah tempatnya jika Anda tidak yakin darimana untuk memulai. Segala sesuatunya berjalan di browser Anda, jadi Anda tidak perlu men-download software atau apapun. Codeacademy menawarkan berbagai bahasa mulai dari HTML, CSS, Javascript untuk PHP, Ruby dan Python. Codeacademy punya sistem reward dan Anda akan mendapatkan lencana atas prestasi Anda sebagai penghargaan.

Review Singkat

  • Bahasa : HTML, CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Ruby, Python, API.
  • Kesulitan : Mudah – Menengah.

2. Udacity

Udacity

Udacity adalah situs terbaik berikutnya di web untuk belajar koding. Udacity percaya bahwa pendidikan tidak lagi sesuatu yang terjadi sekali dalam seumur hidup, melainkan adalah pengalaman seumur hidup. Memang benar sudah banyak kursus ilmu komputer, matematika dan fisika yang dilakukan secara online.

Udacity adalah guru yang sempurna bagi orang-orang malas seperti kami. Kami benci menonton video tutorial yang sangat panjang dan tidak seperti Udacity. Udacity menawarkan video tutorial beserta kuis yang ada di setiap interval. Video tutorial yang ditawarkan di Udacity dipecah menjadi 2-3 menit yang hanya melakukan apa yang mereka maksudkan.

Udacity juga menawarkan tes akhir pada program studi Anda dan memberikan Anda download sertifikat seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Review Singkat

  • Bahasa : Web Development, HTML5, Python, Java, Ilmu Komputer, Algoritma, AI
  • Kesulitan : Intermediate – Profesional

3. Coursera

coursera

Coursera bukan seperti kursus online biasa dan Coursera sangat ketat dan terstruktur dalam format. Ini adalah pilihan terbaik jika Anda ingin jadwal yang ketat dan tugas, suasana yang sangat mirip dengan perguruan tinggi.

Coursera menawarkan berbagai macam kursus dalam ilmu komputer saja dan Anda tidak dapat memulainya langsung. Meskipun gratis, kelas dilakukan sekali dalam setiap beberapa bulan dan Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke dalam kelas atau tambahkan dalam wishlist Anda untuk kelas berikutnya.

Review Singkat

  • Bahasa : Arsitektur komputer, bahasa pemrograman, C++ untuk pemrograman C, Algoritma, Artificial Intelligence, Kriptografi, … (listnya sangat banyak dan Anda harus segera menuju ke situsnya)
  • Kesulitan : Dasar – Profesional

4. Team Treehouse

Teamtreehouse

Team Treehouse lebih kepada jasa program online freemium, tapi layak tercantum di atas bahkan dengan layanan yang ditawarkan secara gratis. Program yang ditawarkan oleh Treehouse lebih berorientasi proyek bukannya berorientasi bahasa.

Treehouse adalah situs yang harus dikunjungi untuk programmer pemula yang punya tujuan, seperti membuat sebuah website atau aplikasi. Treehouse memiliki banyak program dasar dengan pendekatan video lalu kuis, mirip dengan apa yang Udacity tawarkan.

Setiap kursus Treehouse dibagi menjadi modul yang berbeda dan setelah melewati setiap tahap pelajar akan diundang untuk membayar biaya berlangganan bulanan sebesar $25 untuk mengakses semua kursus beserta 650 lebih video dan Treehouse Members Forum eksklusif sebagai bonus. Anda juga bisa berlangganan $49/bulan untuk mendapatkan wawancara mendalam dengan pro industri terkemuka dan workshop mutakhir, jika Anda serius dengan perjalanan pemrograman Anda.

Review Singkat

  • Bahasa : HTML, CSS, CSS3, JavaScript, jQuery, Ruby, Ruby on Rails, iOS, Android, UX, Database.
  • Kesulitan : Mudah – Sulit
  • Harga : Gratis, $25 – $49/bulan (untuk layanan premium)

5. Khan Academy

khan academy

Khan Academy adalah salah satu yang paling populer dan memimpin revolusi pendidikan online yang tumbuh cepat. Kursus yang ditawarkan oleh Khan Academy yang tidak terstruktur seperti layanan yang disebutkan sebelumnya, namun berfungsi sebagai taman bermain terbuka untuk semua orang yang tertarik untuk belajar interaksi user dengan koding. Khan Academy tidak menawarkan satu set bahasa pemrograman, tetapi berkaitan dengan dasar-dasar pemrograman dan pendekatan koding yang dapat diterapkan pada sejumlah bahasa.

Kami pribadi bergabung kursus ‘Programming Basics’ untuk melihat dan menguasai konsep-konsep dasar. Anda juga bisa menjelajahi kode yang diberikan setelah video tutorial. Berikut adalah permainan kecil yang beberapa orang buat setelah belajar dari video JavaScript Khan Academy :  Mercury Subspace. Cukup keren, kan?

Website lainnya untuk belajar bahasa pemrograman baru :

  1. Ruby Monk
  2. Code Avengers
  3. Code school
  4. MIT open courseware

Apapun yang Anda lakukan, pilihlah satu yang terbaik atau Anda bisa kewalahan dengan berbagai pilihan di internet. Anda tidak pernah bisa menguasai pemrograman bahkan setelah menyelesaikan semua kursus online jika Anda tidak membuat sesuatu. Mulailah dari yang kecil dan skala cepat. Setiap hari adalah hari baru untuk belajar.

Apa pendapat Anda tentang layanan online yang mengajarkan Anda bagaimana koding online? Punya saran lain yang Anda ingin tambahkan? Jangan ragu untuk mengatakannya lewat komentar 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply