6 Aplikasi Android Keren Untuk Mengosongkan Space

6 Aplikasi Android Keren Untuk Mengosongkan Space

1 21587
pembersih memori

Setiap orang mungkin punya masalah dengan jumlah memori smartphone mereka. Awalnya, Anda mungkin berpikir bahwa 16GB atau 32GB sudah cukup, tetapi tiba-tiba space kosong di memori semakin lama semakin berkurang dan Anda tidak bisa menyalin 1 file mp3 misalnya.

Anda bisa saja menghapus file yang tidak dipakai lagi atau meng-upload-nya ke layanan cloud. Tapi pilihan tersebut punya kelemahan, yaitu file menjadi tidak mudah diakses. Salah satu solusi lain yang bisa dipakai adalah mencari aplikasi file cleaner atau pembersih file sehingga Anda bisa menghapus file yang tidak berguna yang tidak dibutuhkan dan mengosongkan beberapa space.

Banyak Space Kosong yang Dimakan oleh File yang Tidak Penting

pembersih memoriAda banyak file yang bisa memakan space kosong di memori hp Anda. Ada yang bisa memakan sampai 1 – 2 GB dan ini akan menjadi jumlah yang signifikan jika Anda memiliki total memori sebesar 8GB misalnya. Alasan utama mengapa hal ini terjadi adalah seperti halnya dengan komputer, OS Android terus menyimpan file temporary agar akses lebih cepat. Misalnya seperti halaman web, cache gambar atau data lainnya yang disimpan oleh browser.

Dan juga beberapa aplikasi menyimpan informasi. Jika Anda menginstal banyak aplikasi, file-file temporary tersebut akan menumpuk dan memakan space kosong. Dan juga ketika Anda meng-update aplikasi, aplikasi akan meninggalkan sisa-sisa file. Dan juga, jika Anda menginstal aplikasi dari download file APK (bukan dari Google Play), Anda perlu menghapus file APK tersebut secara manual karena OS Android tidak akan menghapusnya setelah instalasi selesai.

Terakhir, pemakan memori juga bisa disebabkan oleh galeri. Galeri Android akan membuatkan thumbnail dan akan memakan space kosong, apalagi jika Anda punya banyak gambar. Jika Anda biasanya tidak menelusuri galeri, akan lebih baik untuk menghapus file-file thumbnail tersebut. Dalam kasus kami, dengan sekitar 300 foto, thumbnail saja lebih dari 1.5GB.

6 Aplikasi Android untuk File Cleaner

6. Root Cleaner

Root Cleaner adalah aplikasi berbayar yang baru di Play Store dan dari review pengguna, aplikasinya lumayan baik untuk mengosongkan memori. Aplikasinya sangat mudah digunakan dan punya antarmuka yang sangat indah. Aplikasi ini punya sejumlah fitur menarik yang Anda dapat gunakan untuk melakukan maintenance perangkat Android.

Root Cleaner

5. 1Tap Cleaner

Membersihkan memori internal Android mungkin tidak sederhana bagi Anda. Aplikasi 1Tap Cleaner memberikan kemampuan untuk membersihkan memori dengan 1x klik. Aplikasi ini tidak memerlukan me-root OS Android dan bisa menjadi aplikaso favorit Anda lainnya yang punya masalah manajemen memori dengan perangkat Android. 1Tap Cleaner dikemas penuh dengan fitur yang mengagumkan seperti auto clean atau notifikasi memori perangkat.

1Tap Cleaner

4. App Cache Cleaner

Beberapa aplikasi cleaner terbaik untuk Android mungkin mengharuskan Anda untuk me-root Android. Tapi bagi Anda yang tidak ingin melakukan rooting, Anda bisa pakai aplikasi App Cache Cleaner. Dan juga tidak seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini punya fitur yang paling dibutuhkan: auto clean dan auto kill aplikasi yang membuat file temporary. Aplikasi ini secara teratur membersihkan perangkat Android tanpa Anda harus melakukannya secara manual. Dan juga Anda bisa uninstall, berbagi atau melihat detail yang lebih spesifik dari aplikasi yang berbeda.

App Cache Cleaner

3. Root App Delete (Uninstaller)

Jika Anda menginstal banyak aplikasi, tapi setelah itu Anda tidak menggunakannya lagi maka aplikasi Root App Delete ini akan sangat berguna. Aplikasi ini dirancang untuk digunakan oleh pengguna root, Anda bisa menghapus aplikasi apapun di hp, termasuk aplikasi sistem yang tidak Anda pakai. Fitur mengagumkan lainnya adalah kemampuannya untuk melakukan freeze pada aplikasi tertentu agar tidak melakukan update atau membuat file lain yang bisa memakan memori perangkat Android.

Root App Delete (uninstaller)

2. Easy Cache Cleaner

Cepat, mudah dipakai dan kaya akan fitur. Aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna yang ingin mengosongkan space memori internal. Easy Cache Cleaner memberikan jalan pintas yang cepat untuk menghapus file yang tidak diperlukan dengan mudah. Anda dapat melihat aplikasi yang paling banyak punya file yang tidak diperlukan dan Anda dapat menyaring dan membersihkannya dengan sesuka hati.

Aplikasi ini juga punya reminder yang akan memberitahu Anda ketika saatnya untuk membersihkan perangkat Android. Anda dapat mengatur fitur ini 1x sehari, 1x setiap 12 jam, 1x setiap 2 atau 3 hari dan bahkan seminggu 1x.

Easy Cache Cleaner

1. Clean Master (Cleaner)

Kami sudah menggunakan aplikasi Clean Master cukup lama dan kinerja yang diberikannya lumayan bagus. Anda bisa menghapus file history, temporary APK, thumbnail gambar dan file temporary lainnya. Aplikasi ini juga punya task manager yang bagus sehingga Anda juga bisa menutup beberapa aplikasi tertentu yang sedang berjalan yang tidak diperlukan. Jika Anda ingin menutup service yang sedang berjalan, maka aplikasi Clean Master ini memungkinkan Anda untuk menambahkan widget ke desktop yang akan menutup service yang sedang berjalan dengan 1 klik.

Desainnya mengagumkan dan terlihat sederhana. Kinerja pencariannya cukup cepat dan Anda dapat membersihkan hp dalam beberapa detik. Dan juga, jika Anda tidak yakin dengan file tertentu, Anda bisa melihat detailnya sehingga Anda dapat memutuskan untuk membersihkannya atau tidak.

Clean Master (Cleaner)

Itulah 6 aplikasi Android untuk file cleaner versi teknohere.com yang Anda dapat pakai untuk mengosongkan memori hp Android Anda. Anda dapat melakukan bersih-bersih secara teratur untuk menghapus file temporary dan file lainnya yang memakan space kosong memori Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 😉

1 COMMENT

Leave a Reply