6 Taktik Meningkatkan Konversi Penjualan Di Website E-Commerce

6 Taktik Meningkatkan Konversi Penjualan Di Website E-Commerce

0 236

Bagaimana cara Anda meningkatkan penjualan di situs E-Commerce? Meningkatkan konversi penjualan di situs E-Commerce tidak terlalu sulit. Berjualan di situs E-Commerce cuma ada 2 prinsip utama, yaitu mendatangkan orang ke dalam situs E-Commerce Anda dan membuat orang membeli sesuatu di situs E-Commerce.

Walaupun konversi di situs E-Commerce tidak perlu harus terjadi pembelian, bisa seperti pengunjung melakukan subscribe/email sign up, follow social media, melakukan registrasi, form kontak dan lain-lain, tujuan dari setiap website adalah mengkonversi setiap pengunjung. Untuk menggandakan tingkat konversi lebih mudah dibandingkan menggandakan jumlah pengunjung.

Sementara artikel ini tidak akan menyebutkan metode yang tidak cepat dan mudah serta berikut ini beberapa daftar untuk meningkatkan tingkat konversi.

  1. Harga lebih murah
  2. Bisa dihubungi melalui telepon
  3. Ubah salinan iklan
  4. Tes promosi
  5. Melakukan survey masyarakat
  6. Memperbagus tampilan website
  7. Meningkatkan kecepatan website
  8. Mempelajari kompetisi dan kesuksesan website pesaing
  9. Melakukan riset dan mengikuti saran dari studi bereputasi baik
  10. Menambah lebih banyak metode pembayaran
  11. Menganalisa statistik website
  12. Navigasi terasa mudah dimengerti dan user-friendly
  13. Mengurangi jumlah klik agar fokus ke pembelian
  14. Memasang tracking dan klik mapping
  15. Dan lain-lain

Artikel ini memberikan 6 taktik utama untuk meningkatkan tingkat konversi terjadinya penjualan di situs E-Commerce.

Tambahkan Segel Kepercayaan

verisign sealAda beberapa segel atau badge yang berbeda yang bisa ditambahkan ke dalam situs E-Commerce Anda untuk menunjukkan ke pengunjung bahwa website Anda adalah legit dan aman untuk melakukan pembelian. Segel yang banyak dipakai adalah BBB, TrustE, Verisign dan McAfee. Sayangnya biaya penggunaan mereka terbilang mahal, tetapi merupakan investasi yang bagus untuk situs E-Commerce menengah ke atas. Ada juga bonus tambahan dari segel tersebut, Anda akan menerima sebuah backlink dari situs segel tersebut setelah pendaftaran dimana backlink ini bisa meningkatkan SERPs situs Anda di hasil pencarian search engine.

Gunakan Google Website Optimizer

Google Website Optimizer akan sangat berguna sekali, gratis dan mudah dipakai. Tool ini hampir seperti tool berbayar di luar sana, Google Website Optimizer ini memungkinkan untuk pengujian multivarian, A/B dan menawarkan pilihan yang cukup untuk menjaga situs E-Commerce menjadi lebih baik dan memuaskan.

Tambahkan Testimonial dan Dukungan

Testimonial kedengarannya sederhana yang bisa menyebabkan peningkatkan tingkat konversi penjualan apalagi testimoni itu datang dari tempat yang dikenali oleh pengunjung. Bisa dari press, dukungan perusahaan terkenal atau bahkan selebriti yang menikmati produk Anda, hal ini bisa meningkatkan jumlah penjualan yang besar. Tetapi jika testimoni datang dari orang-orang biasa, hal ini masih bisa mendorong tingkat konversi penjualan.

Perbarui Halaman FAQ dan About Us

Yang satu ini cukup sering diabaikan. Kebanyakan pengunjung itu terlalu malas untuk menghubungi customer service untuk menanyakan pertanyaan yang tidak ada di halaman FAQ (Frequently Asked Question). Dengan jawaban sederhana sebanyak mungkin di halaman FAQ, Anda bisa menjaga sejumlah besar potensi penjualan dari kekecewaan sehingga menutup website Anda. Halaman About Us juga bisa membantu. Beritahukan cerita tentang perusahaan Anda secara menarik, jujur, dan berkaitan sehingga pengunjung merasa lebih nyaman melakukan pembelian dari Anda.

Manfaatkan Iklan PPC

Ini adalah cara bagus untuk mengetahui apakah penjualan bisa efektif. Dengan mencoba PPC (Pay Per Click) yang berbeda, bisa membantu Anda untuk mengenali mana yang lebih efektif ditambah sekarang Google dapat mengiklankan situs E-Commerce Anda di situs/blog berbahasa Indonesia. Dan ukur CTR (Click Thru Rates) untuk mengetahui tingkat konversi. Hal ini cukup mudah, cepat dan efektif.

Tambahkan Kotak Pencarian

Apakah situs E-Commerce Anda punya kotak pencarian? Jika begitu, ada banyak data yang bisa dipakai untuk membantu peningkatan tingkat konversi. Jika ada banyak pencarian pada barang yang dijual, Anda bisa membuat barang tersebut terlihat lebih menonjol seperti memasukkannya ke dalan featured slideshow. Jika yang banyak dicari bukan barang yang sedang dijual, mungkin Anda bisa menambahkannya ke website di kemudian hari. Itu hanya 2 contoh sederhana.

Ada banyak cara, taktik dan tool yang Anda bisa manfaatkan untuk membantu peningkatan tingkat konversi situs E-Commerce. Bagaimana opini Anda?

NO COMMENTS

Leave a Reply