8 Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan Di Internet

8 Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan Di Internet

1 316
membangun kepercayaan pelanggan

Kepercayaan pelanggan adalah hal yang paling penting bagi bisnis berbasis internet jika ingin sukses. Kecuali Anda punya sebuah perusahaan dengan brand besar seperti Amazon. Apalagi jika produk atau jasa Anda mahal, ini akan lebih penting lagi.

Tidak seperti belanja di toko ritel, bisnis internet adalah sebuah lingkungan tanpa adanya tatap muka. Anda tidak punya toko ritel berkredibilitas instan hanya dengan punya bentuk fisik dari usaha. Sulit bagi pelanggan untuk mengetahui jika bisnis Anda itu sah atau jika bisnis ini dijalankan oleh seseorang kriminal yang duduk di depan komputer mereka.

Situs Anda adalah wajah dari perusahaan dan inilah yang akan mereka gunakan untuk membangun kepercayaan pada bisnis Anda. Berikut ini 8 cara membantu Anda untuk melakukan hal tersebut.

membangun kepercayaan pelanggan

1. Desain Situs yang Profesional

Salah satu bagian terpenting dari bisnis internet adalah desain situs. Apakah Anda mau pergi ke toko ritel yang papan toko tersebut ingin jatuh ke bawah, lubang di langit-langit, dekorasi dan warna cat yang mengerikan dan sederhananya tidak mengesankan? Saya pikir Anda tidak mau ke sana, jadi jangan sampai memberikan kesan yang sama seperti tadi di desain situs.

Anda tidak perlu sesuatu yang super mewah, tetapi desain perlu terlihat profesional, bersih dan enak dilihat. Coba cari di internet tentang perusahaan desain situs dan lihat bagaimana tampilan situs mereka. Apakah Anda terkesan, apakah Anda ingin melakukan bisnis dengan perusahaan tersebut? Inilah perasaan sama yang perlu diberikan kepada pelanggan Anda.

2. Email Branding Perusahaan

Jika Anda ingin melakukan bisnis dengan seseorang, manakah email yang Anda rasa lebih nyaman dan terpercaya? Email dari nama domain mereka (sales@namaperusahaan.com) atau dari akun email gratis seperti Gmail? Menggunakan akun email gratis memberitahu pelanggan bahwa Anda tidak serius menjalankan bisnis.

3. Situs Review Pelanggan

Situs review pelanggan seperti BizRate adalah tool pembangun kepercayaan yang bagus. Situs seperti ini memungkinkan pelanggan untuk mereview perusahaan terhadap pelanggan sebelumnya yang sudah melakukan transaksi, apa yang mereka suka dan tidak suka dari perusahaan tersebut. Pelanggan yang potensial suka mendengarkan apa yang orang lain pikirkan.

4. Program Kepercayaan Bisnis

Menjadi bagian dari program kepercayaan seperti BBB bisa memainkan peran yang penting, khususnya jika bisnis Anda menyediakan jasa Vs. produk nyata.

5. Profil Perusahaan

Anda bisa membangun kepercayaan dengan memperkenalkan pelanggan ke orang-orang di belakang layar perusahaan. Sertakan informasi umum seperti sejarah, alasan perusahaan didirikan dan profil karyawan jika punya. Anda bisa mengambil pendekatan pribadi dengan membicarakan diri sendiri, alasan memulai bisnis, kelebihan perusahaan dan sertakan gambar diri untuk melengkapi. Ingin lihat contohnya, bisa intip situs usabride.com dan myweddingfavors.com.

6. Kontak Pelanggan

Mempunyai halaman kontak sama pentingnya dengan halaman About Us. Pelanggan bisa tahu jika mereka butuh bantuan. Akan lebih baik lagi jika memberikan informasi alamat, nomor telepon, alamat email dan form kontak.

7. Testimonial

Punya testimonial di situs Anda adalah indikator kepercayaan yang baik lainnya dan hampir sama dengan situs review pelanggan. Punya testimonial teks mungkin akan dipertanyakan keasliannya apakah itu asli dari pelanggan atau karangan dari pemilik bisnis. Akan lebih baik lagi jika menyertakan foto atau informasi kontak pelanggan seperti nomor telepon atau alamat situs.

8. Penghargaan dan Keterlibatan Masyarakat

Ini akan menjadi lebih mudah bagi pelanggan untuk percaya pada perusahaan yang merupakan bagian dari komunitas mereka. Ada banyak cara perusahaan Anda bisa ikut terlibat. Anda bisa bergabung dengan kamar dagang lokal atau organisasi lokal lainnya. Jika Anda memenangkan penghargaan dari suatu organisasi, pastikan ditampilkan logo atau lencana mereka di situs Anda. BBB adalah contoh yang bagus untuk ini karena punya banyak kredibilitas.

1 COMMENT

Leave a Reply