Apakah Google Feedburner Akan Ditutup?

Apakah Google Feedburner Akan Ditutup?

1 73
logo feedburner

Google Feedburner dan beberapa layanan yang terkait secara bertahap akan ditutup dan ini menjadi keprihatinan bagi pengguna Feedburner yang menggunakan layanannya untuk membuat RSS feed blog mereka. Kami menggunakan Feedburner untuk memberikan update RSS harian ke lebih dari 50 pelanggan RSS yang terdaftar.

Sejak Google mengakuisisi Feedburner pada tahun 2007, mereka tidak banyak melakukan usaha dalam meningkatkan layanannya atau mengoptimalkannya untuk promosi lebih lanjut dan memperluas basis pengguna mereka. Kami yakin jutaan blog menggunakan Feedburner untuk meningkatkan RSS feed utama mereka. Namun sulit untuk memahami mengapa Google tidak banyak melakukan upaya lebih untuk mempromosikan dan memperluas layanan yang sangat berguna ini .

Apakah Google Feedburner akan Ditutup?

AdSense untuk feed sudah ditutupKorban pembersihan terbaru Google yaitu Google AdSense for feed, yang memungkinkan publisher untuk meletakkan iklan Adsense di RSS feed dan sekarang ditutup. Jika Anda ingat, Google sebelumnya sudah menutup blog AdSense for feed.

logo feedburnerDukungan Feedburner yang buruk – Apakah Anda pernah mengalami angka di akun Feedburner Anda tiba-tiba menjadi nol beberapa hari terakhir ini? Yah, mereka mengakui bug lewat blog statusnya Feedburner dan kembali seperti semula setelah diperbaiki beberapa hari. Ini menandakan tingkat dukungan teknis dan pelayanan publiknya yang rendah.

Blog Feedburner ditutup – Tahukah Anda bahwa Google menutup blog Feedburner resmi sebelumnya dan ingin menghentikan akun Twitter-nya juga. Pertanda kuat bahwa mereka tampaknya tidak tertarik untuk melanjutkan update lebih lanjut mengenai layanan Feedburner ini.

Domain .jp Feedburner berakhir – Nama domain Feedburner Japan .jp sudah berakhir dan belum diperpanjang. Ini artinya semua feed pada URL tersebut hilang.

API Feedburner ditutup – Mereka sebelumnya sudah mendeklarasikan bahwa mereka akan menutup API Feedburner bagi para pengembang. Ini menunjukkan bahwa mereka tidak tertarik lagi untuk mengembangkan lebih lanjut layanan Feedburner.

Ada cukup tulisan di internet dan Google sepertinya memberikan tanda-tanda yang cukup bahwa pengguna Feedburner perlu mencari layanan yang lain.

Feedburner Sangat Berguna

Kami telah menggunakan Feedburner sebagai penggunaan RSS feed sejak blog ini terbuat lebih dari 2 tahun. Banyak orang yang menggunakan Feedburner karena tersedianya fasilitas untuk memodifikasi RSS feed. Beberapa fasilitasnya yang menonjol adalah langganan email gratis, kemampuan untuk menampilkan konten feed di browser dalam format yang dapat dibaca oleh SmartFeed, pilihan berlangganan RSS, jumlah pelanggan RSS dan masih banyak lagi.

Feedburner Mybrand memungkinkan pengguna premium untuk menggunakan Feedburner dengan domain milik pengguna dan selanjutnya fitur ini menjadi gratis untuk semua pengguna Feedburner. Sehingga yang sebelumnya URL RSS feed kami seperti ini:

http://feeds.feedburner.com/IlhamskCom

Bisa berubah menjadi

http://feeds.teknohere.com/ilhamsk

Selain itu juga pengguna bisa mengganti sumber feed-nya dan subscriber tidak perlu melakukan langganan ke feed-nya yang baru. Contohnya jika sebelumnya blog Anda menggunakan Blogger lalu pindah ke WordPress, cukup mengganti sumber feed dari Blogger ke WordPress. URL Feedburner akan tetap sama dan jumlah subscriber juga tetap sama serta mereka tidak perlu melakukan subscribe lagi. Jika fitur ini tidak ada, saat Anda menggunakan Blogger dengan ratusan subscriber lalu pindah ke WordPress maka subscriber mulai lagi dari nol.

Kami merasakan Feedburner adalah layanan yang sangat berguna dan Google harus memanfaatkan basis pengguna RSS-nya yang besar untuk membuat layanan yang lebih besar dari itu. Kami benar-benar berharap bahwa Feedburner bisa terus berlanjut.

1 COMMENT

  1. Iya gan, saya yang pemula ini dibuat bulan-bulanan.
    Harus gimana ya, sudah 2(dua) hari saya dipusingkan Feed reader sya yang kembali ke NOL (0), sebelum membaca post agan ini.
    Terimakasih sudah menghentikan pencarian saya , kenapa Feed Reader saya Nol.

    Salam kenal Marlon Alamo

Leave a Reply