Avira Protection Cloud: Software Antivirus Berbasis Cloud

Avira Protection Cloud: Software Antivirus Berbasis Cloud

1 137
Avira Protection Cloud

Avira, perusahaan yang terkenal dengan program Antivirus gratisnya, baru saja membuat versi technical preview untuk Avira Protection Cloud, sebuah solusi antivirus berbasis cloud yang baru dengan memanfaatkan teknologi cloud. Sampai sekarang belum jelas apakah teknologi ini akan disertakan pada produk mereka yang sudah ada atau menjadikannya sebuah produk baru lainnya. Mungkin Avira Protection Cloud ini akan mirip dengan fitur yang ditawarkan pada Panda Cloud Antivirus.

Program akan membuat daftar lokasi yang seringkali menjadi target malware saat menjalankan proses scan, start-up dan Windows service. Ia akan membuat tanda tangan digital pada setiap file dan mengirimkan hash yang sudah dibuat ke cloud untuk mengecek apakah file tersebut tergolong bersih, malware atau tidak diketahui.

Avira Protection Cloud

File yang bersih akan diberi warna hijau pada jendela program dan masuk dalam kategori clean. Program akan mengupload file yang tidak diketahui ke Avira secara otomatis dimana file tersebut akan discan menggunakan versi terbaru dari engine antivirus perusahaan Avira sebelum pengguna diberitahukan hasilnya.

Catatan: Tidak ada pilihan untuk menonaktifkan fungsi upload atau membuat program mengupload cepat. Hanya file executable seperti .exe atau .dll yang akan diupload ke cloud.

Avira Protection Cloud membuat file log pada direktori program dimana Anda bisa mengaksesnya untuk mereview apa yang ditemukan program ketika program ditutup.

Keuntungan dari metode ini adalah program mengkonsumsi sedikit sumber daya sistem dan tidak seberat antivirus biasanya saat scan. Cloud juga memastikan definisi virus dan tanda tangan digital selalu yang terbaru.

Kekurangan dari metode ini adalah diperlukannya koneksi internet untuk mengirimkan hash file ke cloud dan ada beberapa file yang perlu diupload ke internet tanpa adanya pilihan di program untuk tidak menguploadnya ke internet. Kekurangan terbesarnya mungkin adalah ketergantungan dengan server cloud dimana program akan menjadi sia-sia jika server cloud sedang down atau tidak bisa diakses.

Solusi antivirus Avira cloud ini bisa berjalan pada semua versi sistem operasi Windows mulai dari Windows XP SP3 dan memerlukan Microsoft .NET Framework 4.0 serta Microsoft Visual C++ 2010 Redistributable Package.

Akhir Kata

Sangat mungkin Avira akan meningkatkan teknologi ini dari waktu ke waktu untuk membuat program yang bisa bekerja lebih nyaman. Semoga akan ada pilihan untuk memblokir upload otomatis. Akan lebih menarik lagi jika Avira mengintegrasikan teknologi tersebut pada produk mereka yang sudah beredar/ada saat ini atau jika ini produk yang terpisah, semoga ada versi betanya walaupun sekarang masih technical preview.

Selamat mencoba! 😉

1 COMMENT

Leave a Reply