Cara Cek Umur Website

Cara Cek Umur Website

2 1310
internet archive teknohere.com

Ada yang bertanya tentang bagaimana cara mengetahui umur sebuah website. Untuk itu, postingan kali ini tentang cara mengetahui usia sebuah website. Tidak hanya umur, tapi juga mengetahui apakah sebelum Anda menggunakan domain tersebut sudah ada yang menggunakannya dulu sebelumnya.

Postingan ini akan menunjukkan Anda cara mengecek usia suatu domain dan juga mengecek perubahan situs tersebut selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Mengecek Umur Domain

Anda mungkin saja bisa mencari tool gratis untuk mengetahui umur suatu website di Google. Contoh tool pertama adalah Domain Age Tool.

umur situs teknohere.com

Contoh tool lainnya adalah Domain Age Check yang akan memberitahukan Anda kapan nama domain dibuat beserta umurnya. Tool kedua lebih akurat karena ada hitungan harinya.

umur web ilhamskdotcom

Terakhir, jika Anda benar-benar ingin melihat info yang lebih detail, bisa melakukan WHOIS lookup menggunakan situs seperti Network Solutions, kecuali domain ya ngterdaftar secara privat, Anda bisa melihat kapan domain dibuat.

cek umur web

Jadi, itulah cara Anda bisa mengetahui umur sebuah website. Jika Anda ingin melihat bagaimana situs itu berubah dari waktu ke waktu atau hanya ingin melihat berapa lama pemilik terbaru sudah memiliki website tersebut, maka Anda bisa menggunakan tool yang berbeda.

Mengecek Perubahan Website

Untuk melakukannya, Anda perlu menggunakan tool seperti Internet Archive. Buka situs mereka dan masukkan URL yang ingin dicek.

internet archive teknohere.com

Klik pada tombol “Take Me Back” dan Anda akan melihat sedikit timeline dengan tampilan yang bagus dimulai dari tahun 2009 (pada contoh ini) yang menunjukkan kapan crawl mulai dilakukan. Pada kalendar di bawah ini, Anda bisa lihat pada hari apa yang punya snapshot dengan melihat pada lingkaran biru.

Klik pada hari tertentu dan Anda akan melihat seperti apa tampilan snapshot website di tanggal tersebut.

Snapshot tersebut bersifat acak dan pada rentang waktu yang lama, ada yang tidak ada snapshotnya sehingga Anda tidak mungkin bisa menelusuri ke tanggal yang tepat kapan situs itu berubah tapi bisa mencari tanggal yang terdekat.

Jadi itulah dua cara untuk mengecek usia sebuah situs dan mudah-mudahan Anda menemukan informasi yang dibutuhkan. Selamat mencoba! 😉

2 COMMENTS

Leave a Reply