Cara Hapus Blog WordPress.com Atau Membuatnya Private

Cara Hapus Blog WordPress.com Atau Membuatnya Private

0 880
blog wordpress com sudah terhapus

Ada beberapa alasan Anda mungkin ingin menghapus blog WordPress.com Anda atau ingin membuatnya menjadi private. Mungkin Anda sudah menggunakan layanan hosting dan domain berbayar. Atau mungkin Anda ingin mulai membuat blog baru dan masih ingin dapat mengakses isi blog WordPress.com yang lama. Apapun alasannya, membuat blog WordPress.com menjadi private atau menghapusnya dapat dilakukan dengan mudah. Berikut tutorial cara melakukannya.

blog wordpress com sudah terhapus

Membuat Blog WordPress.com Menjadi Private

Sebenarnya, jika Anda tidak yakin ingin menghapus blog WordPress.com Anda, disarankan Anda membuatnya menjadi private. Dengan cara itu Anda dapat tetap mengakses posting Anda dan memungkinkan penulis lain (jika sudah terdaftar sebelumnya) untuk mengaksesnya, tetapi tidak dapat dilihat oleh publik.

Login ke dashboard WordPress.com dan buka Settings > Reading.

membuat blog private

Lalu pilih “I would like my site to be private, visible only to users I choose” dan klik Save.

setting membuat blog private

Sebuah tombol baru akan muncul yang memungkinkan Anda untuk mengundang pengguna yang sudah ada agar dapat melihat blog Anda. Kemudian Anda harus memasukkan username dan password mereka dan hanya mereka yang dapat memiliki akses ke sana.

undang user blog private

Hapus Blog WordPress.com

Menghapus blog WordPress.com Anda adalah permanen. Anda tidak akan bisa mendapatkannya kembali jika sudah dihapus dan alamat URL-nya tidak akan tersedia lagi.

Dari dashboard WordPress.com, buka Tools > Delete Blog.

hapus blog wordpress com

Pada halaman berikutnya Anda perlu mengkonfirmasi penghapusan atau memilih sebuah tujuan apa yang ingin Anda lakukan terhadap blog tersebut. Di bagian bawah menu pilih “Permanently Delete the Blog Name and Erase all Content”.

konfirmasi penghapusan blog wordpress com

Selanjutnya Anda akan melihat halaman konfirmasi. Anda juga dapat memberitahu WordPress.com mengapa Anda ingin menghapusnya.

konfirmasi terakhir penghapusan blog

Langkah terakhir, Anda akan mendapatkan link konfirmasi melalui email. Cukup klik link tersebut untuk konfirmasi. Anda akan diarahkan ke halaman untuk memverifikasi penghapusan blog Anda.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply