Cara Hapus Bookmark Yang Sudah Mati & Duplikat Di Semua Browser

Cara Hapus Bookmark Yang Sudah Mati & Duplikat Di Semua Browser

0 1118
pilih browser am dead link

Menambahkan bookmark (di IE dikenal sebagai favorit) itu mudah. Cukup tekan tombol Ctrl + D pada halaman web yang ingin di-bookmark, pilih folder dan klik pada tombol Add/Done. Namun setelah kita menambahkan bookmark, kebanyakan dari kita mungkin tidak mengunjunginya kembali, bukan.

Mungkin ada situs yang di-bookmark setelah berbulan-bulan tersimpan ternyata situsnya sudah tidak aktif lagi. Mungkin juga ada duplikat bookmark di folder yang berbeda. Jadi, artikel ini akan maembahas bagaimana cara membersihkan link-link bookmark tersebut yang situsnya sudah tidak aktif lagi atau duplikat link di semua browser menggunakan software bernama AM-Dead Link.

Catatan: Karena adanya beberapa keterbatasan, pada Firefox hanya dapat memeriksa link yang sudah mati.

Cara Menggunakan AM-Dead Link

AM-Dead Link adalah sebuah software Windows yang dapat dimanfaatkan untuk mengatur bookmark Anda. Anda dapat menginstalnya ke dalam komputer atau hanya mengekstraknya untuk digunakan secara portabel di flashdisk. Setelah Anda selesai menginstalnya, buka programnya. Demi kelancaran proses, pastikan Anda telah menyimpan pekerjaan Anda di web browser dan menutupnya. Setelah itu, cukup pilih browser yang ingin diperiksa link bookmarknya di menu dropdown.

pilih browser am dead link

AM-Dead Link akan membaca file konfigurasi bookmark di browser tersebut dan akan di-list. Lama proses tergantung pada jumlah bookmark yang Anda miliki dan tunggu sampai proses scannya selesai.

cek bookmark am dead link

Untuk menscan link bookmark yang sudah mati, klik Bookmarks di menu dan pilih Check Bookmarks. Selanjutnya AM-Dead Link akan mengetes semua link bookmark yang ada dalam list dan memberikan statusnya. Setelah proses scan selesai, sekali lagi klik pada menu Bookmarks tapi kali ini pilih Sort bookmarks with errors to the top of the list. Setelah itu Anda dapat memilih semua link yang mati (berwarna merah) dan menghapusnya menggunakan tombol delete.

link mati am dead link

Untuk mengecek bookmark yang duplikat, klik pada menu Bookmark dan pilih Check duplicates. Setelah AM-Dead Link melakukan scan dan akan menampilkan bookmark yang duplikat, klik tombol Select all duplicates but one. Secara otomatis akan mengecualikan link bookmark yang asli dan link lainnya dianggap duplikat. Lalu Anda dapat menggunakan tombol delete untuk menghapusnya.

select all but duplicate

Perubahan yang telah kita lakukan tadi (menghapus link bookmark yang mati/duplikat) harus ditulis kembali ke file konfigurasi browser. Setelah memastikan bahwa tidak ada proses update browser yang sedang berjalan, tekan tombol Save di sebelah menu dropdown.

NO COMMENTS

Leave a Reply