Cara Memasang Google Maps Di WordPress

Cara Memasang Google Maps Di WordPress

0 1668
kode embed iframe google map

Anda bisa memasang semua jenis konten ke situs WordPress. Menambahkan konten dari sumber eksternal memungkinkan Anda untuk membuat konten yang kaya akan informasi dan sangat interaktif. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara untuk memasang Google Maps di WordPress.

Memasang Google Map di WordPress Secara Manual

Buka situs Google Maps dan cukup ketikkan alamat dari lokasi yang Anda inginkan untuk menampilkan lokasi. Setelah lokasi ditemukan, klik tombol link di panel sebelah kanan. Nanti akan muncul kode yang bisa di-embed. Copy kode iframe atau Anda juga bisa klik “Customize and preview the embedded map” untuk lebih menyesuaikan tampilan peta di situs Anda.

kode embed iframe google map

Kemudian buka situs WordPress Anda dan paste kode tadi ke dalam posting, halaman, template atau widget. Cukup itu saja, save dan lihat petanya dengan membuka situs Anda.

Memasang Google Maps di WordPress Menggunakan Plugin

Cara manual di atas bagus, jika Anda hanya ingin memasang 1 peta Google Map. Tetapi jika peta punya peran penting pada konten utama situs Anda dan Anda akan sering memasang peta ke dalam posting, maka kami sarankan menggunakan plugin.

Pertama, instal dan aktifkan plugin MapPress Easy Google Maps. Lalu edit posting atau page di mana Anda ingin memasang peta. Geser mouse ke bawah sampai bagian MapPress di layar edit posting Anda dan klik tombol New Map.

plugin mappress easy google maps

Dengan mengklik tombol New Map akan muncul editor MapPress di mana Anda bisa memasukkan alamat atau klik link My Location untuk memungkinkan plugin secara otomatis mendeteksi lokasi Anda. Berikan judul untuk peta Anda dan pilih ukuran petanya. Setelah Anda puas dengan petanya, klik tombol save dan klik tombol Insert into Post untuk memasang peta ke dalam posting Anda. Update atau publish posting Anda dan lihat hasilnya.

Dengan MapPress Anda bisa memasang banyak peta ke dalam posting atau page. Plugin ini juga punya menu setting dimana Anda bisa mengubah pengaturan plugin, seperti jenis peta, border, perataan, kontrol, dll.

setting mappress

Memasang Google Maps di Widget dan Lightbox

Cara lain yang lebih mudah untuk memasang Google Map ke situs WordPress Anda adalah dengan menginstal plugin Google Maps Widget. Setelah plugin ini diinstal dan diaktifkan, buka menu Performance > Widget dan drag dan drop Google Maps Widget ke sidebar Anda.

setting google map widget

Masukkan alamat yang ingin ditampilkan di peta pada pengaturan widget. Anda juga bisa memilih ukuran peta, warna pin, tingkat zoom, dll. Klik tab lightbox untuk mengkonfigurasi pengaturan lightbox. Terakhir klik tombol Save. Buka situs Anda untuk melihat hasilnya.

google maps widget

Semoga artikel ini bisa membantu Anda memasang Google Maps di situs WordPress. Untuk pertanyaan dan feedback, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

NO COMMENTS

Leave a Reply