Cara Memasukkan Flashdisk Ke Dalam VirtualBox

Cara Memasukkan Flashdisk Ke Dalam VirtualBox

1 7191
hasilnya

Apakah Anda sedang mencoba memasukkan flashdisk ke dalam VirtualBox tapi tidak muncul-muncul? Ini merupakan masalah umum dan kami pernah mengalaminya ketika baru pertama kali memakai VitrualBox untuk membuat virtual meachine. Masalahnya adalah fungsi plug ‘n play Virtualbox tidak berfungsi dengan baik dan Windows tidak bisa mencari tahu kebutuhan driver flashdisk tersebut. Cara memperbaikinya adalah melakukan setting VirtualBox.

Agar Virtualbox dapat mengenali perangkat USB, Anda perlu menginstal yang namanya Guest Additions. Mudah kok melakukannya, cukup buka salah satu virtual machine Anda lalu pada jendela VirtualBox, pilih Device > Install Guest Additions. VirtualBox nantinya akan memuat virtual disk untuk instalasi Guest Additions.

install guest additions

Sekarang kembali ke VirtualBox Manager dan klik kanan pada virtual machine yang ingin digunakan untuk memasukkan flashdisk dan klik Settings…

pilih virtual machine

Lalu pilih tab USB dan klik tombol Add di sebelah kanan. Pilih perangkat USB yang ingin digunakan dari list tersebut. Setelah itu klik OK untuk menyimpan perubahan dan keluar.

pilih perangkat usb

Sekarang kembali ke dalam jendela virtual machine Anda dan pilih menu Devices > USB Devices lalu pilih perangkat USB Anda.

pilih flashdisk anda

Flashdisk Anda nantinya akan muncul di VirtualBox sama seperti pada komputer host Anda. Selamat mencoba! 😉

hasilnya

Troubleshooting

Masih belum bisa? Coba instal VirtualBox Extension Pack. Cukup download dari situs Oracle dan jalankan agar VirtualBox bisa menambahkannya secara otomatis. Anda mungkin perlu restart komputer/virtual machine sebelum memasukkan flashdisk.

1 COMMENT

Leave a Reply