Cara Membuat Peta Versi Anda Sendiri Dengan Google Maps

Cara Membuat Peta Versi Anda Sendiri Dengan Google Maps

21 22250

Ingin membuat peta online versi Anda sendiri? Manfaatkan fitur “My Maps” yang ada di Google Maps. Dengan fitur tersebut Anda dapat mengatur letak dan lokasi, menggambar garis untuk tanda jalannya atau membuat rute, dan menggambar bentuk di sekitar tempat yang pernah dilihat atau dikunjungi. Setelah Anda selesai mengedit, versi map Anda sendiri bisa disimpan ke dalam akun Google Anda. Peta dapat dibuat agar dapat dilihat oleh orang banyak atau hanya untuk pribadi. Anda dapat memilih peta dan mengedit setiap saat untuk menambah lebih banyak landmark/tanda pada suatu tempat.

(updated: 27 Mei 2012)

Cara Membuat Peta

  1. Membuat Map dengan Google MapsBuka browser lalu buka situs Google Maps. Masuk ke akun Google Anda. Klik “My Places” dan klik tombol “Create Map“.
  2. Masukkan judul dan deskripsi petanya. Klik tombol radio di samping kata “Public” atau “Unlisted“. Klik tombol “Save” untuk menyimpan.
  3. Klik ikon “Placemark” di bagian atas layar. Fitur ini akan menandai lokasi pilihan Anda dengan gambar ikon. Ketikkan “Judul” dan “Deskripsi” untuk tempat yang barusan Anda tandai. Klik ikon “Placemark” untuk mengubah warna atau bentuk ikonnya. Lalu klik tombol “OK“.
  4. Klik ikon “Line“. Klik pada peta sebagai titik awalnya lalu klik di sepanjang jalan atau landmark. Double-klik sebagai titik terkahirnya. Ketikkan “Judul” dan “Deskripsi” untuk jalan tersebut dan pilih gambar ikonnya.
  5. Klik ikon “Shape“. Klik pada peta lalu gunakan mouse anda untuk menggambar bentuk. Klik dua kali untuk mengakhiri bentuk. Ketikkan “Judul” dan “Deskripsi” untuk bentuk dan pilih gambar ikonnya.
  6. Klik pada tempat yang Anda tandai sampai kotak “Judul” muncul. Klik “Rich Text” dan klik ikon “Foto“. Ketikkan URL gambar dan klik “OK“.
  7. Klik “Satelit” untuk melihat peta dalam tampilan satelit.
  8. Klik tombol “Done” untuk menyelesaikan pengeditan peta.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat 😉

21 COMMENTS

  1. saya ada keutuhan pembuatan peta per kecamatan di wilayah saya , peta ini akan merupakan pecahan dari peta per kabupaten….namun di peta per kecamatan ini sdh di masukkan semua nama des/kelurahan yang ada….

    bisa nggak di bantu membuatnya ??? kalau soal biayanya bisa kita diskusikan…krn saya lagi membuat buku tentang kabupaten ….peta ini tidak menggunakan skala juga tidak masalah namun bentuknya tentulah di harapkan sesuai dengan letak geografis setempat

    trims

    patris ginting
    medan sumatra utara

  2. mohon bantuannya dg,,
    saya sudah buat peta di google maps..
    placemarknya memang banyak..tampilan peta yg saya buat menjadi 2 peta/.

    gmana ya cara gabunginnya?

    terima kasih…:D

  3. Maksih mas, jadi bisa buat peta sendiri buat lokasi bisnis saya, maklum posisi masih nyungsrek jadi banyak klien yang nyasar

Leave a Reply