Cara Menambahkan Google Calendar Di WordPress

Cara Menambahkan Google Calendar Di WordPress

1 1020
hasil tampilan plugin google calendar events

Kalender mungkin salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan baik di smartphone maupun di tablet. Ada beberapa pengunjung kami yang menanyakan bagaimana cara untuk menambahkan Google Calendar ke dalam WordPress. Artike ini akan menunjukkan bagaimana cara menambahkan Google Calendar di situs berbasis WordPress. Ikuti langkah-langkah di dalam posting ini untuk menambahkan Google Calendar di situs WordPress Anda baik di dalam posting, page atau widget dan kalender ini akan selalu sinkron ke Google Calendar.

Pertama, instal dan aktifkan plugin WordPress bernama “Google Calendar Events“. Setelah diaktifkan, menu Google Calendar akan muncul di bawah menu Settings. Untuk menggunakan plugin ini, Anda perlu mempublikasikan feed dari Google Calendar Anda dan menambahkan feed tersebut ke dalam plugin tadi yang baru diinstal. Untuk mendapatkan feed kalender Anda, buka situs Google Calendar dan klik tanda panah di sebelah kalender yang ingin di-share. Klik pada setting kalender di mana Anda akan menemukan URL XML dari kalender Anda. Klik kanan pada ikon XML dan pilih “Copy link location” atau “Copy link address”.

share feed google calendar

Sekarang buka halaman setting plugin Google Calendar Events dan klik pada tombol “Add Feed”. Berikan judul feed Anda untuk kalender dan paste URL XML yang Anda copy tadi ke URL feed. Klik tombol Add Feed di bagian bawah halaman dan Anda akan melihat halaman tersebut memiliki banyak pilihan lainnya. Yang terpenting adalah pilihan cache duration and time/date format options.

menambahkan feed google calendar

Plugin Google Calendar Events menggunakan shortcode untuk menampilkan grid kalender pada setiap posting atau halaman yang diinginkan. Idealnya, Anda mungkin ingin membuat halaman berjudul Kalender atau Events atau Jadwal Acara untuk menampilkan kalender. Edit halaman / posting tersebut dan tambahkan shortcode ini:

[google-calendar-events id=”1″]

hasil tampilan plugin google calendar events

Ada beberapa pilihan lain yang tersedia dengan shortcode tersebut. Misalnya Anda dapat memilih untuk memiliki tampilan berbasis grid atau tampilan list yang sederhana atau grid bergaya ajax. Anda dapat menggabungkan kalender yang berbeda ke dalam 1 grid dengan menambahkan beberapa id di shortcode di atas. Anda juga dapat memilih untuk menampilkan judul feed dan mengkonfigurasi pilihan lainnya. Untuk list lengkap dari pilihannya, Anda bisa cek panduan plugin Google Calendar Events.

Plugin ini dilengkapi dengan widget bagi mereka yang ingin menampilkan widget kalender yang menampilkan semua event dan kejadian. Widget tidak akan muncul di daerah Widgets Anda kecuali Anda menambahkan feed kalender. Setelah feed kalendar ditambahkan, Anda dapat menambahkan widget Google Calendar Events di area widget atau sidebar mana saja. Widget memiliki pilihan konfigurasi yang sama seperti shortcode di atas.

widget google calendar events

Untuk mengubah tampilan kalender, Anda perlu memberikan URL style sheet Anda sendiri pada halaman setting plugin. Buka Plugins > Editor, pilih Google Calendar Events dari menu dropdown, klik Select lalu klik google-calendar-events/css/gce-style.css dari daftar file.

css google calendar events

Salin isi dari gce-style.css dan paste ke dalam sebuah file .css baru. Upload file ini ke server Anda, dimana saja tetapi di dalam direktori Google Calendar Events. Sekarang edit file css baru ini untuk mengubah tampilan kalender.

Website komunitas kecil, situs pemerintah daerah, situs perusahaan, situs tur sebuah band musik dan situs lainnya mungkin akan berguna dengan menambahkan kalendar ke dalam situs mereka. Kalendar ini dapat digunakan untuk mengatur event dan memberitahukan dunia apa yang akan terjadi. Ada banyak cara lain untuk menambahkan kalendar ke dalam situs WordPress. Bagaimana Anda melakukannya di situs Anda? Kami harap Anda mau share lewat komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat! 😉

1 COMMENT

  1. Artikelnya bagus, saya cari cari untuk menampilkan jadwal acara saya di widget. terima kasih

Leave a Reply