Cara Menambahkan Konverter Mata Uang Di WordPress

Cara Menambahkan Konverter Mata Uang Di WordPress

0 248
tampilan currencyr

Dalam melakukan bisnis, apalagi bisnis produk online dengan pasar di seluruh dunia, konverter mata uang sangat diperlukan karena tidak semua negara menggunakan mata uang US$ (dolar Amerika). Ketika ada yang membeli produk di website Anda, pembeli tersebut mungkin bertanya-tanya berapa harga produk tersebut di dalam mata uang mereka. Nah, pada artikel ini akan menunjukkan bagaimana Anda dapat menambahkan konverter mata uang di situs WordPress, sehingga pengguna dengan mudahnya dapat melakukan konversi mata uang dan mengetahui harga produk dengan mata uang mereka.

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin WordPress bernama Currencyr. Setelah diaktivasi, akan ada sebuah menu bernama menu Currencyr di sidebar admin Anda. Pada halaman setting Currencyr, Anda dapat memilih mata uang utamanya (defaultnya adalah Dolar Amerika Serikat). Anda juga dapat memilih penyedia data yang ingin digunakan, pilihan default-nya adalah Yahoo! Finance, tetapi Anda juga dapat memilih Google, Foxrate, European Central Bank atau Open Exchange Rates.

setting plugin currencyr

Anda mungkin tidak ingin mengambil data terlalu banyak karena hal ini dapat memperlambat server hosting Anda. Pada halaman setting, Anda dapat memilih berapa kali Anda ingin melakukan update data mata uang. Disarankan Anda melakukannya 2x sehari.

Menambahkan Konverter Mata Uang di WordPress

Plugin Currencyr hadir dengan widget yang Anda dapat tambahkan ke sidebar WordPress. Widget tersebut nantinya akan menampilkan rate mata uang untuk mata uang yang sudah Anda tentukan. Widget ini juga menampilkan konverter mata uang yang dapat digunakan untuk mengkonversi ke mata uang lainnya.

widget currencyr

Selain widget, Anda juga dapat menambahkan konverter mata uang ke dalam postingan menggunakan shortcode. Misalnya, jika Anda ingin mengkonversi nilai $135 USD ke GBP, Anda perlu menambahkan shortcode berikut:

[currencyr amount=135 to=gbp]

Jika Anda ingin mengubah nilai $135 USD ke beberapa mata uang, Anda bisa menggunakan shortcode seperti ini:

[currencyr amount=139.99 to=eur|cad|aud]

Anda juga dapat mengganti mata uang utama menggunakan shortcode seperti ini:

[currencyr amount=139.99 from=cad to=gbp|eur]

tampilan currencyr

Ada banyak tool lainnya untuk mengkonversi mata uang di luar sana. Beberapa provider informasi Forex memungkinkan Anda untuk memasang tool konverter di website Anda, namun kebanyakan dari mereka mungkin bisa memperlambat website Anda sehingga pengunjung jadi merasa lebih lambat ketika mengakses situs Anda. Dengan solusi ini melalui plugin tersebut memungkinkan Anda untuk menambahkan konverter mata uang di situs WordPress tanpa memperlambat situs Anda. Kami berharap bahwa artikel ini dapat membantu mereka yang sedang ingin menambahkan konverter mata uang di WordPress. Jika Anda punya tool lainnya, share aja melalui komentar di bawah ini 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply