Cara Menambahkan Tab Di Konten WordPress

Cara Menambahkan Tab Di Konten WordPress

0 705
menambah tab konten di wordpress
menambah tab konten di wordpress

Apakah kamu ingin membagi postingan ke dalam tab untuk menghemat ruang dan membuat pengunjung menjadi lebih mudah untuk menemukan yang mereka cari? Artikel kali ini akan menunjukkan cara bagaimana menambahkan tab di konten posting atau page WordPress.

menambah tab konten di wordpress
menambah tab konten di wordpress

Pertama, kamu perlu menginstal dan mengaktifasi plugin bernama Tabs Shortcode and Widget. Plugin ini langsung dapat berjalan setelah diaktifasi, sehingga kamu tidak perlu melakukan setting terlebih dahulu.

Cukup buat posting yang baru dan di halaman edit post, kamu akan melihat tombol shortcode baru. Klik di tombol tersebut untuk memunculkan menu.

tombol plugin tab shortcode
tombol plugin tab shortcode

Klik pada pilihan Tabs layout pada menu yang muncul dan akan muncul tampilan editor tab.

editor plugin tab
editor plugin tab

Pilihan pertama pada editor tab ini adalah memilih jumlah tab yang ingin ditampilkan. Lalu kamu bisa memilih jenis layout. Plugin ini mendukung tampilan tab berupa horizontal dan vertikal. Kemudian kamu perlu memberikan judul di setiap tabnya dan memilih ikon yang diinginkan, lalu mengisi konten di tab masing-masing.

Lakukan semua proses tadi di setiap tab. Pilihan terakhir dari plugin ini pada popup adalah menambahkan class CSS kustom. Jika kamu ingin mengganti tampilan tabnya, maka kamu harus memasukkan class CSS di sini.

Setelah semua proses tadi dilakukan, kamu bisa melihat live preview dari tab yang kamu kustom di sebelah kanan. Jika kamu sudah selesai mengkustom, klik tombol Insert untuk menambahkan tab ke dalam posting WordPress.

Save dan lihat posting kamu dan kamu akan melihat tab di dalam posting baru tadi.

Menambahkan Widget Tab di WordPress

Plugin ini juga menyediakan widget untuk menambahkan konten bertab ke dalam sidebar WordPress kamu. Buka menu Appearance > Widgets dan tambahkan OTW Shortcode Widget ke dalam sidebar.

tabbed widget
tabbed widget

Pada area setting widget, klik tombol Add untuk menambahkan tab layout. Kamu akan dibawa ke tab editor yang sama seperti yang kamu buat tadi di posting sebelumnya. Cukup buat tab menggunakan tampilan tadi dan tambahkan ke dalam widget. Terakhir, klik tombol Save untuk menyimpan setting widget.

Sekarang kamu bisa melihat preview situsmu untuk melihat widget konten bertab tadi.

Selamat mencoba! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply