Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk

Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk

0 49
bad sector pada harddisk

Ketika Anda menggunakan komputer, harddisk bisa saja mengalami bad sector. Bad sector adalah bagian dari drive yang tidak dapat lagi digunakan. Ketika bad sector ditemukan, harddisk tidak akan lagi menulis data ke daerah tersebut. Gunakan fitur utilitas “Windows Disk Checking” untuk menscan bad sector pada harddisk Anda untuk menghindari kehilangan data.

Cara Mengecek Bad Sector

  1. Klik “Start” dan klik “Computer” pada Windows Vista dan 7 atau “My Computer” pada Windows XP.
  2. Klik kanan di salah satu drive Anda, misalnya D: dan pilih “Properties”.
  3. Klik tab “Tools” dan klik tombol “Check Now” di bagian atas jendela, di bawah “Error-Checking” untuk memunculkan utilitas Windows Disk Checking.
  4. Berikan tanda ceklis pada “Automatically Fix File System Errors” dan “Scan for and Attempt Recovery of Bad Sectors”.
  5. Klik “Start”. Anda mungkin akan menerima peringatan yang menjelaskan bahwa Windows membutuhkan akses langsung ke harddisk Anda untuk melakukan scan dan menanyakan apakah Anda ingin menjalankan scan pada saat
  6. Anda me-restart komputer. Klik “Yes”. Scan akan dilakukan setelah Anda merestart komputer. Seluruh prosesnya otomatis.

bad sector pada harddisk

Tips & Peringatan

Kebanyakan produsen harddisk memberikan software utilitas yang dapat dijalankan dari disket atau CD-ROM untuk mengecek error dan bad sector pada harddisk Anda. Kunjungi website produsen harddisk Anda untuk melihat apakah mereka menyediakan software utilitas untuk harddisk Anda. Software utilitas ini umumnya dapat menjalankan diagnosa yang lebih detail pada harddisk untuk memberikan petunjuk tambahan.

NO COMMENTS

Leave a Reply