Apakah Anda sedang ingin mengetahui nama database WordPress Anda? Mungkin Anda ingin mengubah password user login WordPress tapi tidak tahu database apa yang perlu diubah tabelnya. Artikel ini akan mencoba untuk membantu Anda dalam mengetahui nama database situs WordPress Anda.

Katakanlah saat ini Anda punya 20 website di server hosting Anda. Hal ini akan menjadi masalah kecil ketika ingin mengedit detail dari user tertentu karena Anda perlu mengetahui database apa yang akan digunakan untuk merubahnya. Anda mungkin bisa saja melihatnya satu per satu tapi hal ini akan menghabiskan waktu Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah buka root dari situs Anda lalu cari file bernama wp-config.php. File ini akan menunjukkan nama databasenya.

Mengetahui Nama Database WordPress

1. Login ke dalam cPanel hosting Anda.

2. Scroll mouse ke bawah sampai pada bagian “Files” dan cari ikon “File Manager”. Klik 2x pada ikon tersebut. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat screenshot di bawah ini.

file manager

3. Setelah klik 2x pada ikon tersebut, akan muncul jendela “File Manager Directory Selection”. Pada jendela ini ada 3 hal yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Pilih pada “Document Root for”
  • Berikan tanda centang pada “Show Hidden Files (dotfiles).”
  • Pilih situs yang diinginkan pada menu dropdown

4. Setelah melakukan 3 hal tersebut, saatnya Anda mengklik tombol “Go”.

file manager directory selection

5. Setelah itu cari file wp-config.php Anda dan sorot pada file tersebut.

6. Lalu klik kanan dan pilih “View”.

pilih view

7. Pada tab baru yang terbuka Anda akan melihat sesuatu contohnya seperti ini: (‘DB_NAME’, ‘mydb_wrdp11′)

8. Itu artinya adalah nama database situs Anda adalah mydb_wrdp11.

Incoming search terms:

I'm an enthusiast in new technologies and improvement in the IT field especially web. In addition I'm a fan of football and SEO. I love good foods, doing sports, watching movies, listening musics, travelling, online business and surfing internet.

1 COMMENT

  1. makasih gan, barusan googling. kirain ga ada yang share ginian. ternyata ada. makasih :)

Leave a Reply