Cara Mengetahui Versi Linux CentOS

Cara Mengetahui Versi Linux CentOS

0 765
centos logo

Jika Anda sedang mencari-cari info bagaimana cara mengetahui versi CentOS yang saat ini digunakan, maka Anda tepat sekali datang ke situs ini 🙂 Untuk mengetahuinya, Anda bisa memakai perintah-perintah di bawah ini.

Mengecek Versi CentOS

Cara termudah mengetahui versi CentOS adalah melalui Terminal. Login ke dalam server CentOS Anda menggunakan SSH atau me-remote server menggunakan TeamViewer/VNC. Setelah berhasil masuk ke server, buka terminal (jika di-remote) atau command line di komputer Anda (jika login via SSH) dan jalankan perintah berikut ini:

Atau bisa juga menggunakan perintah ini:

Hasilnya akan seperti ini:

CentOS release 6.2 (Final)

Cara Mengetahui Versi Kernel

centos logoSekarang Anda sudah tahu versi CentOS, jika Anda mungkin ingin mengetahui versi kernel yang sekarang sedang dijalankan di server CentOS. Anda bisa menjalankan perintah berikut:

Hasilnya akan seperti ini:

Linux office.rackaid.net 2.6.32-220.2.1.el6.x86_64 #1 SMP Fri Dec 23 02:21:33 CST 2011 ×86_64 ×86_64 ×86_64 GNU/Linux

Itulah kernel yang sedang berjalan di server Anda. Mungkin saja ada kernel terbaru yang sudah diinstal di server Anda tapi saat ini tidak sedang dijalankan. Anda bisa mengetahui list kernel yang sudah terinstal dengan perintah yum atau rpm. Anda juga bisa mengetahui kernel mana yang akan dipakai saat booting dengan mengecek file di /etc/grub.conf.

Jika Anda mempunyai server CentOS, ide bagus untuk selalu menjaga versi terupdate dari CentOS. Caranya Anda bisa mengikuti info terupdate dari situs CentOS.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply