Cara Menghapus Cache Aplikasi Android

Cara Menghapus Cache Aplikasi Android

1 3807
pilih applications gingerbread

Menghapus Cache Aplikasi Android – Perangkat Android memerlukan pemeliharaan yang rutin agar performanya tetap terbaik, seperti komputer Anda. Google Play memiliki banyak aplikasi utilitas yang menjanjikan smartphone menjadi lebih cepat dengan daya tahan baterai yang lebih baik. Tapi Anda mungkin tidak memerlukan aplikasi tersebut, ada cara untuk menjaga kesehatan smartphone Anda secara keseluruhan hanya menggunakan fungsi bawaan Android.

Salah satu fungsi yang berguna, yaitu menghapus cache. Fungsi ini akan menghapus file-file temporary pada aplikasi tertentu, ruang penyimpanan menjadi lebih lega dan bahkan bisa menyelesaikan masalah dengan aplikasi tersebut. Jika Anda melihat pop up force close suatu aplikasi, coba kosongkan cache. Berikut adalah cara menghapus cache aplikasi Android.

Menghapus Cache Aplikasi di Android 2.3 (Gingerbread)

Buka halaman Settings smartphone Anda. Anda bisa mencari ikon Settings pada drawer aplikasi atau tekan tombol Menu dan membukanya dari sana.

Lalu pilih Applications.

pilih applications gingerbread

Selanjutnya tekan pada Manage applications.

manage applications gingerbread

Sekarang cari aplikasi yang ingin cache-nya dibersihkan. Biasanya ada pada tab Downloaded. Jika sudah ketemu yang ingin dibersihkan cache-nya, klik pada aplikasi tersebut.

tab downloaded gingerbread

Pada layar berikutnya, scroll ke bawah dan klik tombol Clear cache. Jika tombolnya berwarna abu-abu, berarti tidak ada data yang perlu dihapus.

Menghapus Cache Aplikasi di Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Buka Settings dan pada bagian Device, tekan Apps.

pilih apps ice cream sandwich

Lalu tekan pada aplikasi yang ingin dihapus cache-nya. Pada contoh di bawah ini kami memilih Google Chrome. Scroll ke bawah dan tekan tombol Clear cache.

Aplikasi umumnya menumpuk cache dari waktu ke waktu termasuk aplikasi web browser, aplikasi jaringan sosial dan aplikasi berbagi foto serta video. Aplikasi game juga ada yang punya cache.

Catatan: Dengan menghapus cache tidak menghapus apapun dari aplikasi Android tersebut.

1 COMMENT

  1. Waah lengkap banget tutornya, bisa nambah kenceng kinerja andro nih, bermanfaan banget blog anda, terimakasih

Leave a Reply