Cara Menyembunyikan Teks Di Dalam Gambar

Cara Menyembunyikan Teks Di Dalam Gambar

0 309
teks yang tersembunyi

Terkadang menyembunyikan informasi yang sensitif dari tatapan mata bisa menjadi cara terbaik untuk menyembunyikannya. Dan komputer Anda tentunya punya banyak file gambar, kenapa tidak menggunakan salah satu dari mereka untuk menyembunyikan teks tanpa mempengaruhi file gambar tersebut dan menimbulkan kecurigaan?

File gambar bisa menyembunyikan teks tanpa mempengaruhi ukuran file mereka terlalu banyak. Teknik ini disebut sebagai steganografi dan dengan teknik itu Anda bisa menyembunyikan teks di dalam gambar tanpa diketahui oleh orang lain. Berikut 2 cara melakukannya – yang pertama adalah yang termudah dan cara yang kedua terlalu geek.

Cara Mudahnya – Menggunakan ImageHide

ImageHide adalah sebuah software gratis untuk menyembunyikan teks di dalam gambar. Software ini tidak perlu diinstal sehingga Anda bisa langsung menjalankannya lewat flashdisk atau menyimpannya di Dropbox dan menjalankannya dari sana. Setelah membuka aplikasinya, klik “Load Image” dan pilih gambar yang ingin digunakan. Format gambarnya bisa apa saja tetapi hasil gambarnya berupa format PNG atau BMP.

ImageHide memuat gambar

Setelah gambar dimuat, ketikkan atau paste teks yang ingin disembunyikan di kotak pengisian bagian bawah. Lalu klik tombol “Write Data” di menu atas. Anda akan mendapatkan pesan konfirmasi di status bar di bagian bawah jendela.

ImageHide menginput teks

Agar lebih aman, kami menyarankan untuk menggunakan fitur Encrypt. Klik tombol “Encrypt” dan akan terbuka jendela baru, lalu klik tombol “Encrypt” lagi dan masukkan password.

ImageHide encrypt

Untuk melihat teks yang disembunyikan, cukup buka aplikasi ImageHide dan load gambar.

ImageHide membaca data

Cara Geek

Sekarang untuk cara geeknya, dimana Anda akan menyembunyikan teks di dalam file JGP. Kami sarankan menggunakan folder di root harddisk Anda untuk menghemat waktu. Contohnya kami menggunakan folder di C:\Temp.

Buka Notepad, kasih 2 baris kosong pertama dan ketikkan teks yang ingin disembunyikan. Lalu save di folder yang Anda pilih.

menyembunyikan teks

Sekarang, copy file JPG yang akan dipakai untuk menyembunyikan gambar di folder yang sama dengan file Notepad tadi. Foldernya sekarang akan terlihat seperti ini.

menyembunyikan teks di folder gambar

Sekarang buka Command Prompt dan gunakan perintah cd.. untuk pergi ke folder tadi yang berisi 2 file. Dalam kasus ini, kami pergi dengan perintah cd temp.

Setelah masuk ke dalam direktorinya, ketikkan perintah di bawah ini.

copy /b NamaFileGambarAnda.jpg + NamaFileNotepadAnda.txt NamaFileHasil.jpg

perintah command prompt

Sekarang lihat di dalam direktori tadi dan Anda akan melihat file baru di sana.

hasil file baru

Sekarang jika Anda ingin melihat teks yang tersembunyi di dalamnya, buka hasil file gambar baru tersebut dengan Notepad dan geser mouse sampai ke bawah sampai menemukan teks seperti gambar di bawah ini.

teks yang tersembunyi

Dengan menggunakan cara geek mungkin akan lebih rahasia ketimbang cara mudah sebelumnya jika seseorang di komputer Anda tahu program seperti ImageHide, tapi seperti yang kami katakan cara kedua pastinya lebih geek 😀 Selamat mencoba! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply