Cara Share Google Analytics Dengan Pengguna Lain

Cara Share Google Analytics Dengan Pengguna Lain

1 213
menambahkan user baru analytics

Mengundang pengguna lain untuk mengintip statistik web tertentu di akun Google Analytics Anda mungkin akan berguna saat Anda menjual web dan pembeli ingin melihat statistik web tersebut. Atau juga Anda bekerja pada proyek SEO webnya klien dan klien perlu mengetahui hasil SEO Anda dengan mengundang mereka masuk ke dalam Analytics Anda ataupun alasan lainnya. Cara mudahnya memang Anda cukup memberikan username dan password untuk klien tapi masalahnya di privacy.

Artikel ini akan memberikan tutorial singkat untuk menambahkan pengguna baru ke dalam akun Google Analytics Anda sehingga dia dapat mengakses data web tertentu dan tentu saja cara menghapusnya setelah ditambahkan.

Caranya:

Login ke dalam akun Analytics Anda dan klik Admin di bagian kanan atas. Di sini Anda akan melihat semua properti (Accounts) yang sudah dibuat pada akun Anda. Klik pada nama akun tertentu yang ingin dishare dengan pengguna lain seperti pada gambar di bawah ini.

menambahkan user baru analytics

Klik pada tab Users dan di sini Anda bisa menambahkan user baru dengan akses tertentu. Di sini juga Anda bisa melihat list pengguna yang punya akses ke data Google Analytics Anda. Kabar baiknya, ketika Anda menambahkan user baru, Anda bisa menentukan profil mana yang hanya bisa dia akses.

Contohnya: Kami punya sebuah account name, Ilhamsk blog Network, yang mana account ini punya beberapa profil seperti Ilhamsk.com, ContohRumahMinimalis.com, TamanRumah.org dan lain-lain. Sekarang, kami perlu memberikan akses hanya ke data Ilhamsk.com. Kami akan memilih profil tersebut lalu menambahkan pengguna dengan akses tertentu. Yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Ketika menambahkan pengguna baru sebagai admin, dia akan punya akses penuh ke sebuah account, tidak hanya 1 profil. Pada kasus ini, account name kami adalah Ilhamsk blog Network.
  • Ketika menambahkan pengguna baru sebagai user role, Anda bisa memilih profil mana yang hanya bisa dia akses.

user dan role analytics

Selamat mencoba! 😉

1 COMMENT

Leave a Reply