Chrome Remote Desktop: Alternatif Google Untuk TeamViewer

Chrome Remote Desktop: Alternatif Google Untuk TeamViewer

0 220
chrome browser cake

Bagi kami, TeamViewer selalu menjadi senjata pilihan ketika kami perlu memecahkan masalah di komputer secara remote/jarak jauh. Meskipun ada banyak software yang menawarkan akses remote dengan mudah, bahkan bawaan yang ada di Windows 7 itu sendiri, kami hanya perlu software yang user friendly dan bisa melakukan pekerjaan remote secara cepat dalam beberapa menit. Dan ternyata Google mungkin memperhatikan kebutuhan tersebut dan merilis extension Chrome stabil pertamanya, yaitu Chrome Remote Desktop.

Extension Chrome Remote Desktop dikembangkan oleh Google sendiri yang sangat kompatibel dengan browser Chrome dan komputer yang menggunakan sistem operasi Chrome (seperti laptop Chromebook). Selama komputer dilengkapi dengan browser Chrome, extension Chrome Remote Desktop dapat berjalan. Walaupun semua sistem operasi dianggap kompatibel, beberapa fiturnya hanya aktif pada versi yang lebih baru. Berbicara tentang fitur dari extension tersebut, inilah yang Google tawarkan:

chrome browser cake

Cara Kerja Chrome Remote Desktop

Ketika browser Chrome sudah terinstal di sistem operasi Windows, Mac dan Linux, Chrome Remote Desktop menawarkan kemampuan bantuan, sementara hak penuh kontrol desktop hanya akan diberikan kepada pengguna yang menggunakan OS Windows Vista dan Mac OS X 10.6, atau versi di atasnya. Hal terbaiknya dari extension ini adalah tidak ada aplikasi pihak ketiga yang harus diinstal, kecuali extension Chrome itu sendiri. Berikut cara menggunakan Chrome Remote Desktop:

  1. Anda mungkin perlu membuat akun Google jika belum punya, jika sudah ada, silahkan lewati langkah 1 ini.
  2. Login ke dalam akun Google Anda dan download serta instal browser Google Chrome (jika belum ada), pada komputer yang akan melakukan remote dan yang ingin di-remote. Saat menginstalnya, pastikan untuk memberikan hak akses yang diminta.
  3. Jalankan extension tersebut dan pilih Remote Assistance untuk dukungan teknis yang terbatas atau My Computers untuk akses desktop secara lengkap.
  4. Pada komputer yang ingin di-remote, klik tombol Share dan berikan kode yang muncul di layar pada orang yang menggunakan komputer untuk me-remote.
  5. Pada komputer yang melakukan remote, masukkan kode tadi dan klik tombol Connect.
  6. Ikuti petunjuk di layar sampai koneksi remote berhasil tersambung dan Anda sudah dapat melakukan remote komputer.
Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat videonya di sini.

remote komputer dengan chrome remote desktop

tombol share chrome remote desktop

kode chrome remote desktop

memasukkan kode chrome remote desktop

pilihan screen options chrome remote desktop

Kesimpulan

Dengan adanya extension Chrome untuk remote komputer, yaitu Chrome Remote Desktop, Anda tidak perlu menginstal software lainnya yang memakan ruang kosong harddisk karena Chrome Remote Desktop adalah extension dari browser Chrome. Dengan extension ini, Anda bisa mengakses komputer lain atau memberikan orang lain mengakses komputer Anda secara aman melalui internet.

Download Chrome Remote Desktop (21,8 MB)

NO COMMENTS

Leave a Reply