Kesalahan Terbesar Saya Dengan Google Adsense

Kesalahan Terbesar Saya Dengan Google Adsense

6 386
adsense ditahan

Ingin tahu kesalahan terbesar saya di Google Adsense? Seperti kebanyakan blogger lainnya saya mulai memonetisasi blog dengan Google Adsense. Setelah 2 setengah bulan eksis di blog, saya mencoba mendaftar Google Adsense. Dan senangnya saya diterima dan mulai menjadi publisher di Adsense.

Saya sangat senang, meskipun begitu saat itu Google Adsense masih belum menerima situs dengan konten berbahasa Indonesia seperti sekarang ini. And it’s not problem for me 🙂

Saya mulai memasukkan kode Google Adsense di dalam blog. Hari-hari berlalu, mulai sangat senang karena melihat penghasilan di Google Adsense mulai nanjak ke atas. Meskipun kenaikan per harinya cukup kecil, kegembiraan mendapatkan penghasilan pasif adalah sesuatu yang bisa membuat saya tersenyum dan menjadi inspirasi untuk lebih rajin nge-blog 😀 Di sini saya mau share kesalahan terbesar dengan Google Adsense yang siapa tahu bisa membantu para blogger newbie.

Kejutan Google Adsense

Setelah 1 setengah bulan atau pada saat saya mengharapkan cek pembayaran pertama dari Google Adsense yang saat itu sudah menyentuh batas pembayaran sebesar US$ 100. Terkejut saat mengunjungi blog karena menemukan Public Service Advertisements (PSAa) di sana.

Mungkin ini adalah cara Google untuk membuat publisher-nya shock dan terkagum 😀 Ketika login ke dalam akun Adsense, menemukan pesan seperti ini:

Your pages are displaying Public Service Advertisements (PSAs) because you haven’t yet verified your PIN and/or phone number. See the Payment History page for more details

Ketika sedikit menjelajahi akun Adsense, saya menemukan bahwa Google sudah mengirimkan sebuah PIN (Personal Identification Number) menggunakan kiriman surat pos pada 1 bulan 8 hari yang lalu. Sayangnya, surat pos itu belum sampai di rumah. Selain itu, tidak ada juga komunikasi email dari Google tentang masalah ini. Dan sekarang akun saya ditahan sampai verifikasi sudah dilakukan. Masalah terburuknya, jika tidak bisa menyelesaikan hal ini dalam waktu kira-kira 1 bulan, saya harus menunggu lebih lama lagi untuk menerima cek pembayaran tersebut.

adsense ditahan

Kenapa PIN diperlukan?

Google mengirimkan PIN ke alamat yang Anda berikan pada saat pendaftaran Adsense. PIN yang sudah diterima perlu disampaikan kembali ke Google dari akun Google Adsense. Begitu Google menerima PIN yang benar, artinya bahwa informasi kontak yang diberikan oleh Anda adalah akurat dan mereka bisa mengeluarkan cek pembayaran ke alamat rumah Anda yang sudah diverifikasi tadi.

Apa bagian yang paling menjengkelkan di sini?

Setelah akun Anda ditahan, Anda tidak bisa menghasilkan uang sepeser pun. Selain itu Google tidak pernah mengirimkan email apapun jika mereka sudah mengirimkan PIN ke alamat pembayaran. Jadi, Anda perlu mengunjungi akun Google Adsense secara teratur untuk mengetahui informasi dan peringatan yang ada.

Dan juga Anda tidak bisa melacak surat pos yang mereka kirimkan. Dan seluruh proses tersebut merupakan salah satu yang memakan waktu yang tidak sebentar. Jika Anda tidak menerima PIN, bisa melakukan request untuk pengiriman PIN berikutnya tetapi hanya setelah 3 minggu dari tanggal generate PIN sebelumnya.

Bagaimana menghindari pembayaran yang ditahan?

Tunggu akun Adsense Anda sampai melewati batas verifikasi, yaitu pada saat mencapai lebih dari atau sama dengan US$ 10. Setelah akun Anda mencapai batas ini Google akan mengirimkan sebuah surat pos. Surat pos tersebut didalamnya berisi PIN Anda yang nantinya setelah diterima, harus dikirimkan balik dengan cara login ke dalam akun Adsense.

Jika surat pos belum sampai juga ke alamat rumah dalam waktu 1 bulan, lakukan request PIN baru lagi. Google akan mengirimkan PIN melalui surat pos hanya sampai 3 kali. Jika Anda tidak menerima surat pos tersebut sampai yang ketiga kalinya, akan muncul sebuah link di akun Adsense. Google akan menanyakan Anda untuk mengirimkan salinan digital dari bukti alamat rumah yang sah. Setelah Google menerima salinan tersebut, mereka akan menghapus status penahanan akun Anda secara manual.

Jadi, jika Anda seorang publisher baru di Google Adsense dan belum menerima PIN, lakukan secepatnya sebelum akun Anda ditahan.

Semoga bermanfaat! 😉

6 COMMENTS

  1. saya mengalami hal yang sama seperti bapak, sudah 3 bulan jadi publisher GA namun masih blm tembus 100 dollar, saat ini status billing dalam kondisi “hold”, dan saya juga belum terima PIN dari google via POS, kira apa yg harus saya lakukan apakah tunggu hingga 100 dollar dulu baru minta pengiriman PIN kembali atau bagaimana ya…
    makasih sebelmnya
    salam
    roni

  2. sebaiknya mas roni login ke akun dulu biar tahu tanggal berapa google generate pin. jika lebih dari min 3 minggu ato sampai 1 bulan, surat pos ga dteng, sebaiknya request lagi pengiriman utk ke2 kalinya, semoga membantu 😉

  3. Untuk wilayah pelosok seperti posisi saya memang pengiriman surat adsense agak-agak sangat telat. kurang tahu kenapa, apakah pak posnya yang bingung atau bagaimana…

Leave a Reply