Perbedaan Laptop, Notebook Dan Netbook

Perbedaan Laptop, Notebook Dan Netbook

0 117
perbedaan laptop notebook dan netbook

Seiring dengan perkembangan negara-negara maju, teknologi saat ini juga semakin berkembang. Anda mungkin tahu mulai dari komputer zaman dulu yang bisa menghabiskan 1 ruang sampai dengan adanya laptop. Percaya atau tidak, perkembangan teknologi saat ini lebih kepada ukuran dan kualitas. Hardware atau gadget yang dulunya berukuran besar, saat ini menjadi lebih kecil dan canggih.

Efisiensi, itulah mungkin tujuan Anda membeli barang 🙂 Semakin kecil sebuah perangkat maka akan semakin mudah dibawa kemana-mana. Inilah yang dapat membuat orang menjadi lebih produktif dan inovatif dalam bekerja. Tidak berbeda dengan produsen-produsen laptop yang berinovasi dan menciptakan karya-karya dengan ukuran lebih kecil dan efisien yang biasa disebut dengan notebook dan netbook.

perbedaan laptop notebook dan netbook

Bagi sebagian orang, perbedaan istilah tentang laptop, notebook dan netbook mungkin bukanlah hal yang besar. Tapi jangan salah, masih banyak orang yang bingung membedakan antara laptop, notebook dan netbook. Nah, pada artikel teknohere.com ini, kita akan membahas tentang perbedaan istilah tersebut, yang sebenarnya hanya mengacu kepada laptop.

Istilah laptop dan notebook lebih sering terdengar dan digunakan yang mengacu kepada komputer mobile. Seringkali istilah tersebut digunakan sehingga kebingungan antara ketiga istilah tersebut lazim kita temui. Nah, biar tidak salah lagi, yuk simak penjelasan dari istilah ketiga perbedaan teknologi tersebut.

  1. Laptop itu sendiri adalah istilah yang umum untuk notebook atau netbook. Jadi, laptop bisa diartikan sebagai notebook atau netbook. Asal katanya tetap sama yaitu mengacu pada komputer yang digunakan di pangkuan.
  2. Dari segi ukuran, netbook berukuran lebih kecil dari notebook. Netbook biasanya berukuran 7-12 inci, meskipun saat ini ada netbook berukuran 14 inci tetapi biasanya tidak layak lagi untuk disebut netbook. Sedangkan notebook itu sendiri ukurannya lebih besar, biasanya mulai dari 12 inci ke atas.
  3. Dari segi performa, netbook biasanya dirancang untuk melakukan pekerjaan yang ringan seperti bekerja dengan aplikasi Word, Excel, PowerPoint, internetan, bermain game dan lain-lain. Sedangkan notebook menawarkan performa yang lebih baik contohnya notebook punya kecepatan mengolah data lebih cepat dan kemampuan multimedianya yang handal. Jika Anda hobi mengedit gambar atau video, bermain game 3D, notebook lebih cocok daripada netbook.
  4. Dari segi harga, harga netbook biasanya murah sekitar 2 jutaan sedangkan notebook berada dalam kisaran 4 jutaan dengan spek di atas standar.
  5. Dari segi pengguna, notebook lebih cocok dipakai oleh orang-orang yang ingin bekerja maksimal seperti editing video, gambar dan pekerjaan desain kreatif lainnya. Sementara netbook lebih cocok untuk pengguna yang bekerja ringan seperti pengolahan data, browsing internet dan menonton video.

  6. Untungnya memakai notebook adalah punya tempat untuk memutar CD atau DVD dan kompatibel dengan berbagai hardware. Kekurangannya adalah beratnya berkisar antara 3-4 kg dan daya tahan baterai yang mudah habis.

  7. Netbook punya kelebihan tersendiri seperti daya tahan baterai yang lebih tahan lama dan ringan dibawa-bawa. Kekurangannya terletak pada keterbatasan fitur di dalamnya. Selain itu, netbook tidak punya CD/DVD ROM sehingga diperlukan DVD eksternal.

Mungkin Anda masih bingung memilih antara notebook dengan netbook. Ada banyak sisi yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Pemilihan notebook atau netbook tergantung pada kebutuhan Anda sehari-hari. Jika Anda perlu bekerja engan tool yang lengkap, maka pilihlah notebook. Tetapi jika Anda hanya perlu untuk keperluan mobile dan trend, cobalah netbook.

NO COMMENTS

Leave a Reply