Anda ingin membuat aplikasi untuk smartphone Apple iOS? Google Android? BlackBerry? Symbian? Palm? Gunakan software PhoneGap.

Apa itu PhoneGap?

PhoneGap adalah sebuah kerangka kerja/framework open source yang dipakai untuk membuat aplikasi cross-platform mobile dengan HTML, CSS, dan JavaScript. PhoneGap menjadi suatu solusi yang ideal untuk seorang web developer yang tertarik dalam pembuatan aplikasi di smartphone.

PhoneGap juga merupakan solusi ideal bagi mereka yang tertarik untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat berjalan pada beberapa perangkat smartphone dengan basis kode yang sama. Artinya, cukup hanya dengan 1 kali koding saja, anda bisa membuat aplikasi untuk smartphone iPhone, Android, Blackberry, Symbian dan Palm. Tidak perlu koding secara terpisah, misal ingin membuat aplikasi untuk iPhone, saya perlu membuat koding untuk iPhone, untuk membuat aplikasi Android, saya perlu membuat koding Android dan seterusnya. Jadi, dengan PhoneGap ini bisa menghemat waktu anda dalam membuat aplikasi untuk beberapa smartphone dengan sekaligus dan seorang programmer/developer web juga bisa membuat aplikasi mobile, tidak hanya programmer Java dan lain-lain. Nah, hal ini bisa disebut dengan cross-platform karena PhoneGap dapat membuat aplikasi pada beberapa smartphone dengan hanya 1 koding. Menarik bukan?

Bagaimana cara kerja membuat aplikasi di PhoneGap?

Sederhananya, cukup dengan bahasa pemrograman HTML + CSS + Javascript anda sudah bisa membuat aplikasi untuk smartphone. Awalnya, anda buat seperti membuat web dulu, jika sudah jadi tampilan dan proses-prosesnya, tinggal di-build dengan PhoneGap maka jadilah aplikasi yang diinginkan untuk smartphone apa. Untuk mencobanya, bisa anda menggunakan emulator dari masing-masing Android SDK, iPhone SDK dan sebagainya atau bisa langsung dicoba di smartphone anda :)

Mari, mengenal PhoneGap

Aplikasi yang dibuat dengan PhoneGap tidak hanya seperti situs web mobile biasanya. Hasil aplikasi dari PhoneGap bisa berinteraksi dengan hardware yang ada di perangkat mobile, seperti Accelerometer atau GPS, tidak seperti aplikasi web secara normal. Aplikasi PhoneGap juga dibuat dan dikemas seperti aplikasi asli, yang artinya pembuat aplikasi bisa membagikan aplikasinya melalui Apple App Store atau Android Market.

Sekarang ini PhoneGap sudah mendukung sejumlah platform mobile yang berbeda-beda, yaitu:

  1. iPhone
  2. Android
  3. Blackberry
  4. Symbian
  5. Palm

Untuk ke depannya, platform mobile yang akan didukung oleh PhoneGap adalah:

  1. Windows Mobile
  2. MeeGo
  3. Bada

PhoneGap SDK menyediakan sebuah API, yaitu sebuah lapisan abstrak yang menyediakan pengembang dengan akses ke fitur perangkat keras dan platform tertentu. PhoneGap menjelaskan bahwa dengan kode yang sama dapat digunakan pada sejumlah platform mobile dengan sedikit perubahan koding ataupun tidak, yang membuat aplikasi anda dapat dipakai untuk kalangan pengguna yang lebih luas.

Fitur hardware yang didukung oleh PhoneGap API seperti:

  1. Geolocation
  2. Accelerometer
  3. Camera
  4. Compass
  5. Contact
  6. File
  7. Media
  8. Network
  9. Notification (alert)
  10. Notification (sound)
  11. Notification (Vibration)
  12. Storage

Persyaratannya apa saja jika ingin membuat aplikasi mobile dengan PhoneGap?

Jika ingin membuat aplikasi mobile dengan PhoneGap, anda harus terlebih dahulu menginstal SDK standar untuk platform mobile yang menjadi target untuk aplikasi anda. Karena PhoneGap akan menggunakan SDK tersebut ketika mengkompilasi aplikasi Anda untuk target platform tersebut. Jadi, jika anda ingin membuat aplikasi Android, sertakan dulu Android SDK-nya dan seterusnya :)

Jika ingin membuat aplikasi di Android, Anda butuh:

  • Android SDK
  • ADT Plugin for Eclipse
  • Eclipse
  • PhoneGap

Baca lebih lanjut tentang membuat aplikasi Android dengan PhoneGap menggunakan Eclipse, kunjungi link ini.

Jika ingin membuat aplikasi iPhnoe, anda butuh:

  • Komputer Apple berbasis Intel
  • iPhone SDK
  • Xcode
  • Mac OS X Snow Leopard

Baca lebih lanjut tentang membuat aplikasi iPhone + setingannya di sini.

Setelah men-download PhoneGap dan mengekstraknya, anda akan melihat beberapa folder terpisah untuk platform mobile tertentu. Tampilan gambar di bawah ini tidak selalu sama bergantung dengan versi PhoneGap yang digunakan.

Direktori Phonegap

Sumber: http://www.phonegap.com

Incoming search terms:

23 COMMENTS

  1. Saya msh kurang mengerti dengan kinerja phonegap ini.
    1. Pada dasarnya ini merupakan berbasis web, kemudian untuk penggunaan di mobile device dalam browser ato telah bisa di akses seperti aplikasi pada umumnya?
    2. Bila saya telah memiliki website (masih dalam HTML biasa) dan ingin membuat aplikasi cross platform, apakah harus membuat dari awal website tersebut?
    Terima Kasih.

  2. Mas infonya sangat menarik, sya ingin sedikit bertanya. Dengan phonegap kita cukup satu kali coding, tapi kenapa tools yang di gunakan untuk membuat aplikasi android dan iphone berbeda ?
    Terimakasih

  3. Kalau compile aplikasi Phonegapnya tanpa jasa build.phonegap.com bisa ga ya?

Leave a Reply