Sedikit Cerita Tentang PhoneGap

Sedikit Cerita Tentang PhoneGap

0 103

Suatu anugerah bagi mereka yang suka membuat aplikasi mobile dan suatu kesempatan besar bagi semua pengembang aplikasi mobile untuk menggali lebih dalam dunia aplikasi mobile. Karena hadirnya PhoneGap yang merupakan alat pengembangan baru yang tersedia untuk semua pengembang aplikasi mobile. Nitobi Inc., sebuah perusahaan yang berbasis di Kanada sudah mulai mengembangkan PhoneGap (saat tahun 2009), sebuah framework open source dengan lisensi MIT.Phonegap Framework

Andre Charland, seorang CEO Nitobi Inc., mengatakan bahwa PhoneGap adalah suatu development framework yang memungkinkan pengembang HTML dan JavaScript agar bisa membuat aplikasi mereka sendiri yang dapat memanfaatkan fitur asli dari smartphone iPhone, Android, BlackBerry, Palm dan Symbian. Software ini berjalan di iPhone, Android, Blackberry, Palm dan Symbian serta diharapkan untuk berjalan di semua platform lainnya juga.

Rob Ellis, salah satu pembuat PhoneGap mengatakan bahwa visi dari software ini adalah awalnya untuk “menulis satu basis kode dan membuatnya bekerja di semua tiga perangkat yaitu iPhone, Blackberry dan Android” yang merupakan perangkat dasar yang menjadi target membuat software ini. Ia juga menambahkan bahwa gagasan untuk menciptakan software ini muncul saat mereka menghadiri sebuah acara iPhoneDevCamp di San Fransisco.

Beberapa fitur yang didukung oleh PhoneGap saat ini adalah Geolokasi, Getaran, Accelerometer, Suara, Kontak, Kamera, Kompas, File, Penyimpanan, Rekaman Suara dan tim berencana untuk membawa lebih banyak lagi ke dalam Phonegap.

Seorang CEO dari perusahaan ini sudah mempublikasikan sebuah video kecil yang benar-benar menjelaskan apa itu PhoneGap dan mengapa itu diperlukan. Kita bisa tahu lebih banyak tentang software itu dan layanan lain yang disediakan oleh perusahaan itu di http://www.nitobi.com dan http://www.phonegap.com.

Saya ingin bilang kalau software ini benar-benar akan menciptakan sebuah revolusi dalam dunia aplikasi mobile yang akan menjadi sangat mudah bahkan bagi orang awam untuk membuat aplikasi sendiri dengan bantuan PhoneGap ini. Anda dapat mendownloadnya di http://www.phonegap.com/download-thankyou.

Image credit: http://www.flickr.com/photos/graft/1686452027/

NO COMMENTS

Leave a Reply