Setelah Diterima Google Adsense, Apa Yang Dilakukan?

Setelah Diterima Google Adsense, Apa Yang Dilakukan?

5 885
google adsense

Google Adsense sudah tidak asing lagi bagi kalangan blogger dan webmaster karena melalui Adsense, mereka bisa menghasilkan uang dari website. Jika Anda pernah mendaftar ke Google Adsense lalu di-approve oleh tim Google, saya ucapkan selamat untuk Anda 🙂 Tidak menutup kemungkinan masih ada yang belum tahu cara menggunakan Google Adsense karena antarmuka Adsense masih baru bagi mereka. Berikut ini sedikit tutorial dasar apa yang perlu dilakukan setelah akun Google Adsense di-approve oleh Google.

google adsenseSetelah akun Adsense di-approve, Anda perlu menaruh iklan Adsense ke website dengan membuat unit iklan Adsense sehingga Anda bisa menghasilkan uang dari iklan yang muncul di website. Penghasilan diukur berdasarkan klik yang terjadi pada iklan. Perlu diingat: Jangan pernah bercerita ke orang untuk mengklik iklan Anda karena hal ini melanggar privacy dan policy Google Adsense serta akun Anda akan di-banned karena adanya klik yang ilegal dan invalid. Jika Anda klik iklan sendiri atau menyuruh orang lain untuk mengklik, dalam waktu yang cepat Google akan mengetahuinya dan akan mem-banned akun Anda. Jadi, yang terpenting adalah bagaimana caranya membuat website menjadi populer sehingga punya pengunjung yang banyak, jika pengunjung sudah banyak maka kemungkinan besar ada yang mengklik iklan.

Setelah itu, tambahkan search engine Google versi Adsense ke website. Anda bisa saja memakai search engine bawaan dari template atau theme tapi disarankan untuk memakai Google Adsense for Search di website.Karena jika ada pengunjung melakukan pencarian dengan Google Adsense for Search, mereka akan melihat halaman hasil pencarian dan juga iklan Adsense sehingga kemungkinan bisa terjadi klik dan Anda dapat uang.

Jika Anda benar-benar newbie, cobalah cari tempat yang terbaik untuk menaruh iklan sehingga banyak yang mengklik. Mencari tempat yang terbaik untuk menaruh iklan merupakan suatu seni tersendiri dan jika diletakkan di bagian yang benar, Anda bisa menghasilkan secara maksimum dengan sedikit pengunjung.

Belum tentu juga, punya banyak pengunjung = banyak klik. Berdasarkan pemantauan, ada beberapa website dengan banyak pengunjung tapi menghasilkan sedikit uang. Dalam aturan Google Adsense, Anda hanya bisa menaruh 3 unit kotak iklan, 3 unit link dan 2 search bar di 1 halaman. Lain cerita bagi pemilik akun Adsense yang premium, mereka diperbolehkan untuk menaruh lebih banyak iklan di 1 halaman.

Selanjutnya adalah bagaimana caranya mengetahui dari website mana iklan Anda diklik. Anda bisa membuat Custom URL Channels di akun Adsense dan dengan cara ini akan membantu Anda untuk merekam dan memantau klik yang terjadi. Anda bisa juga mengasosiasikan akun Google Adsense dengan akun Google Analytics untuk merekam lebih banyak informasi seperti keyword apa yang digunakan oleh pengunjung sehingga menemukan halaman website Anda, jumlah traffic yang diperoleh tiap hari atau untuk merekam pengunjung online secara realtime.

5 COMMENTS

  1. Mau tanya nih, saya baru hari ini diterima google dan udah masang iklan pertama saya, tapi iklan’a blm muncul karena belum aktif katanya. Biasanya berapa lama yah harus nunggu sampe iklannya muncul?

Leave a Reply