Tips Membuat Website eCommerce Menjadi Lebih Menguntungkan

Tips Membuat Website eCommerce Menjadi Lebih Menguntungkan

0 222
situs ecommerce

Google Shopping, NexTag dan situs sejenis lainnya menerima feed produk Anda. Tidak hanya memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk penjualan, tetapi Anda bisa memperluas audiens Anda dan mencapainya secara signifikan serta membantu produk Anda diindeks oleh search engine.

Serius dalam Berbisnis

Halaman penting yang harus ada:

  • FAQ – Hindari menjawab pertanyaan umum melalui email dan alihkan pembeli langsung ke halaman FAQ jika mereka ada pertanyaan sebelum menghubungi Anda.
  • Return Policy – Dengan adanya halaman ini menunjukkan bahwa Anda memiliki kebijakan pengembalian barang sehingga membantu dalam meningkatkan kepuasan pembeli dan mengurangi beberapa kebingungan pembeli. Tips dalam menulis Return Policy, hindari kata-kata yang mengancam seperti “Kami menolak… atau Kami tidak akan bertanggung jawab…”, melainkan tetap sederhana dan jelas seperti apa kebijakan pengembalian barang yang Anda perlukan.
  • Privacy Policy – Pastikan bahwa pengunjung situs menyadari bahwa Anda tidak berniat untuk menjual kembali informasi pribadi mereka. Beberapa pengunjung situs sangat tertarik pada bagaimana Anda menggunakan informasi yang mereka berikan.

Kualitas Gambar atau Video

Kualitas gambar pada website Anda sangat penting untuk membantu penjualan produk.

situs ecommerceDisarankan menyewa fotografer profesional untuk kualitas gambar pada website. Namun, Anda juga bisa mengambil gambar sendiri, berikut adalah beberapa tips singkat untuk membantu Anda dalam hal tersebut:

  • Gunakan banyak cahaya, tetapi tidak pada pencahayaan langsung.
  • Cobalah untuk menghindari bayangan pada produk.
  • Gunakan latar belakang putih.
  • Mengambil semua gambar produk pada waktu yang sama, dengan menggunakan pencahayaan dan latar belakang yang sama.
  • Gunakan aplikasi pengeditan foto seperti PhotoShop untuk mengubah ukuran gambar.
  • Video yang berkualitas sama pentingnya. Video membantu pembeli untuk dapat merasakan bagaimana produk dapat dipakai atau mendengarkan testimonial pada produk. Posting video pada beberaoa situs sharing video seperti YouTube atau Vimeo. Lalu share video tersebut ke situs jejaring sosial.

Sediakan Tombol Sharing Sosial Media

Berikan tombol sharing sosial media, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Google + atau email di website eCommerce Anda agar pengunjung bisa lebih mudah membagikan produk yang disukainya kepada teman atau saudaranya.

Manfaatkan Channel Sosial Media

  • Facebook – Buat Facebook Fan Page untuk situs bisnis atau e-commerce Anda. Facebook memungkinkan Anda untuk mengirim gambar produk dan menyertakan link di dalam deskripsi gambar secara langsung pada halaman Fan Page.
  • Twitter – Buat profil Twitter dan sertakan link ke website Anda di bagian biodata. Manfaatkan hashtag dan buat list untuk orang yang tertarik dengan produk Anda.
  • Google+ – Buat profil Google+ (jika belum ada) dan buat halaman untuk bisnis Anda. Posting gambar, link dan review online produk Anda di sana. Cari individu untuk di-follow dan “Add to Circles”.

Tampilkan Biaya Tambahan di Awal

Jangan berikan biaya pengiriman sebagai langkah terakhir di dalam proses cart. Seseorang awalnya senang untuk membeli produk Anda dan setelah berada di proses cart terakhir yang mengetahui adanya biaya lainnya seperti biaya pengiriman dan lain-lain. Mereka mungkin akan kecewa melihat total harga yang dikira lalu meninggalkan situs tanpa menyelesaikan pesanan.

NO COMMENTS

Leave a Reply