Tutorial Kungfu Panda – Modeling Part II

Tutorial Kungfu Panda – Modeling Part II

0 169

Pada Tutorial Kungfu Panda – Modeling Part I, kita telah membuat badan Po. Pada tutorial kali ini kita akan memodifikasi kepala untuk membuat hidung, mata dan telinga Po.

1. Aktifkan seleksi “Edge”. Pada Left viewport, seleksi semua ruas vertikal di bagian kepala (lihat gambar di bawah ini). Lalu pada rollout “Edit Edges”, klik Connect. Ruas tersebut akan terbagi.

2. Ganti seleksi Edge ke seleksi Vertex. Lalu geser simpul, gunakan gambar di bawah ini sebagai acuan.

3. Sekarang kita akan buat hidung. Seleksi 2 poligon di bagian hidung. Tekan “Ctrl” ketika menyeleksi agar bisa menyeleksi banyak poligon. Pada rollout Edit Polygons, klik Bevel. Klik dan tarik agar Bevel bertambah sedikit di poligon ini. Lalu scale poligon menggunakan Select And Non-Uniform Scale sepanjang sumbu horizontal untuk mempersempit poligon. Kemudian tambahkan bevel lain.
4. Selanjutnya seleksi beberapa sumbu di bagian hidung (lihat gambar di bawah ini, pastikan sumbu di bagian belakang tidak terseleksi) dan geser ke atas dan ke bawah untuk membuat bentuk hidung yang lebih bagus.
5. Aktifkan seleksi Polygon. Pada Front viewport, seleksi setengah objek (sebelah kanan). Lalu hapus poligon tersebut. Nonaktifkan semua seleksi. Lalu gunakan Symmetry modifier. Pastikan Mirror Axis=X dan “Flip” aktif.
6. Selesai membuat hidung, sekarang kita akan membuat mata. Pada Modifier Stack, klik tanda plus (+) di sebelah kiri dari baris Editable Poly, lalu sorot seleksi Vertex. Di Front viewport, seleksi 1 vertex di bagian mata. Lalu di rollout Edit Vertices, klik tombol Chamfer. Klik dan tarik di chamfer vertex.
7. Sekarang ganti ke seleksi Edge. Seleksi 4 ruas dari hasil chamfering. Lalu di rollout Edit Edges, klik tombol Setting di sebelah kanan Extrude. Sebuah dialog box kecil akan muncul. Masukkan Extrusion Height = -5 dan Extrusion Base Width = 2. Klik OK.
8. Selanjutnya kita akan membuat telinga. Ganti ke seleksi Polygon. Di Left viewport, seleksi 1 poligon seperti gambar di bawah ini. Tambahkan Bevel ke poligon ini. Lalu pakai Select and Non-Uniform Scale untuk mengecilkan lebar poligon. Langkah berikutnya, Extrude poligon ini 2x. Ubah posisi sumbu agar membentuk telinga.
9. Sekarang kepala Po sudah selesai.
Kungfu Panda Tahap Modeling     Part 1 | Part 2 | Part 3 | Part 4 | Part 5

NO COMMENTS

Leave a Reply