10 Hal Yang Anda Perlu Tahu Tentang Bitcoin

10 Hal Yang Anda Perlu Tahu Tentang Bitcoin

0 174
bitcoin

Dalam postingan ini, kita mencoba mengenali beberapa 10 pertanyaan populer tentang Bitcoin untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang apa itu Bitcoin, apa yang bisa dilakukan dengannya dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membeli produk atau layanan online.

bitcoin

1. Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang tanpa kertas dan koin, lebih tepatnya mata uang digital. Dalam era internet dan digitalisasi, kita sudah pindah dari telepon ke panggilan VoIP, pertemuan face-to-face menggunakan video conferencing, fax ke email, televisi kabel ke IPTV dan lainnya.

2. Siapa Yang Menciptakan Ide Bitcoin?

Konsep Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, yang tidak diketahui tinggal dimana. Dia dikatakan dari Jepang tapi ID surat-suratnya berasal dari Jerman, ditambah software Bitcoin tidak tersedia dalam bahasa Jepang. Dia mengembangkan sistem dan software Bitcoin (yang digunakan untuk menjalankan sistem) pada tahun 2009 namun menghilang dari peredaran di tahun 2010.

Para pengembang lain dari sistem tersebut berhenti mendengar kabarnya pada tahun 2010 dan banyak yang berspekulasi tentang kemunculan identitas aslinya. Beberapa orang mengira-ngira bahwa namanya berasal dari singkatan perusahaan Jepang yang populer – SAmsung TOSHIba NAKAmichi MOTOrola. Tapi apa yang ia ciptakan adalah benar-benar fantasi setiap orang (yang bergelut di dunia teknologi) di dunia.

3. Apa Yang Spesial Dengan Sistem Bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah sistem yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi mata uang anonim dan tidak ada yang tahu tentang pembayaran atau tentang semua informasi yang berkaitan dengan pembayaran, termasuk siapa yang mengirimnya, yang menerimanya, dll.

Satoshi melakukannya dengan membuat sistem – jaringan peer-to-peer – dikendalikan tanpa otoritas pusat tetapi dijalankan oleh jaringan kontributor dan penggemar kebebasan, yang menyumbangkan waktu dan energinya untuk inovasi ini. Pada dasarnya, orang dapat melakukan transaksi uang dan tidak ada otoritas atau organisasi yang tahu tentang hal itu.

Satoshi Nakamoto begitu berbakat bahwa ia bahkan dapat memecahkan masalah double spending mata uang digital di dalam sistemnya.

4. Apa Itu Double Spending?

Kita bisa membuat banyak salinan data digital, misalnya orang menyalin software dan menjualnya sebagai bajakan. Kita mungkin menghadapi masalah yang sama dengan mata uang digital – seseorang dapat menyalin mata uang digital (misalkan $10) dan menggunakannya sebanyak yang ia suka beberapa kali (karena banyaknya catatan dari $10).

Satoshi memecahkan masalah ini dengan menunjukkan semua transaksi dalam daftar publik. Setiap kali transaksi baru dibuat, keabsahannya diperiksa dengan mengkonfirmasi dari daftar yang mata uang digital tidak digunakan sebelumnya. Dengan cara ini, tidak ada yang bisa menyalin mata uang dan menggunakannya untuk lebih dari 1x. Ini adalah ide sederhana namun efektif untuk menghentikan double spending bitcoin yang sama.

5. Bagaimana Sebuah Daftar Public Membuat Sesuatu Jadi Anonymous?

Daftar publik hanya menunjukkan ID transaksi dan jumlah mata uang yang ditransfer. Anda akan jadi anonim di dalam sistem karena Anda tidak perlu memberikan informasi pribadi Anda seperti nama, alamat, email, nomor telepon, dll. Sebagai perbandingan, ketika Anda menggunakan metode pembayaran seperti PayPal, Anda harus memberikan semua informasi pribadi.

6. Bagaimana Menggunakan Bitcoins?

Bitcoins disimpan di dalam dompet digital yang dapat Anda simpan di dalam komputer Anda, atau website online, yang mengelola dan mengamankan dompet Anda. Anda dapat memiliki banyak dompet dan alamat bitcoin (dipakai untuk menerima uang dari orang lain) yang Anda inginkan.

Terlebih lagi, Anda dapat menggunakan software Bitcoin Tor untuk mencegah orang melacak alamat IP Anda – keseluruhan anonim dijamin!

7. Berapa Banyak Orang Yang Sudah Menggunakan Bitcoin?

Pada saat aritkel ini ditulis, terdapat 12.112.800 BTC bitcoin yang ada, jika dikonversi ke USD$ menjadi 7.777.628.880 (1 BTC = USD $642.1). Bahkan, pemerintah Kanada sedang mengembangkan mata uang kripto mereka sendiri, bernama MintChip. Dalam 1 hari, lebih dari 45.000 transaksi dari total BTC 2,5 juta (senilai USD48.5 juta) ditangani oleh jaringan Bitcoin.

mintchip

8. Bagaimana Saya Bisa Mendapatkan Bitcoin?

Menggunakan dan mendapatkan Bitcoin sangat mudah. Ada berbagai cara untuk mendapatkan Bitcoin:

  • “Mining”
  • Penukaran uang (beli bitcoin dari rupiah ke bitcoin) melalui penyedia layanan bitcoin seperti Bitcoin.co.id.
  • Menyediakan jasa kepada pihak lain dengan imbalan Bitcoin.

9. Apa Itu Mining?

Mining adalah proses penggalian mata uang Bitcoin. Mining Bitcoin adalah sebuah bisnis – kebanyakan orang melakukan mining Bitcoin untuk mendapatkan keuntungan. Bitcoin yang di-mining dengan menggunakan software khusus (dikenal dengan nama Bitcoin Miner) yang mencoba untuk menemukan blok baru dalam rantai jaringan Bitcoin.

bitcoin miner

Setiap kali blok baru ditemukan, pemiliknya diberikan dengan 50 Bitcoin. Secara teknis, komputer harus melakukan perhitungan hash yang panjang dan sulit untuk menemukan blok baru.

10. Bagaimana Cara Membelanjakan Bitcoin?

Membelanjakan Bitcoin lebih mudah daripada mining 🙂 Anda dapat mengirim Bitcoin kepada seseorang, membeli barang, atau menyumbangkan ke yayasan non-profit yang menerimanya, seperti Wikileaks, P2P Foundation, Operation Anonymous, Free Software Foundation, Archive.org.

Anda dapat mengirim Bitcoin kepada siapa pun setelah Anda tahu alamat Bitcoin mereka.

Untuk barang dagangan, Anda dapat membeli produk dari pedagang yang menerima Bitcoin, contohnya BitcoinDeals.

Kesimpulan

Sistem Bitcoin sedang berkembang pesat. 1 BTC senilai USD $6 setahun yang lalu dan sekarang senilai USD600+. Para ahli keamanan dan penggemar kebebasan digital memuji sistem Bitcoin. Karena fitur anonimitas yang dijaminnya, Bitcoin digunakan oleh orang-orang yang peduli tentang privasi mereka.

Karena tidak ada otoritas yang dapat melacak transaksi, hal ini juga menyebabkan penyalahgunaan sistem misalnya, dalam transaksi ilegal. Tapi karena dapat digunakan untuk tujuan ilegal, tidak berarti kita harus melakukannya. Artikel ini semata-mata ditulis dalam upaya untuk menambah wawasan kepada pembaca tentang teknologi Bitcoin ini.

Apa pendapat Anda tentang Bitcoin? Bagi pengalaman anda pada komentar di bawah ini.

NO COMMENTS

Leave a Reply