26 Software Web Server Paling Top

26 Software Web Server Paling Top [Part 2]

1 496

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, karena terlalu banyak maka dibuat 2 postingan.

 

14. Unicorn: Rack HTTP Web Server

Unicorn adalah server HTTP untuk aplikasi Rack dirancang hanya untuk melayani klien secara cepat pada latensi rendah, koneksi dengan bandwidth tinggi dan pemanfaatkan fitur pada Unix/kernel yang mirip Unix. Klien yang lambat hanya harus dilayani dengan menempatkan proxy reverse yang mampu sepenuhnya menyangga permintaan dengan baik dan respon di antara Unicorn dan klien yang lambat.

 

15. Tcl Web Server

Tcl Web Server adalah implementasi murni Tcl dari server protokol HTTP. Tcl Web Server berjalan sebagai skrip di atas interpreter Tcl vanilla. Versi awalnya bekerja dengan versi Tcl 7.5 dan yang lebih tinggi, tetapi membutuhkan Tcl terbaru 8.

 

16. Savant Web Server

Savant adalah web server open source gratis yang berjalan pada Windows 9x, ME, NT, 2000 dan XP yang dapat mengubah setiap komputer desktop ke server web yang kuat. Dirancang untuk menjadi cepat, aman dan efisien. Savant adalah pilihan dari ribuan webmaster profesional dan amatir di seluruh dunia.

 

17. Nginx Web Server

Web server ini nih yang paling ane demen dan udah dipakai oleh banyak perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia seperti Facebook sendiri. Apalagi kalau digabung dengan Apache, rasanya ringan seperti berada di atas awan dengan konfigurasi yang baik tentunya. Nginx [engine x] adalah HTTP dan server proxy reserve serta proxy mail server yang ditulis oleh Igor Sysoev. Untuk waktu yang lama, Nginx telah berjalan pada banyak situs Rusia yang berat di-load termasuk Yandex, Mail.Ru, VKontakte dan Rambler. Menurut Netcraft Nginx dilayani atau diwakili 7.84% situs tersibuk pada Oktober 2011.

 

18. AWS Web Server

AWS Web Server adalah kerangka lengkap untuk mengembangkan aplikasi berbasis Web. Bagian utama dari kerangka kerja adalah web server yang sudah di-embed. Web server ini kecil tapi kuat dapat tertanam ke dalam aplikasi Anda sehingga aplikasi Anda akan dapat berbicara dengan browser standar Web seperti Microsoft Internet Explorer atau Firefox misalnya. Di sekitar web server ini banyak layanan yang sudah dikembangkan.

 

19. ASCOOS Web Server

ASCOOS Web Server adalah sebuah versi khusus dari server web untuk semua pengembang web dan desainer web dan didasarkan pada Apache, Perl, beberapa versi PHP dan MySQL, PostgreSQL, Filezilla, phMyAdmin, phpPgAdmin dan eXtplorer.

 

20. Yaws Web Server

Yaws adalah HTTP server web 1.1 dengan performa tinggi sangat cocok untuk aplikasi web dengan konten dinamis.

 

21. Barracuda Embedded Web Server

Barracuda Embedded Web Server dirancang dari bawah ke atas untuk mendukung sumber daya modern yang dibatasi embedded system. Barracuda Embedded Web Server dikirimkan sebagai sebuah perpustakaan yang dapat tertanam dalam program komputer lainnya. Barracuda Embedded Web Server adalah perpustakaan grafis industri yang paling maju untuk performa tinggi secara remote yang dikelola GUI yang sudah di-embed. footprint yang kecil dan event model pemrograman didorong membuatnya sempurna untuk aplikasi embed saat ini.

 

22. Cheyenne Web Server

Cheyenne bertujuan untuk menjadi fitur lengkap kelas implementasi web server aplikasi Apache yang menggunakan bahasa pemrograman REBOL.

 

23. Swazoo Web Server

Swazoo merupakan web server Smalltalk open source, vendor agnostik, dialek netral, punya performa baik dengan sumber daya dan framework resolusi permintaan web, lahir pertama kali pada sebuah Camp Smalltalk tahun 2000 di San Diego. Swazoo digunakan sebagai web server standalone untuk konten statis atau untuk menjalankan kerangka web seperti Smalltalk Seaside.

 

24. XAMPP

Web server ini sudah tidak asing lagi, banyak yang suka dengan web server ini selan karena banyaknya tutorial yang ada, kehandalannya dan kemudahannya bagi pemula. XAMPP mudah diinstal distribusi Apache yang berisi MySQL, PHP dan Perl. XAMPP benar-benar sangat mudah untuk diinstal dan digunakan – hanya download, ekstrak, instal dan mulai 🙂

 

25. Nanoweb Web Server

Nanoweb adalah server HTTP yang ditulis dengan PHP, dirancang dalam skala kecil, aman dan extensible. Sangat mudah extensible dengan modul kustom dan aman karena – berjalan di dalam mesin scripting Zend – kebal terhadap sejumlah ancaman keamanan umum (format string, buffer overflows, …).

 

26. Eeva Webserver

Terakhir, Eeva Webserver adalah web server yang ditulis dengan Visual FoxPro. Eeva Webserver melayani langsung permintaan http TCP port 80. Eeva Webserver  memungkinkan Anda menjalankan program VFP untuk Internet tanpa menginstal web server secara terpisah.

Akhirnya selesai juga, silahkan yang suka eksperimen, dicoba-coba dulu, monggo 🙂

Dari sekian banyak web server yang ada, mana yang menjadi favorit kamu dan apa alasannya?

Tulis di komentar ya 😉

1 COMMENT

Leave a Reply