5 Fitur Facebook Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

5 Fitur Facebook Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

0 388
facebook image
facebook image

Tahun lalu Facebook merilis fitur Nearby Friends yang memberitahu kamu tentang lokasi teman dan baru-baru ini Facebook memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran lewat Facebook Messenger. Tapi apa kamu tahu bahwa tentang semua hal yang pernah kamu taruh di social network Facebook, bahkan hal-hal yang pernah kamu hapus sebelumnya? Apakah kamu ingin mendapatkan salinannya lagi?

Kami akan tunjukkan kamu bagaimana cara melakukannya ditambah beberapa hal lainnya yang mungkin belum kamu ketahui, seperti memberikan sumbangan untuk organisasi amal dan menyimpan hal menarik yang kamu temukan di Facebook untuk disimpan yang dipakai untuk dibaca nanti. Anda mungkin tidak tahu bahwa kamu dapat melakukannnya di Facebook.

1. Memberikan Donasi ke Organisasi Amal

Apa kamu tahu bahwa kamu bisa memberikan donasi ke organisasi amal lewat Facebook Fans Page mereka? Sejauh ini ada 19 daftar kecil organisasi yang mencakup American Cancer Society, American Red Cross, World Wildlife Fund dan Malaria No More diantaranya. Untuk memberikan kontribusi ke mereka di halaman Fans Page-nya, klik pada tulisan More di bawah foto cover dan pilih Donate Now.

donasi di facebook
donasi di facebook

Masukkan jumlah donasi kamu beserta informasi pembayaran. Pilih untuk membuat sumbangan hanya satu kali atau ingin bisa melakukan berulang-ulang kemudian klik Donasi. 100% dari donasi kamu akan diberikan kepada organisasi amal pilihan kamu.

formulir donasi di facebook
formulir donasi di facebook

2. Mengembalikan dan Mengambil Konten yang Pernah Dihapus

Pernahkah kamu ingin mengambil informasi tertentu yang kamu tidak sengaja menghapusnya di Facebook? Nah, kamu bisa melakukannya. Cukup pergi ke halaman Facebook Settings dan klik link bertuliskan Download a copy of your Facebook data.

download copy facebook
download copy facebook

Klik Start My Archive (di tombol hijau) dan masukkan password Facebook kamu ketika ditanya. Klik Submit.

mulai download arsip facebook
mulai download arsip facebook

Kamu akan melihat jendela konfirmasi seperti gambar di bawah ini dan perlu untuk mengklik tombol Start My Archive lagi. Tunggu selama beberapa menit dan Facebook akan mengirimkan e-mail yang berisi link download untuk data kamu. Sebelum kamu dapat men-download-nya, kamu akan diminta untuk memasukkan password kamu lagi. Berikut adalah jenis data yang kamu harapkan dari hasil download ini.

download request
download request

3. Simpan Sekarang, Baca Selanjutnya

Setiap kali kamu membuka Facebook, kamu akan melihat banyak berita di timeline kamu. Kebanyakan mungkin membuat kamu menarik dan kamu mungkin tidak punya waktu untuk membaca semuanya. Kemungkinannya adalah, setelah kamu melewatinya, kamu tidak akan dapat menemukan mereka lagi (kecuali mereka banyak dishare oleh orang lain). Untuk membantu kamu dalam hal ini, gunakan pilihan Save. Pilihan ini bisa ditemukan di dalam daftar pilihan di bawah tombol dropdown.

klik tombol save
klik tombol save

Kamu dapat menyimpan sesuatu seperti link, place, film, TV, musik dan lain-lain untuk mengeceknya kembali ketika kamu punya waktu luang. Semua item yang disimpan akan terdaftar sebagai “Saved”, yang dapat kamu akses dari sidebar kiri di news feed kamu.

daftar saved
daftar saved

4. Sinkronisasi Facebook Calendar Dengan Google Calendar

Jika kamu menggunakan Google Calendar untuk menjadwalkan semua event penting, tetapi juga memiliki banyak event di Facebook, berikut adalah cara kamu dapat melakukan sinkronisasi Facebook Calendar kamu dengan Google Calendar untuk menyimpan semua event kamu di tempat yang sama.

Pertama-tama, buka halaman Facebook Event, kamu akan melihat beberapa event yang melibatkan kamu di sana. Kemudian lihat di sudut kanan bawah halaman, kamu akan menemukan link Upcoming Events dan Birthdays.

facebook events
facebook events

Klik kanan di salah satu dan pilih “Copy Link Address” atau “Copy Link Location”.

Sekarang pergi ke Google Calendar. Di sisi kiri halaman ada pilihan “Other Calendars”, klik tombol panah dropdown dan pilih “Add by URL”.

sinkronisasi event facebook dengan google calendar
sinkronisasi event facebook dengan google calendar

Paste link yang kamu copy tadi dari Facebook, dan klik “Add Kalender”. Ketika proses sudah selesai, kamu dapat melihat kalender yang telah diimpor akan muncul di dalam Google Calendar.

5. Mengubah Profil Facebook ke Sebuah Halaman/Page

Apakah kamu tahu bahwa kamu bisa mengubah profil Facebook pribadi kamu ke dalam halaman Fans Page? Dengan cara ini kamu dapat menyimpan semua teman-teman kamu dan pengikut daripada memulainya dari awal.

ubah profil facebook
ubah profil facebook

Untuk melakukannya, pertama buka halaman Profile to Page Migration. Kemudian, pilih kategori untuk Page kamu. Pada halaman berikutnya, pilih subkategori dan isi informasi yang diperlukan. Terakhir, klik GetStarted dan ikuti petunjuk yang disediakan. Selesai.

Catatan: pengubahan ini bersifat permanen, maka akan lebih baik bahwa kamu men-download salinan data Facebook kamu (lihat no 2 di atas) sebelum kamu mulai bermigrasi apapun.

NO COMMENTS

Leave a Reply