5 Tips Memilih Tablet Yang Tepat Sebelum Membeli

5 Tips Memilih Tablet Yang Tepat Sebelum Membeli

1 5640
tips membeli tablet

Pasar komputer tablet sudah ada sejak Apple memperkenalkan iPad pada awal tahun 2010. Sedangkan iPad bukanlah tablet pertama yang pernah dibuat, desainnya yang ramping dan pemasarannya yang sukses membuat iPad dengan cepat menjadi gadget yang harus dimiliki oleh pecinta gadget dan hadirnya iPad 2 membuat pertumbuhan tablet menjadi lebih cepat dibandingkan dengan PC (Personal Computer).

Saat ini, ada puluhan model tablet berbeda yang tersedia dan semuanya menawarkan fitur yang sejenis sehingga sulit dibedakan mana tablet yang tepat untuk dibeli. Dengan banyaknya tablet yang ada di pasaran, pasti ada yang menjadi salah satu tablet yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, tapi bagaimana Anda menemukan salah satu table yang terbaik itu?

1. Kebutuhan Penggunaan Tablet

Jika yang ingin Anda lakukan di tablet seperti browsing web, mengecek e-mail, menonton film atau streaming lainnya, hampir setiap model di luar sana (smartphone, dalam hal ini) mungkin dapat melakukan pekerjaan tersebut. Pikirkan alasan penting yang membuat Anda perlu menggunakan tablet.

Apakah nantinya tablet dipakai untuk keperluan kerja, sekolah atau pribadi? Apakah tablet akan menggantikan laptop atau kompuer Anda yang sudah ada? Apakah Anda ingin memakai tablet untuk lebih banyak menonton film dan bermain game, atau untuk keperluan umum seperti browsing, mengecek e-mail dan Facebook-an?

Jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan tadi bisa membantu Anda menentukan segala sesuatu tentang tablet seperti sistem operasi terbaik untuk ukuran layar yang ideal, jadi mulailah dengan membuat daftar kegiatan dan keperluan yang paling penting bagi Anda.

2. Perbandingkan Sistem Operasi dan Aplikasi

Salah satu keputusan pertama adalah memilih OS yang tepat. OS yang paling umum adalah IOS Apple, Android dan Windows. BlackBerry PlayBook berjalan pada QNX, sebuah sistem operasi tablet yang dikembangkan oleh produsen Research in Motion BlackBerry. Sedangkan untuk merek tablet, IOS hanya ada di iPad dan QNX hanya di BlackBerry PlayBook, sedangkan Android dan Windows bisa ditemukan pada banyak merek tablet.

tips membeli tabletJika Anda kemungkinan akan banyak mengerjakan pekerjaan kantor dengan tablet, terutama untuk membuat atau mengedit dokumen dan spreadsheet, tablet Windows mungkin lebih cocok. Meskipun Anda bisa dengan mudah membaca dokumen Word pada iPad, Anda butuh aplikasi berbayar seperti Quickoffice untuk mengeditnya. Tablet dengan OS Android 3.0 (atau juga disebut Honeycomb) dapat menangani file Office dengan bantuan sebuah aplikasi berbayar seperti Documents To Go 3.0, yang memungkinkan pengguna untuk membuat, melihat dan mengedit dokumen Word, spreadsheet Excel dan presentasi PowerPoint.

IPad masih menjadi tablet favorit untuk game dan memutar file multimedia, meskipun tablet Android seperti Samsung Galaxy dan Motorola Xoom sekarang punya resolusi layar dan kecepatan proses seperti iPad. Salah satu kunci suksesnya Apple adalah app store, yang menawarkan lebih dari 140.000 aplikasi untuk iPad (data bulan November 2011). Jika Anda tahu bahwa ada aplikasi tertentu atau program yang diinginkan untuk keperluan kerja, sekolah atau lainnya, pastikan untuk mengetahui apakah aplikasi untuk itu sudah tersedia untuk tablet yang sedang Anda pertimbangkan.

3. Perbandingkan Fitur

Setelah Anda menentukan sistem operasi, sekarang waktunya menentukan fiturnya. Jika Anda memilih iPad 2, Anda akan punya pilihan antara model Wi-Fi standar, yang membutuhkan akses ke jaringan Wi-Fi untuk terhubung ke Internet dan model 3G, bisa internet-an melalui 3G meskipun tidak ada Wi-Fi. Lalu Anda akan memilih penyimpanan antara 16GB, 32GB atau 64GB. Lalu memilih warnanya, hitam atau putih. Karena semua model iPad 2 punya ukuran layar yang sama, termasuk punya kamera depan dan belakang.

Jika Anda memilih tablet Android atau Windows, bisa lihat pada speknya seperti baterai, akses Wi-Fi vs 3G atau 4G, kapasitas penyimpanan dan kecepatan pemrosesan serta fitur tambahan seperti kamera dan aksesoris tambahan. Banyak tablet (termasuk iPad), sekarang punya 2 kamera, depan dan belakang, sehingga Anda dapat melihat layar ketika sedang mengobrol tatap muka di internet.

4. Perbandingan Ukuran dan Penampilan

Walaupun Anda berencana untuk membeli tablet secara online, lebih baik lihat dulu seperti ada ukuran dan penampakannya ke toko yang menjual tablet agar sesuai dengan yang diharapkan.

Apakah Anda ingin ukuran layar yang paling besar atau Anda ingin tablet mudah masuk ke dalam tas atau ransel? Apakah Anda perlu tablet yang sedikit kasar permukaanya atau tablet yang tipis dan ringan? Apakah hanya akan digunakan untuk orang dewasa atau ingin anak Anda yang berumur 5 tahun diajarkan mengirim e-mail?

Apakah body-nya nyaman dan kokoh di tangan Anda? Apakah layar sentuhnya responsif? Bagaimana dengan virtual keyboard-nya? Bagaimana kecerahan dan resolusi layarnya? Setelah Anda menentukan tablet yang menjadi pilihan, saatnya memilih harga.

5. Perbandingan Harga

Jika Anda sudah menentukan budget untuk membeli tablet dan model tablet yang ingin dibeli masuk dalam kisaran budget Anda, kedengarannya bagus. Tapi kadang-kadang Anda menemukan tablet yang sudah sesuai dengan selera tapi harganya tidak mendukung. Sebelum Anda membuat keputusan terakhir, pastikan Anda membandingkan model Apple dengan model Apple lainnya, jika awalnya pilih model Apple. Pertimbangkan pada hal-hal seperti enyimpanan, kecepatan prosesor, akses internet, ukuran dan kamera, karena tablet dalam merek produk yang sama seringkali punya model dan tingkat kinerja yang berbeda.

Selain biaya dari tablet itu sendiri, Anda juga perlu mempertimbangkan harga aksesorisnya. Dan juga untuk akses 3G atau 4G, Anda perlu membayar lagi untuk mendaftar paket internet. Cari tahu masa garansinya. Terakhir, baca review orang yang sudah membeli produk tablet tersebut sehingga Anda akan tahu plus dan minusnya dari tablet yang akan dibeli.

Referensi

  • http://reviews.cnet.com/tablet-buying-guide/
  • http://download.cnet.com/Documents-to-Go-for-Android/3000-2369_4-10965104.html
  • http://mashable.com/2011/01/05/forrester-tablet-sales/
  • http://www.tabletpccomparison.net/

1 COMMENT

Leave a Reply