8 Tips Menemukan Web Hosting Yang Lebih Baik

8 Tips Menemukan Web Hosting Yang Lebih Baik

0 24
tips web hosting

Jika Anda ingin memulai sebuah blog dan punya uang, disarankan untuk menggunakan web hosting yang meng-host platform blogging sehingga Anda bisa mengontrol penuh blog tersebut. Ada begitu banyak perusahaan web hosting, apa yang membedakan mereka dengan yang lainnya adalah layanan yang mereka sediakan.

Sebelum Anda memilih web hosting, disarankan untuk meninjaunya jika perusahaan web hosting itu memenuhi persyaratan Anda. Jika tidak, Anda bisa hapus perusahaan web hosting itu dari daftar pilihan dan mencari yang lain yang memenuhi persyaratan Anda.

Apa yang Perlu Ditinjau pada Sebuah Web Hosting?

Persyaratan yang perlu Anda cari dalam sebuah web hosting adalah:

  1. Biaya hosting – Pertimbangkan anggaran Anda sebelum memilih web hosting. Beberapa hosting mungkin memberikan diskon jika Anda membayar untuk 1 tahun. Beberapa yang lainnya mungkin memberikan diskon lebih jika Anda membayar untuk 2 tahun atau lebih. Saya lebih suka memilih hosting yang harganya kurang dari atau sama dengan $5 per bulan, tapi saya akan berkompromi jika saya tidak bisa mendapatkan hosting yang memenuhi persyaratan lainnya dari perusahaan web hosting yang ada.
  2. Addon domain – Jika Anda memiliki beberapa situs, dapatkan hosting yang punya addon domain. Saya lebih memilih web hosting yang jika dimungkinkan bisa memiliki addon domain yang unlimited sehingga dapat menambahkan lebih dari 10 situs ke dalam akun tanpa dikenakan biaya tambahan.
  3. Downtime – Carilah hosting yang memiliki downtime yang rendah. Akan menjengkelkan jika Anda mencoba untuk mengakses situs dan Anda tidak bisa mengaksesnya. Jika Anda memiliki sebuah bisnis, bisa terjadi kerugian karena tidak ada penjualan. (Jika Anda memiliki blog WordPress, disarankan menggunakan plugin cache).
  4. tips web hostingDisk space – Anda membutuhkan disk space yang banyak jika situs Anda mulai tumbuh terutama jika Anda memiliki banyak addon domain. Setiap posting yang Anda publikasikan di situs menggunakan beberapa disk space. Jadi, semakin sering Anda posting, semakin banyak disk space yang digunakan. Jika Anda memiliki blog WordPress, Anda mungkin ingin menginstal plugin untuk meningkatkan blog. Plugin juga memakai beberapa bagian dari disk space Anda. Ini baru dari 1 blog. Jika Anda memiliki sekitar 4 blog, Anda melakukan posting setiap hari dan Anda sudah blogging selama lebih dari 2 tahun, berapa banyak space kosong yang tersedia jika disk space Anda kecil.
  5. Customer support – Sebuah web host yang baik harus memiliki customer support yang online. Hal ini karena Anda ingin menerima jawaban segera mungkin dan tidak ingin terlalu lama menunggu jawaban dari permasalahan Anda. Customer support harus dapat menangani semua kebutuhan teknis Anda. Seorang wakil dukungan teknis dari web host saya membantu saya seputar keamanan hotlink gambar. Jika saya pergi mencari bantuan di tempat seperti forum, mungkin tidak segera mendapat jawaban.
  6. Cpanel – Memiliki fitur Cpanel akan menghemat banyak masalah. Jika Anda ingin menginstal platform blog seperti WordPress, Anda dapat melakukannya dengan satu klik dari Cpanel tersebut. Jika Anda tidak memiliki Cpanel, WordPress mungkin perlu diinstal secara manual jika di dalam panel selain cPanel tidak ada aplikasi otomatis untuk menginstal CMS dan perlu belajar menginstalnya secara manual.
  7. Garansi uang kembali – Anda mungkin berubah pikiran nanti dan memutuskan untuk membatalkan layanan hosting. Kebanyakan web host yang baik memiliki 30 hari atau lebih untuk garansi uang kembali. Jika Anda ingin memutuskan kontrak kurang dari 30 hari karena ada masalah tertentu yang tidak bisa diselesaikan atau spek tidak sesuai keinginan, Anda mungkin ingin menggunakan garansi uang kembali ini. Tapi untuk garansi tidak seenaknya bisa dilakukan karena ada kebijakan yang perlu dipatuhi sebelum menggunakan garansi ini. Untuk itu, perlu membaca kebijakan perusahaan web hosting terlebih dahulu sebelum mendaftar.
  8. Review – Cari review tentang perusahaan web hosting yang ingin Anda daftar di sana. Orang selalu akan menulis jika web hosting yang mereka gunakan adalah baik atau tidak. Baca review negatif dan lihat masalah apa yang suka terjadi. Anda bisa mendapatkan review web host di forum atau search engine.

Apa fitur lainnya yang Anda cari dalam sebuah web host? Saya ingin membaca komentar Anda. Happy hunting a web hosting! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply