Apa Saja Keterbatasan Jika Pakai WordPress.com?

Apa Saja Keterbatasan Jika Pakai WordPress.com?

0 48
wordpress pumpkin

Jika Anda baru mulai blogging, WordPress.com mungkin jadi pilihan Anda. Banyak yang bertanya bagaimana cara memulai bila saya ingin blogging. Biasanya kami tanggap dengan pertanyaan, “Apa yang akan dilakukan nantinya di blog Anda?”. Kebanyakan orang hanya ingin berbagi pemikiran pribadi mereka, foto atau video. Untuk tujuan itu, WordPress.com menawarkan platform yang gratis, mudah dipakai, aman dan stabil bagi blog Anda. Tapi jika Anda ingin nantinya bisa menghasilkan uang, membuat komunitas keanggotaan dan lainnya, WordPress.com punya batasan sehingga Anda tidak bisa melakukannya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang keterbatasan yang ada di WordPress.com sehingga Anda bisa memutuskan apakah WordPress.com cocok untuk tujuan blogging Anda nantinya.

Keterbatasan Penghasilan

Anda tidak bisa memasang iklan Google Adsense atau program iklan lainnya di blog WordPress.com. Anda tidak bisa menulis paid post, jualan link, review produk dan lainnya. Term of Service (Persyaratan Layanan) WordPress.com membatasi blog gratis Anda dari berbagai kegiatan komersial. Tapi Anda bisa mengajukan permohonan untuk program periklanan WordPress.com, yaitu WordAds. Saat ini program tersebut tersedia di blog WordPress.com dengan persyaratan jumlah kunjungan dan kualitas tertentu. Setelah Anda diapprove, Anda akan mendapatkan bagi hasil dari penghasilan iklan dengan WordPress.com.

Catatan: Jika anda punya buku, Anda bisa saja memasang iklan untuk buku anda sendiri di blog WordPress.com. Mereka hanya tidak memperbolehkan iklan untuk produk atau jasa yang bukan milik Anda.

Tidak Bisa Upload Plugin

Kekuatan sebenarnya dari WordPress berasal dari kebebasan untuk kustomisasi dan memperluas fungsi blog itu sendiri, seperti blog dijadikan toko online. Sayangnya, di WordPress.com Anda tidak bisa melakukannya. Anda hanya diberi 1 set plugin tapi dengan fitur yang masih terbatas. Banyak orang yang pindah dari WordPress.com ke WordPress.org agar bisa mengupload plugin yang keren-keren.

wordpress pumpkin

Tidak Bisa Upload Theme

Anda hanya bisa memakai theme yang saat ini tersedia bagi pengguna WordPress.com. Beberapa theme-nya gratis dan ada juga yang berbayar dengan 1x bayar. Tapi tetap saja pilihan theme-mya terbatas. Yang kedua, Anda tidak bisa memodifikasi theme tersebut. Anda perlu mengocek dompet sebesar $30 untuk menambahkan CSS dan font Anda sendiri. Anda tidak bisa memodifikasi fitur tema. Jika anda ingin pakai salah satu theme eCommerce yang paling keren maka WordPress.com tidak cocok bagi Anda.

Penangguhan Akun

WordPress.com sangat ketat dalam melindungi layanan mereka dari penyalahgunaan. Mereka akan menangguhkan blog yang diduga melakukan kegiatan yang dilarang. Pengunjung juga bisa melaporkan blog tersebut. Pemilik blog bisa mengekspor posting jika blog ditangguhkan dalam waktu terbatas. Dan juga WordPress.com bahkan mungkin tidak memberitahukan atau meminta pemilik blog untuk menghapus konten. Artinya biasanya tidak ada peringatan bagi pemilik blog. Setelah blog disuspen, subdomain tersebut akan ditahan dan tidak bisa pakai oleh orang lain.

Bukan Pilihan Platform Pengembangan

WordPress sudah menjadi CMS (Content Management System) yang paling populer. WordPress tidah hanya sebuah platform untuk blogging. Dengan memakai WordPress.com, Anda hanya mendapatkan layanan blog gratis dan tidak bisa memiliki fitur yang keren dan kuat yang menjadi alasan kepopuleran WordPress. Intinya, jika Anda ingin bisa menawarkan kursus online, menjual produk digital yang bisa didownload, membuat forum atau bahakan toko online, Anda tidak bisa melakukannya di WordPress.com.

Kesimpulan

Rekomendasi kami adalah pertama Anda perlu menentukan tujuan blogging, buat rencana dan pilih platform yang sesuai. Jika Anda hanya ingin mengekspresikan diri Anda maka WordPress.com merupakan pilihan yang baik dan mudah. Tapi jika Anda ingin melakukan hal yang lebih dari sekedar blog, Anda bisa pilih WordPress.org. Semoga bermanfaat! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply