Apple Telah Meluncurkan iPad

Apple Telah Meluncurkan iPad

1 50

Setelah berbulan-bulan lamanya akhirnya Apple dengan resmi telah meluncurkan iPad. iPad sebelumnya telah diumumkan oleh CEO Apple Steve Jobs, yang dirancang untuk mengisi kesenjangan yang dirasakan antara smartphone dan laptop.

iPad mendapat respon yang positif dari masyarakat Indonesia, terbukti sebelum iPad diluncurkan setelah mendengar desas-desus bahwa Apple akan meluncurkan 1 produk terbaiknya lagi, banyak peminat yang menanyakan apakah produk iPad ini sudah tersedia? Oleh karena itu, Dengan ribuan artikel dan postingan blog yang ditulis di internet tentang perangkat baru Apple iPad ini, penulis mencoba untuk merangkum informasi yang berkaitan dengan iPad baik dari segi spesifikasi, fitur, harga, ketersediaan dan masih banyak lagi.

Sedikit Gambaran tentang Apple iPad

Pada beberapa kesempatan, Steve Jobs membicarakan tentang menciptakan sebuah kategori baru dari perangkat yang akan mengisi kesenjangan antara pasar smartphone dan laptop. Dia mengatakan bahwa netbook “tidak lebih baik dari apa pun.” Dia menginginkan sesuatu yang lebih baik daripada sebuah laptop yang digunakan untuk browsing web dan yang bisa memainkan game, film, video YouTube dan masih banyak lagi.

Apple menjawab kesenjangan tersebut dengan menghadirkan iPad. iPad seperti iPod touch/iPhone tapi dengan ukuran  layar 9.7 inch, 16-64 GB memori dan kemampuan untuk menjalankan hampir setiap iPhone app di App Store. Dapat terhubung melalui USB untuk sinkronisasi dengan PC atau Mac, memutar video HD, bertindak sebagai pembaca ebook, dan masih banyak lagi. Meskipun ada banyak fungsi, sebagaimana yang penulis jelaskan di bagian bawah artikel ini, yang membuat iPad menarik perhatian banyak orang adalah harganya. Banyak yang memperkirakan harga iPad sebesar $ 1.000, tapi pihak Apple membuat harga awal iPad ini hanya $ 499. Sebagai perbandingan, Kindle DX yang juga memiliki layar 9.7 inch harganya $ 489, hanya beda $10.

Spesifikasi Apple iPad

Spesifikasi Apple iPadBerikut ini yang hanya penulis ketahui sampai sejauh ini tentang spesifikasi Apple iPad.

  • Screen: layar LCD IPS 9.7-inch. Menyediakan LCD backlighting, tetapi sebagian besar berteknologi IPS, atau In-plane switching. Teknologi ini memberikan sudut pandang yang lebih kuat daripada kebanyakan layar LCD.
  • Resolusi: 1024 × 768 pixel (132 pixel per inch).
  • Size: ketipisannya hanya0.5 inch.
  • Dimensi: 9,5 inci x 7,5 inci x 0,5 inci
  • Berat: 1.5 pounds (£ 1,6 untuk 3G)
  • Chip: 1 GHz Apple A4 chip.
  • Memory: Tiga ukuran pilihan 16 GB, 32 GB dan 64 GB solid state hard drive.
  • Termasuk: Accelerometer, Microphone, 30-pin konektor, kompas, multi-touch, Bluetooth 2.1, Wi-Fi 802.11n, akses 3G pada model higher-end.
  • Battery Life: 10 jam penuh. Pada keadaan standby, bisa lebih dari sebulan.

Kesimpulan: Produk yang tipis dengan keteraturan cahaya yang baik dan juga performa yang cepat.

 

Interface

Mungkin antarmuka iPad sudah familiar bagi anda, banyak interface yang mirip dengan interface iPhone OS. Bahkan merupakan versi kustom dari iPhone 3.2 OS. Aplikasi utama ada di bagian bawah dan anda hanya tinggal menggeser jari tangan anda di layar iPad untuk mencari aplikasi. Steve Jobs menyebutkan bahwa interface seperti ini mempermudah banyak orang dan membuat orang menyukai interface seperti ini karena sudah banyak orang (7,5 juta) yang menyukai interface seperti ini baik di iPhone maupun di iPod touch.

Ada SDK baru bagi developer untuk membuat aplikasi khusus iPad, dan juga semua iPhone apps bisa berjalan di iPad. iPhone apps dapat berjalan baik dalam resolusi asli atau dalam “double pixel mode” penggunaan fullscreen. Developer akan dapat memodifikasi aplikasi mereka dengan menggunakan SDK baru untuk mengoptimalkannya di iPad. Interface lainnya mirip dengan interface iPhone, tetapi dengan ukuran yang lebih besar.

 

Web, Email dan Maps

Sama seperti iPhone, iPad menggunakan Safari Mobile sebagai browsernya. Dan persis seperti iPhone, tidak mendukung Adobe Flash, plug-in yang tidak disukai oleh Apple. Pada kenyataannya, sebagian besar aplikasi web standar yang lain yang ada diantara iPhone dan iPad sama. Misalnya Email menggunakan interface yang sama, tetapi iPad memiliki lebih banyak fitur seperti email previews. Google Maps  berjalan pada iPad seperti halnya pada iPhone. Salah satu app yang mendapatkan beberapa fitur baru di iPod adalah Foto app dengan beberapa input baru multi-touch yang memungkinkan anda dengan mudah melihat dan mengelola beberapa gambar.

 

Konektivitas

Apple tablet datang dalam 2 model berdasarkan konektivitas mereka, keduanya memiliki konektivitas Wi-Fi. Namun, pada model higher-end juga dilengkapi dengan akses 3G (anda harus mengocek $ 130 bahkan lebih untuk memiliki 3G-enabled tablet. Jika anda menginginkan model yang 3G, saat ini anda hanya bisa menggunakan AT&T (mitra peluncuran resmi dari iPad). Untungnya walaupun anda tidak perlu menandatangani kontrak untuk menggunakan koneksi 3G. Jika anda menggunakannya biayanya $ 14.99 untuk 250 MB data per bulan, sedangkan anda akan menghabiskan lebih dari $ 29,99 bulanan untuk yang unlimited. Anda bisa membatalkannya kapan saja tanpa biaya pemberhentian.

iPad memanfaatkan microGSM, artinya tidak terikat secara khusus hanya untuk AT&T. Dengan demikian, anda dapat menggunakan operator internasional yang dimulai pada bulan Juni atau Juli. Sebagai catatan modem 3G iPad tidak mendukung frekuensi 3G T-Mobile.

 

Fitur Ebook dan Publishing

iBooks diumumkan pada acara peluncuran iPad. iBooks adalah sebuah aplikasi baru untuk iPhone, iPod Touch dan iPad yang memungkinkan anda untuk menelusuri, men-download dan membaca Ebook. Pada peluncurannya, lima penerbit buku akan memiliki publikasi pada iBooks, yaitu Penguin, Simon dan Schuster, HarperCollins, Macmillian dan Hachette.

Berikut adalah cara Steve Jobs menggambarkan iBooks:

“Aplikasi iBooks sangat baik yang merupakan cara baru untuk membaca dan membeli buku. Hanya dengan men-download aplikasi gratis dari App Store, andadapat membeli segalanya, mulai dari versi klasik sampai versi terlaris dari built-in iBookstore. Setelah anda membeli sebuah buku, maka akan ditampilkan pada Bookshelf anda. Untuk membacanya, yang harus anda lakukan adalah klik Ebook yang ingin anda buka di atas daftar Bookshelf. Dengan resolusi tinggi dan layar LED-backlit semuanya akan terlihat tajam, kaya akan warna, sehingga menjadi sangat mudah dibaca, bahkan dalam cahaya rendah. “

Waktulah yang akan menentukan apakah iPad cocok untuk cara baca Ebook baru dalam jangka waktu yang  panjang dan Apple bersedia menerima kritikan apapun dalam pencariannya untuk merebut mahkota ebook dari Amazon.

TV, Film dan Video
Tampilan video itu sendiri terlihat jelas dan tajam pada saat Apple mendemontrasikan iPad ini dengan memainkan beberapa film. Antarmuka video iPad mirip dengan antarmuka iPhone, dengan opsi bookmark, forwarding yang cepat, rewinding, dll. Dan juga bisa memainkan video HD.

Dan juga memiliki toko iTunes -seperti antarmuka untuk browsing video, film dan membeli konten video-. Di sisi kiri anda akan menemukan pilihan dengan tampilan screenshot, deskripsi dan panjang video. Di sisi kanan adalah grafiknya, baik dari film atau dari acara TV. Namun, perangkat ini tidak berlayar lebar. Ada banyak ruang hitam di bagian atas dan bawah ketika menonton film dalam modus layar lebar. Semoga Apple bisa mengatasi hal ini dalam versi iPads nantinya.

Kesimpulan: Bagus untuk menonton film.

 

Gaming

Anda harus benar-benar menaruh perhatian pada games iPad ini karena EA dan yang lainnya akan membuat beberapa permainan yang menakjubkan pada platform ini.

Beberapa permainan yang ditunjukkan untuk iPad, yaitu Need for Speed Shift dan N.O.V.A. Dalam Need for Speed, pengemudi mobil bergerak dengan menggerakkan tablet. Dengan mengetuk device akan mengubah pandangan dan ukuran zoom. Anda cukup menggunakan touch screen untuk mempercepat dan mengubah gigi. Perkiraan mereka,  games iPad akan tampak hebat – lebih baik daripada games iPhone – tapi belum bisa dibandingkan dengan PC. Dalam N.O.V.A, orang pertama shooter, anda dapat menggunakan jari anda untuk membuka pintu atau slide dua jari untuk melemparkan granat. Ada juga pengontrolan lainnya di tablet Apple.

Produktivitas dan iWork
Produktivitas dan bisnis untuk bekerja di iPad, Apple telah memperkenalkan versi baru dari software iWork yang khusus dirancang untuk perangkat touchscreen. Kelihatannya iWork ini sudah dalam pengembangan selama lebih dari setahun.

Kesimpulan dari fitur dan aplikasi utama di iWork untuk iPad:

  • Keynote: Software presentasi utama Apple  yang telah mendapat perombakan yang memungkinkan Anda dengan mudah melihat dan menambah slide dengan menggunakan antarmuka layar sentuh. Anda dapat mengedit, menelusuri slide dan masih banyak lagi.
  • Pages: Pengolah kata pada iPad terjadi pada Pages, yang memungkinkan anda untuk mengetik dengan efektif tanpa keyboard fisik dan memberikan sentuhan berbasis pilihan pemformatan. Misalnya, menggeser foto pada halaman ini mudah karena ada auto-wrap.
  • Numbers: fitur spreadsheet Apple memungkinkan Anda mendesain sel data dan spreadsheet dengan antarmuka multi-touch.
  • Harga: Harganya $ 9.99 untuk setiap aplikasi di app store.

NB: anda bisa membuka dokumen Excel, Word dan Powerpoint di iWork, artinya dokumen PC anda bisa anda gunakan juga di iPad.

 

Harga

Harga adalah sesuatu yang ajaib dalam acara peluncuran iPad. Banyak yang memperkirakan harganya $800 sampai $1,000 ternyata harga yang ditawarkan Apple pada tipe iPad termurah hanya $499.

Seperti yang bisa anda lihat dari gambar di atas, iPad punya dua edisi: Wi-Fi saja atau Wi-Fi + 3G. Dan juga dengan 3 ukuran: 16 GB, 32 GB dan 64 GB. Dengan demikian, yang termurah adalah yang memakai Wi-Fi saja dan ukurannya 16 GB dengan harga $499, sedangkan yang paling mahal yang memakai Wi-Fi+3G dengan ukuran 64 GB harganya $ 829.

Daftar harga iPad:

  • $499: 16 GB, hanya Wi-Fi
  • $599: 32 GB, hanya Wi-Fi
  • $629: 16 GB, Wi-Fi dan 3G
  • $699: 64 GB, hanya Wi-Fi
  • $729: 32 GB, Wi-Fi dan 3G
  • $829: 64 GB, Wi-Fi dan 3G

 

Ketersediaan

iPad, meskipun tidak memiliki hari peluncuran resmi, produk ini baru bisa didistribusikan di toko-toko pada akhir Maret. Walaupun yang ada hanya iPad dengan versi Wi-Fi di toko-toko pada waktu itu. Jika anda menginginkan yang versi 3G, anda harus menunggu sampai bulan April.

Pesaing

iPad bukanlah satu-satunya perangkat yang menduduki pada perangkat komputer mid-level di dunia. Ada juga pesaing yang telah menampilkan produk sejenis iPad ini pada acara Consumer Electronics Show di awal tahun 2010 dan banyak vendor lainnya yang juga akan mempublikasikan produk mereka di tahun 2010 ini.

Mungkin Apple memiliki keuntungan dari merek dan pelanggan setia mereka, hati-hati untuk beberapa pesaing seperti iPad ini, banyak dari mereka yang berjalan di Google Android OS.

  • HP Slate: A Windows 7-powered tablet
  • Asus Eee Tablet: Sebuah tablet yang akan datang yang dapat berjalan di Google Android
  • Notion Tinta Tablet: Android lain berbasis tablet
  • Google/HTC Tablet: ada rumor mengatakan bahwa Google dan HTC sedang mengembangkan merek Google tablet, sama seperti apa yang mereka lakukan dengan produk Nexus mereka. Walaupun tidak ada konfirmasi sampai saat ini.

 

Kekurangan iPad

Setelah membahas tentang beberapa kelebihan yang ada pada iPad, alangkah baiknya jika membahas kekurangannya. Pada acara peluncuran iPad, ada yang bilang iPad licin dan lapisan pembungkusnya bisa membuat garis-garis besar dan juga ada banyak fitur-fitur yang hilang seperti yang diharapkan banyak orang di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak bisa anda temukan pada Apple tablet:

  • Tidak ada kamera: tidak ada kamera depan untuk video conferencing dan tidak ada kamera di belakang untuk mengambil foto. Inilah kekurangan utama dari iPad. Padahal sebagian besar netbook dan smartphone memiliki 2 kamera, depan dan belakang.
  • Tidak multitasking: anda tidak dapat menjalankan beberapa aplikasi pada waktu yang sama, seperti menjalankan Last.fm sambil tweeting. Inilah adalah salah satu yang kami harapkan semoga Apple akan memperbaikinya di masa depan dengan iPhone OS update, tetapi untuk sekarang tidak dapat menjalankan beberapa aplikasi.
  • Tidak ada HDMI Output: anda tidak dapat plug iPad anda ke dalam TV.
  • Tidak ada USB port: anda tidak dapat menyambungkan keyboard favorit anda ke dalam iPad … atau apapun.

1 COMMENT

  1. ga enak ya kalo iPad ga ada USB portnya .
    uda hrga mahalan iPad , ga ada USB portnya , plug-in ga bsa smbarang msukin lg .
    thanks infonya .
    lebih baik Kindle DX trnyata ^^

Leave a Reply