Berhasil Menjual Situs Pertama Di Flippa Seharga $60

Berhasil Menjual Situs Pertama Di Flippa Seharga $60

39 1239

Selamat pagi sobat 🙂

Bagaimana kabarnya? Semoga belajar, kerja dan bisnisnya makin lancar 😀

 Hmmm… Bingung mau update apa di blog ini, lagi gak ada ide.

Yauda satu-satu ide yang ada di kepala sekarang ini adalah membuat postingan keberhasilan bisnis online ane di Internet. Iya juga sih, mungkin ide buat nulis postingan ini bagus. Apalagi di blog ini belum sama sekali ada postingan yang berhubungan dengan make money online/bisnis online. Dan mungkin ini postingan pertama ane kali ya tentang bisnis online, selain dari eBay.. hehe 😀

Tujuan ane buat postingan ini sebenarnya cuma ingin berbagi informasi tentang peluang bisnis online yang ada sekarang ini. Pastinya yang udah getol banget tentang bisnis online pasti udah familiar dengan bisnis Google Adsense, Clickbank, dagang di eBay, Commission Junction, jual beli link dan jenis CPC (Cost er Click), CPM (Cost Per Million) dan jenis CPA (Cost Per Action) lainnya.

Nah, di sini ane cuma ingin berbagi info saja ternyata ada bisnis online yang cukup menggiurkan dari segi profitnya, yaitu jual beli website atau istilah familiarnya adalah Website Flipping. Nah, apa itu Website Flipping? (kasih tau donk bro, red: pembaca)..hehe 😀

Jadi, Website Flipping itu adalah menjual website kita untuk mendapatkan profit. Website yang dibuat tidak harus kita yang membuatnya dari awal. Tapi bisa juga kita membeli website yang dijual orang karena sudah tidak diurus lagi (dengan harga murah pastinya). Trus dikembangin website itu trus dijual lagi. Tapi lebih baik kita yang buatnya dari awal.

Ibaratnya, kalo di dunia nyata bisnis ini seperti bisnis properti. Tapi kalo di internet, ini adalah bisnis jual beli website. Pasti yang jadi pertanyaan, kenapa orang sana/orang luar mau membeli website apalagi website yang masih berumur jagung, seperti website pertama ane ini. Orang luar sana bagi mereka, website itu merupakan sebuah aset untuk masa depan. Jadi, jika prospek website itu bagus, maka pembeli tidak akan segan-segan mengeluarkan kocek mereka segeda apapun untuk mendapatkannya. Satu rahasia di Flippa bahwa pembeli di sana sangat royal mengeluarkan uang mereka untuk membeli website, tidak seperti di DigitalPoint dan WarriorForum (CMIIW : Correct Me If I’m Wrong).

Lalu, gimana cara kerjanya? Jadi, di bisnis ini ada 3 pelaku. Pertama, penjual website, pembeli dan broker (situs yang mempertemukan/memfasilitasi antara penjual dan pembeli agar terjadi transaksi). Nah, situs sekarang yang top dalam bisnis ini adalah situs Flippa.com. Di Flippa, untuk menjual me-listing website, penjual dikenakan biaya di muka sebesar $19.

Kira-kira begitu gambarannya, sob. Ada satu lagi yang terlupakan. Kalo denger yang namanya bisnis, pasti yang ditanyakan terlebih dahulu adalah soal biaya 🙂 . Untuk biaya ane rinciin di bawah ini:

  • Domain: $7.67
  • Flippa: $19 (update 26 juli 2012: $29)
  • Hosting: $3.96 (optional)
  • Premium WordPress Theme: $30-$70 (optional)
  • Final Fee: $5 / 5% (final fee ini biaya yang dikenakan jika website berhasil dijual)

Jadi, untuk biaya yang wajib dikeluarkan sebesar $26.67. Untuk hosting dan theme itu terserah agan. Agan bisa pakai dulu web hosting yang gratis tapi yang bagus tentunya dan juga tema wordpress yang gratis.

Nah, mungkin ane rasa cukup dulu pengenalan mengenai bisnis website flipping ini. Karena sebenarnya ane juga masih baru mulai bisnis ini sekitar tanggal 21 April 2011 (padahal bisnis ini booming tahun 2009, ketinggalan info deh ane 🙁 ). Trus pada tanggal 24 April ane langsung mulai bisnis ini, seperti beli domain, setting domain dengan hosting, instal wordpress, ganti tema, isi konten dan lain sebagainya. Trus pada tanggal 30 April langsung memberanikan diri dengan me-listing website tersebut di Flippa. Nama situsnya www.dietstrategytips.com yang ane jual. Setelah auction/lelang berakhir, situs ane terjual $60.

Rasanya, hari itu bener-bener indah, gimana gak indah. Mulai buat situsnya aja tanggal 24 April, trus 30 April pasang di Flippa sampai 3 Mei. Jadi ada sekitar 10 hari ane dapet profit $28 ($60 – $27 – $5). Lumayan untuk pemula seperti ane ini.

Ini link sales pertama ane.

https://flippa.com/135066-Killer-design-diet-niche-blog-comes-with-awesome-product-1—No-Reserve

Berikut screenshot pembayaran yang ane terima via PayPal:

Payment Proof

Demi menjaga kerahasiaan privacy, jadi ada yang harus ane coret merah sob.

Kalo sekarang mungkin ane curi-curi waktu aja buat jalanin bisnis ini, di samping skripsi ane…hehe..jadi curcol gini 😀

Yauda, mungkin ane rasa cukup. Terima kasih udah meluangkan waktunya untuk membaca coretan ane, sob 🙂 Have an awesome day!

39 COMMENTS

  1. bisa, disini yg terlalu dilihat dari seberapa jauh penghasilan yg didapat dari web meski baru PR 0, klo web blum menghasilkan, bisa ditekanin ke artikel & desain yg benar2 fresh dsb

  2. Ew.. sangat menggiurkan gan, btw ane dari dulu cmn focus di blogspot.com kira-kira bisa di jual di flippa ga ya blog dari blogspot??? klo ane search di sana sih kyknya banyk yg jual pake blogspot 😀

  3. masa iya gan pake blogspot bisa, ane belum tahu, tapi klo dipikir2 itu domain free trus hostingnya juga free, gimana mau kasih ke pembelinya? pastinya harus kasih akun google agan.. ane belum pernah denger gan, tapi boleh agan coba 😀

  4. info bermanfaat.
    sekalian nanya nih gan..
    Kalo beli domain dan hostingnya dari hosting dr webhost Indonesia bisa gak ya?

  5. klo beli domain di webhost indo, ane belum pernah. yg penting dari webhost indonya nyediain fasilitas buat transfer domain+ubah info pemilik domain ke godaddy/namecheap/bluehost/dll (akun bulenya). klo hosting pke webhost indo ga apa2, klo dah deal dibeli, baru agan backup trus kirim file webnya ke email/dll ke bule 🙂

  6. Mau tanya ne ga, klo daftar di flippa gmna sech,, bayar dulu ya, trus jualanya gmna gan, saya masih binggung ne,, tolong d ajarin gan, soalnya saya mau jual web saya,

  7. gan mau nanya bayar fee $19 diakhir ya? terus untuk mulai menjual setelah semua diisi start in… hours maksutnya apa?

  8. bayar dimuka. start in itu mksudnya mau dimulai kapan lelangnya gan, segera ato beberapa jam kemudian

  9. Mas mo tanya nih, pembeli nya bayarnya lewat paypal ya? itu bayar dulu baru kita transfer domain & websitenya ato transfer domain & web dulu baru kita dibayar?

  10. saat ini flippa dukung via paypal, escrow & kartu kredit mas rony. sayangnya escrow belum dukung indonesia.
    klo saya selalu pembeli dulu yg transfer, baru saya kirim filenya. semoga membantu 🙂

  11. Mantap bro, jadi tertarik juga nich … kebetulan saya hobby banget buat toko online produk-produk amazon … kali aja bisa di jual di flippa.

    Tengkyu 🙂

  12. bisnis jual beli web di flippa masih menjanjikan ga gan?
    mulai pengen menekuni neh padahal da tau dari 2009 cmn ga sempet nyobain…

  13. selama web itu punya nilai lebih, seperti traffic, PR, earning dll, bakal laku. (plus didukung dengan pembuatan sales letter yg baik & menarik)

  14. klo blogspot, saya belum pernah punya pengalaman mas. klo diliat PR 1 (bagus), alexa masih di bawah 2 juta (cukup), sayang kontennya indo. traffic per hari/bulan berapa? ada revenue ga? yg paling penting juga, kunci penjualan ada di sales letter nya.

  15. @diofp : $26.67 -> $7.67 (domain, beli + develop web sebelum dijual lewat flippa) + $19 (biaya pasang web yg mau mas jual, syarat pasang harus bayar dulu). smoga membantu 😉

  16. mantep banget udeh bisa profit itu bagus….sukses bisnisnya
    niat banget mo jualan situs .. thanks sharenya

Leave a Reply