Blogging Jadi Mudah Dengan Windows Live Writer

Blogging Jadi Mudah Dengan Windows Live Writer

0 45
Pernah dengar tentang program aplikasi Windows Live Writer? Mungkin kalau belum pernah dengar, anda bisa mengira-ngira dari judul postingan di atas. Windows Live Writer adalah sebuah software untuk membuat postingan ke blog anda dari desktop. Software ini sangat simpel, mudah dipakai dan mendukung protokol XML-RCP. Yang sangat saya suka dari Windows Live Writer adalah saya bisa mengedit postingan dengan live preview. Anda tidak perlu online ketika membuat artikel, tapi saat ingin mempublikasikannya yah…anda harus online :mrgreen:
Karena Windows Live Writer mendukung protokol XML-RCP, jadi platform blog yang mendukung protokol XML-RCP bisa diintegrasikan dengan Windows Live Writer, contohnya Blogger dan WordPress, Windows Live, LiveJournal, TypePad dan lain-lain. Aplikasi ini gratis 😛 dan anda bisa mendownloadnya di sini. Anda hanya perlu mempunyai Windows Live ID untuk memakainya.

Windows Live Writer memiliki banyak fitur yang bisa kita manfaatkan, diantaranya:

  1. Mudah meng-upload gambar. Kita bisa menambahkan border dan efek watermark pada gambar.
  2. Mudah meng-upload video. Anda bisa mengupload video anda ke YouTube lewat Windows Live Writer dan mempublikasikannya ke dalam blog anda. Jadi, anda tidak perlu ke situs YouTube lalu mengupload video trus pergi ke blog anda untuk ditampilkan. Capek deh… 😐 Dan juga anda bisa meng-embed video YouTube yang sudah ada.
  3. Offline Editing. Dengan Windows Live Writer anda bisa membuat postingan secara offline dan mempublikasikannya kapan anda mau. Anda juga bisa menikmati fitur live preview dari Windows Live Writer ini.
  4. Mempunyai plugins. Windows Live Writer akan semakin komplit fasilitasnya dengan menambahkan plugins. Fungsinya sama seperti plugins di WordPress jika anda pernah memakainya. Contoh beberapa plugins diantaranya:
      • Table plugin. Dengan plugin ini anda bisa membuat tabel dengan mudah ke dalam postingan anda. Lihat contoh tabel di bawah ini.
      Upload gambarUpload video
      Banyak pluginsPilihan hyperlink
      • Code plugin. Dengan plugin ini kita bisa memasukkan listing bahasa pemrograman ke dalam postingan. Jika anda seorang programer yang ingin memasukkan potongan-potongan kode program anda ke dalam postingan, mungkin plugin ini sangat berguna.





    • Membuat banyak postingan pada saat yang bersamaan. Anda bisa menjalankan lebih dari 1 Windows Live Writer pada saat yang bersamaan.
    • Banyak pilihan pada hyperlink. Ada banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat link. Seperti membuka link pada tab baru, memberi title pada link dan menambahkan tag nofollow, dll.

    NO COMMENTS

    Leave a Reply