Cara Berbagi Koneksi Internet Dengan Hp Android

Cara Berbagi Koneksi Internet Dengan Hp Android

4 8000
mengaktifkan mobile data

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui hal ini, tetapi Anda bisa berbagi koneksi internet hp Android Anda dengan perangkat lain melalui WiFi. Hal ini disebut tethering atau menggunakan hp sebagai modem. Berikut caranya.

Catatan: sebaiknya kartu SIM card Anda sudah didaftarkan memakai paket internet unlimited.

Mengaktifkan Internet

Sebelum Anda mengatur tethering, hp Anda perlu koneksi ke internet terlebih dahulu. Jika sudah terkoneksi akan ada ikon di status bar seperti 2G, 3G atau H.

ikon data internet

Untuk mengaktifkan internet, buka halaman Setting lalu pilih Wireless & Networks.

mengaktifkan mobile data

Pilih pada Mobile Networks dan beri tanda ceklis pada tulisan “Data enabled”. Sekarang Anda siap men-setting hotspot WiFi portabel hp Anda.

ceklis data enabled

Mengaktifkan Hotspot Mobile

Dari halaman Settings, pilih Wireless & Networks. Lalu pilih Tethering & Portable Hotspot.

cara tethering android

Kemudian tekan “Configure Wi-Fi hostspot”.

konfigurasi wifi hotspot

Masukkan nama hotspot Anda. Pada contoh di bawah ini, saya namakan “groovy hotspot”.

Untuk setting password, pastikan pilih yang WPA2PSK atau WPAPSK. Password yang dimasukkan minimal 8 karakter. Setelah itu klik Save. Jika Anda tidak ingin ada password, pilih None pada Security.

setting tethering android

Anda akan dibawa ke layar sebelumnya. Sekarang beri ceklis pada “Portable Wi-Fi hotspot”. Anda juga akan melihat pop-up pada status bar yang memberitahu Anda bahwa hotspot sudah aktif.

ceklis portable wifi hotspot

Sekarang saatnya untuk menghubungkan dengan laptop atau tablet. Aktifkan Wi-Fi di laptop atau tablet lalu cari jaringan Wi-Fi dengan nama hostpot yang dibuat, contoh di sini “groovy hotspot”. Lalu masukkan password Wi-Fi tersebut. Ingatlah untuk memeriksa baterai hp Anda karena tethering cepat menghabiskan energi baterai hp. Jika Anda ingin tethering dalam waktu yang lama, sebaiknya hp sambil di-charge.

4 COMMENTS

  1. mantap gan ini aku udah coba sambil ngecas gk ada efeknya.gk perlu pake modem flash atau yg peke kabel data lagi.speed bs mncapai 65,0 mbps.

  2. thanks informasinya kebetulan lagi butuh info soal ini….kami sering mampir ke sini untuk sekedar mencari info menarik yang terbaru

Leave a Reply