Cara Download OS X 10.10 Yosemite ke Mac Anda

Cara Download OS X 10.10 Yosemite ke Mac Anda

0 3006
mac os x yosemite

OS X 10.10 Yosemite, OS terbaru Apple yang sudah ditunggu-tunggu oleh pengguna Mac atau iMac dan sudah diumumkan dan tersedia untuk didownload. Ada berbagai macam perbedaan antara OS X Maverick dengan OS X Yosemite. Pengguna Mac ataupun iMac dapat mendownload OS X Yosemite secara gratis di Mac App Store untuk mengecek fitur-fitur terbarunya. Pada artikel ini, kami ingin membagikan tips untuk mengupgrade OS X Maverick menjadi OS X Yosemite dan juga benar-benar instal ulang dari awal, memformat harddisk lalu menginstal OS X Yosemite.

mac os x yosemite

Fitur-fitur OS X 10.10 Yosemite

OS ini punya tampilan yang menyerupai iOS. Font di OS Yosemite sudah diganti menjadi Helvetica Neue dari yang sebelumnya, Lucida Grande. Dan juga notification center yang ada di pojok kanan atas terbagi menjadi 2 kategori: 1 untuk notifikasi dan 1 lagi untuk konten Today seperti reminder, event yang akan datang, cuaca hari ini, dan lain-lain.

Aplikasi Mail bawaan menambah fitur Mail Drop (untuk mengirim attachment email yang lebih dari 5 GB melalui cloud) dan juga Markup (untuk deskripsi tentang gambar dan dokumen). Selain itu Apple juga mendesain ulang dock dan OS ini terus melakukan inovasi terkait dengan fitur kontinuitas “Handoff” untuk mensinkronisasikan antara iOS dan OS X seperti jika ada SMS masuk di iOS akan muncul juga di Mac OS X dan lain-lain.

System Requirement untuk upgrade ke OS Yosemite

  1. Sedang menjalankan OS X 10.6.8 Snow Leopard
  2. 2 GB RAM dan 8 GB ruang kosong harddisk
  3. Kompatibilitas menjalankan OS X Maverick
  4. Mendukung Bluetooth 4.0 LE khususnya untuk menggunakan fitur Handoff.
detail os x yosemite
detail os x yosemite

Bagaimana cara upgrade Mac ke OS X 10.10 Yosemite?

Klik tombol View in Mac App Store di link ini – Gratis Download OS X Yosemite untuk Mac

instal os x yosemite
instal os x yosemite

Anda nantinya akan mendownload file OS Yosemite sebesar 5.16 GB. Setelah terdownload, instal dan setup dungeon Apple term & conditions.

Bagaimana cara instal full OS X Yosemite mulai dari benar-benar awal setelah memformat Mac?

  1. Pastikan USB tempat menyimpan file OS X Yosemite bisa di-booting.
  2. Di Mac OS yang lama, jangan lupa membackup data-data penting menggunakan Time Machine atau harddisk eksternal.
  3. Colokkan flashdisk yang berisi file Mac OS X Yosemite ke Mac Anda.
  4. Buka menu pilihan booting dengan menekan tombol “Option”. Dari menu yang ditampilkan, pilih “Install OS X Yosemite”. Nantinya akan muncul jendela “OS X Utilities”, dimana kamu perlu memilih “Disk Utility” untuk menghapus data di harddisk Mac.

    menu os x utilities
    menu os x utilities
  5. Pilih partisi harddisk yang ingin dihapus yang nantinya akan digunakan untuk pilihan menginstal OS Yosemite lalu pilih tab “Erase”.
  6. Di pilihan format pada tab Erase, pilih “Mac OS Extended (Journaled)”.
  7. Di kotak isian name pada tab Erase, berikan sedikit deskripsi tentang nama harddisk. Klik tombol “Erase…” untuk memformat harddisk dan menghapus semua data di harddisk tersebut.
format harddisk mac
format harddisk mac

Setelah berhasil diformat, kamu bisa kembali lagi ke jendela OS X Utilities. Pilih pilihan “Install OS X” untuk menginstal Yosemite. Setuju pada terms & conditions lalu lanjutkan untuk memilih partisi harddisk.

Sekarang kamu sudah punya versi fresh dari OS X Yosemite di Mac tanpa aplikasi lainnya yang sudah pernah diinstal sebelumnya. Nah, di backup sebelumnya, bisa kita gunakan untuk menginstal kembali aplikasi-aplikasi yang dirasa perlu untuk diinstal ke dalam OS X Yosemite ini. Anda bisa lakukan restore dari backup yang dibuat sebelumnya.

Selamat mencoba!

NO COMMENTS

Leave a Reply