Cara Melindungi Mac Dari Hacker

Cara Melindungi Mac Dari Hacker

0 224
laptop mac

Apakah Anda pikir Mac Anda aman? Apakah Anda yakin Mac Anda bukanlah target hacker? Jawabannya tidak selalu “Ya”. Semua versi security suite-nya Mac yang punya firewall bawaan dan banyak add-on aplikasi seperti Flying Buttress 1.4-nya Brian Hill dan NetBarrier X4-nya Intigo untuk melindungi komputer Anda dari hacker.

Tetapi pertanyaan yang tersisa adalah apakah aplikasi itu dan firewall benar-benar melindungi Mac Anda? Tidak ada yang sempurna, bukan. Bahkan mekanisme keamanan yang canggih sekalipun tidak menjamin perlindungan yang optimal.

laptop mac

Kita juga perlu ingat bahwa komputer Mac punya masalah keamanan di masa lalunya. Sementara hacker datang dengan teknik yang berbeda untuk membobol keamanan Mac. Bagaimana Anda bisa meningkatkan perlindungan Mac dari hacker? Melindungi Mac Anda memang tugas yang mudah, jika Anda mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.

  • Password firmware: Password firmware dari Apple merupakan tool yang penting dalam membuat Mac menjadi aman. Password firmware secara default dinonaktifkan untuk mencegah orang lain untuk booting Mac atau format ulang hard disk Anda. Coba gunakan password yang unik yang terdiri dari angka, huruf dan kombinasi simbol-simbol. Menggunakan keychain (berbeda dengan password firmware) juga dianjurkan. Jangan lupa mengubah password Anda secara teratur.
  • FileVault: Sekarang ini mudah untuk melindungi seluruh hard drive dengan solusi enkripsi Apple. FileVault adalah sebuah solusi bawaan yang berjalan pada OS X Lion atau versi yang lebih tinggi. Anda akan membutuhkan Recovery HD di Mac. FileVault mengenkripsi semua file dan aplikasi di hard disk. Setiap kali Anda masuk ke Mac, password akan membuka akun pengguna dan hard drive Anda. Jika ada yang mencoba untuk menggunakan Mac, file tidak bisa diakses tanpa password.
  • Firewall: Setting firewall pada komputer Anda bisa mencegah penyusup mengakses file Anda. Komputer Mac sudah punya konfigurasi firewall bawaan yang akan melindungi komputer dari pengguna yang tidak sah (khususnya hacker). Pastikan Anda sudah men-setting firewall.
  • Login otomatis: Ketika menggunakan fitur login otomatis, lebih baik untuk dinonaktifkan. Meskipun fitur ini terasa nyaman di lingkungan rumah, tapi biasanya tidak dianjurkan. Kelemahan utama dari fitur ini adalah username dan password tidak perlu dimasukkan ketika login ke dalam komputer Mac. Ia secara otomatis akan login ke sesi sebelumnya saat Anda booting. Hal ini memungkinkan orang lain bisa mengakses Mac Anda untuk melihat dokumen pribadi.
  • Update software: Hal ini diperlukan untuk memeriksa update software secara teratur. Disarankan untuk meng-update Mac Anda setiap kali ada update keamanan Apple yang tersedia. Cek manual untuk update-nya, jika tidak ada pemberitahuan update. Anda bisa coba men-download dari Apple iTunes store. Anda juga bisa mengecek update di situs-situs lainnya.

Periksa website pakah bisa dipercaya atau tidak sebelum Anda men-download dari sana. Software bajakan dan crack biasanya sumber malware dan virus. Lebih baik untuk selalu men-download apapun dari situs-situs yang terpercaya.

Selain itu, cara lain untuk melindungi Mac Anda adalah membuka file dari sumber yang diketahui dan menggunakan software antivirus yang selalu di-update. Inilah tips sederhana untuk mengamankan Mac Anda. Thanks you! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply