Cara Memasang Facebook Recommendation Di WordPress

Cara Memasang Facebook Recommendation Di WordPress

0 118

Facebook adalah situs jejaring sosial terbesar di dunia saat ini. Itulah mengapa banyak pemilik situs yang memadukannya dengan Facebook melalui berbagai cara seperti memasang Facebook Like Box, Facebook Comments, Facebook Like Button dan Facebook Send Button. Banyak yang mengakui dengan menambahkan elemen-elemen sosial Facebook tersebut dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Pada artikel kali ini, kami ingin menunjukkan bagaimana memasang Facebook Recommendation di WordPress. Facebook Recommendation menambahkan tombol like di bawah layar dimana pengguna bisa scroll ke bawah dan melihat artikel yang mungkin ingin dibaca dari situs Anda.

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Facebook. Lalu klik menu Facebook di dashboard WordPress. Anda akan dibawa ke halaman pengaturan nantinya.

Membuat Aplikasi Facebook

Agar Facebook Recommendation bar bisa bekerja, pertama yang dilakukan adalah mengatur Facebook App. Ini cukup mudah dan sederhana untuk membuatnya bagi situs WordPress Anda. Login ke Facebook Anda lalu buka halaman Facebook Developers. Di sinilah developer Facebook bisa mengatur aplikasi mereka. Untuk memulainya, klik tombol Create New App.

membuat aplikasi facebook

Setelah tombolnya diklik, akan muncul pop up kecil dimana Anda perlu memberikan nama aplikasinya. 2 kotak isian lainnya optional sehingga tidak harus diisi.

membuat aplikasi fb

Selanjutnya, sekarang Anda berada di halaman developer untuk aplikasi Anda sendiri dan halaman tersebut akan menampilkan application ID dan application secret key. Anda perlu menyalin key-nya dan memasukkannya ke dalam halaman plugin Facebook di situs WordPress Anda.

Setting Facebook Recommendation Bar

Setelah Anda memasukkan app ID dan secret key, modul tambahan yang mengandung Recommendation bar akan muncul di bawah menu Facebook. Buka Facebook > Recommendations Bar untuk mengkonfigurasinya.

setting recommendation bar

Halaman setting untuk Facebook Recommendation bar cukup sederhana. Pertama, Anda perlu memilih halaman mana yang ingin ditampilkan recommendation bar-nya. Anda bisa memilih dari post, page dan attachment. Anda juga bisa memilih ketiganya jika mau. Setting selanjutnya adalah posisi Recommendation bar. Secara default, bar ini muncul di bawah halaman tapi Anda bisa memilih posisinya di kanan bawah, atau di kiri bawah. Setting item berikutnya memungkinkan Anda untuk memilih antara aksi Recommend atau Like.

Item setting yang terpenting adalah trigger yang mengontrol kapan recommendation bar akan muncul. Anda bisa biarkannya secara default yang mana bar ini tampil dan akan muncul ketika pengguna scroll halaman ke bawah. Anda juga bisa mengatur persentasenya, seperti ketika pengguna sudah scroll 60% dari atas halaman maka recommendation bar akan muncul. Terakhir, secara manual Anda bisa memanggil recommendation bar dengan copy paste tag FBML di template Anda.

Jangan lupa save perubahan yang Anda lakukan dan coba lihat situs Anda apakah recommendation bar-nya bekerja atau tidak. Inilah hasil dari tes kami.

fb recommend bar

Kami berharap artikel ini membantu Anda ketika ingin memasang Facebook Recommendation bar ke situs WordPress. Semoga bermanfaat! 😉

NO COMMENTS

Leave a Reply