Kalau anda sudah membeli iPhone. Anda pasti menyukai iPhone tersebut beserta dengan fitur-fiturnya. Tapi sayang untuk mendapatkan ringtone iPhone anda harus mengeluarkan uang untuk itu (atau mungkin ada yang gratisan). Di sini ane cuma mau membagi info yang ane dapat dari teman ane yang punya iPhone yang suka membuat kostum ringtone untuk iPhonenya sendiri.

(Updated: 21 Desember 2011)

Yang diperlukan

  • iPhone
  • iTunes 10.5.2.11
  • Komputer Windows atau Mac
  • Lagu yang bukan DRM

Caranya

  1. Buka program iTunes.
  2. Temukan lagu yang diinginkan untuk dijadikan ringtone.
  3. Dengarkan lagu tersebut dan temukan bagian yang ingin dipakai sebagai ringtone. Bagian chorus biasanya bagian yang bagus untuk dijadikan awal dari ringtone.
  4. Lalu klik kanan pada lagu tersebut dan pilih Get Info.
  5. Lalu klik tab Options.
  6. Ketikkan pada Start Time di kotak isian sebelahnya dengan format menit:detik (contohnya 2:01 jika anda ingin mengambil bagian awal ringtone pada menit ke-2 dan detik ke-1).
  7. Kemudian ketikkan nilai pada Stop Time, formatnya sama dengan Start Time tadi. Pastikan panjang ringtone yang ingin dibuat tidak lebih dari 40 detik.
  8. Klik OK.
  9. Klik kanan lagi pada lagu tersebut dan pilih Create AAC Version. Tunggu sampai iTunes selesai mengkonvert lagunya. Proses ini akan menghasilkan 2 lagu dengan versi yang sama.
  10. Klik kanan pada ringtone yang tadi dibuat di iTunes kemudian pilih Delete Song.
  11. Lalu klik tombol Keep Files.
  12. Cari filenya. Biasanya file tersebut tersimpan di folder My Music > iTunes > iTunes Media > Music > Nama Artis > Nama Album. File ini berekstensi m4a.
  13. Ganti ekstensi ringtone m4a menjadi m4r. Anda bisa klik 2x untuk mengubah nama file atau klik kanan dan pilih Get Info pada PC Mac atau jika di PC Windows, klik kanan lalu pilih Rename.
  14. Setelah diganti jadi m4r, buka lagi file tersebut menggunakan iTunes, secara otomatis iTunes akan menambahkannya ke dalam file iTunes Music Library.xml yang ada di folder My Music > iTunes.
  15. Terakhir, sambungkan iPhone Anda dan lakukan singkronisasi dengan ringtone tersebut.

Tips

  • Jika mengalami kesulitan mensinkronisasikan ringtone dengan iPhone, temukan ringtone di dalam folder My Music > iTunes > iTunes Media > Music > Nama Artis > Nama Album dan ubah kembali ekstensinya ke m4a, kemudian berusaha mensinkronisasikannya lagi. Pas bagian sinkron, sinkronisasi juga ringtone-nya ya (ada di menu pilihan atas saat sinkron).
  • Cara ini tidak akan bekerja dengan lagu-lagu yang dibeli di toko iTunes atau yang memiliki DRM (copy protection). Tindakan terbaik adalah dengan menggunakan lagu yang telah Anda masukkan ke dalam CD.

Incoming search terms:

I'm an enthusiast in new technologies and improvement in the IT field especially web. In addition I'm a fan of football and SEO. I love good foods, doing sports, watching movies, listening musics, travelling, online business and surfing internet.

25 COMMENTS

  1. waktu itu saya coba pake versi iTunes 10.5.2.11 mas. coba mas updet pake versi yg paling baru

  2. Mas bro-mas bro mau tanya!!!pas iPhone aku sinkronin keiTunes kok g ada tulisan ringtones!!!gmn caranya ya tolong dibantu infonya!!!thx

  3. Bro, saya pake itunes 10.6.0.40

    Tp pas mau sync gk ada ringtone.
    Saya bingung nih yang itunes versi ini yg gk ada tab ringtone nya atau gmn nih?

    Tolong pencerahannya.

    Thanks..

  4. Saya bisa Membuat ringtone ipone seperti diatas Tetapi ringtonenya tidak dapat mengulang why??? Thanks

Leave a Reply